Tempat Wisata

TERASERING Panyaweuyan Majalengka: Tiket Masuk & Review

TERASERING Panyaweuyan Majalengka: Tiket Masuk & Review

Salah satu kota wisata paling terkenal di Indonesia adalah Majalengka. Kawasan yang terletak di Provinsi Jawa Barat ini memang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah. Contohnya adalah Terasering Panyaweuyan Majalengka. Tempat ini menjadi tujuan orang-orang yang mendambakan kesembuhan untuk menghilangkan penat.

Majalengka memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Tak heran jika wisatawan datang dari berbagai daerah dan menghabiskan waktu liburannya dengan menikmati pemandangan alam yang indah. Penasaran dengan ulasan Terasering Panyaweuyan ini? Dengarkan sampai akhir!

Objek wisata Teras Panyaweuyan

Objek wisata Teras PanyaweuyanDaya Tarik Terasering Panyaweuyan, image by @terasering_panyaweuyan

Bukan rahasia lagi jika wisata di Majalengka memiliki keindahan alam yang patut diacungi jempol. Sejauh mata memandang, pengunjung disuguhi dengan suasana yang asri, indah dan hijau yang menambah kesegaran pikiran.

Berikut beberapa daya tarik Terasering Panyaweuyan yang dirangkum Suwatu:

1. Pemandangan kebun sayur

Terasering adalah susunan kavling yang ditata seperti anak tangga untuk menghindari longsor. Penduduk setempat memanfaatkannya untuk menanam berbagai sayuran yang nantinya bisa dikonsumsi sendiri atau dijual di pasar.

Anda akan menikmati perasaan ini, Panyaweuyan Terraces menawarkan nuansa hijau yang menyegarkan dari kebun sayur. Apalagi jika Anda datang di pagi hari, kabut tebal yang menyelimuti persawahan akan menjadi suguhan tersendiri.

Wisatawan akan merasa nyaman dengan udara dingin khas pegunungan. Jadi kalau mau ke sini, jangan lupa pakai baju tebal atau jaket ya!

2. Tempat foto yang indah

Seperti yang sudah disebutkan, spot foto yang ditawarkan adalah pemandangan hijau yang luas. Waktu terbaik untuk mengambil foto adalah dari pukul 09:00 WIB hingga 14:00 WIB karena saat ini langit sedang cerah sehingga semua pemandangan dapat ditangkap dengan sempurna.

Cocok untuk kamu yang suka membuat video sinematik bertema alam atau memiliki jiwa petualang. Setelah mengambil foto yang bagus, jangan lupa untuk mengunggahnya ke media sosial favorit Anda!

Kesempatan ketiga untuk melihat matahari terbit

Tak hanya di gunung Anda bisa melihat matahari terbit dengan sempurna, tapi juga di terasering Panyaweuyan. Anda bisa datang pada pukul 05:30 karena termasuk dalam kategori waktu terbaik untuk melihat matahari terbit.

Selain itu, Anda juga akan disuguhkan pemandangan Gunung Ciremai yang sangat menawan. Puncaknya akan terlihat sangat tinggi berpadu dengan awan tipis di sekitarnya. Tentu bagi para pecinta alam, momen ini sayang untuk dilewatkan bukan?

4. Menikmati gunung tertinggi di Jawa Barat

Gunung tertinggi di Jawa Barat ini disebut oleh masyarakat sebagai “Atap Bumi Parahyangan” yang bisa Anda nikmati dengan leluasa saat datang ke Terasering Panyaweuyan Majalengka. Dalam kabut tebal atau tidak, jarak pandang masih bagus.

Setelah menyimak beberapa atraksi wisata ini, bagaimana tidak pergi ke sana untuk menghabiskan suasana sejuk sekaligus romantis?

Menu dan harga tiket di Panyaweuyan Terraces

Harga menu dan tiket masuk Terasering PanyaweuyanMenu dan harga tiket di Panyaweuyan Terraces, image by @terasering_panyaweuyan

Tahukah kamu sebelum menjadi viral seperti sekarang ini, Terasering Panyaweuyan sebenarnya sudah ada sejak dulu? Banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini karena pemandangan yang disajikan sungguh indah.

Bahkan menurut cerita warga setempat, selalu saja ada wisatawan yang datang setiap harinya. Baik hari kerja maupun hari libur nasional. Kini tiket masuk pengunjung hanya Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Lalu bagaimana dengan menunya? Apakah ada sesuatu untuk dinikmati atau hanya biasa-biasa saja? Sekedar informasi, jika ingin menikmati kuliner seperti sayur lodeh, minuman panas, mie rebus dan lain-lain di sini harus ke pemukiman penduduk dulu.

Ya, menunya memang tidak beragam, karena tempat-tempat yang mengusung wisata alam pasti seperti itu. Tetapi ketika datang ke harga, tidak semuanya keluar dari kantong. Makanan dan minuman dijual dengan harga maksimal Rp 20.000.

Mengapa restoran tidak buka atau dekat dengan kawasan wisata? Jawabannya: Terasering Panyaweuyan Majalengka terletak di ketinggian 2.000 mdpl, sehingga cukup menyulitkan warga untuk menempuh jalur ini. Selain itu, ratusan anak tangga menuju puncak harus dilalui.

Jadi jika tidak ingin kelaparan, sebaiknya siapkan makanan dan minuman dari rumah. Sejauh ini dapat dipahami dengan benar?

Baca juga: Situ Cipanten Majalengka

Jam buka Teras Panyaweuyan

Jam buka Teras PanyaweuyanWaktu pembukaan Terasering Panyaweuyan, gambar oleh @terasering_panyaweuyan

Jika ditanya jam buka, karena tempat ini merupakan tujuan wisata untuk menikmati matahari terbit dan terbenam, pihak pengelola membukanya 24 jam sehari. Jadi kapan pun Anda memiliki waktu luang, Anda dapat mengarahkan kendaraan ke sini.

Namun waktu yang disarankan tetaplah pagi hari karena Anda berkesempatan mendapatkan spot foto yang bagus dan cuaca yang sejuk. Bisa juga sore hari jika ingin mengabadikan sunset.

Disarankan untuk datang saat musim hujan agar tanaman terlihat lebih segar dan hijau.

Terasering Panyaweuyan Majalengka

Terasering Panyaweuyan MajalengkaTeras Panyaweuyan Majalengka, gambar oleh @imshryn_

Omong-omong soal peralatan, itulah namanya wisata alam, hanya itu yang bisa Anda harapkan di sini. Ada beberapa yang bisa Anda nikmati yaitu sebagai berikut:

1. Sudut pandang di puncak

Sebelum mencapai puncak, Anda harus menaiki tangga terlebih dahulu. Cukup melelahkan tentunya, namun semua itu akan terbayar saat Anda sampai di sana. Anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat bagus.

Anda dapat mengambil gambar di pinggiran sambil menghadap kamera dengan latar belakang pegunungan. Anda tentu saja dapat mengambil foto di sepanjang anak tangga, tidak kalah estetis. Sangat disarankan untuk membawa drone untuk mengabadikan momen indah ini dari atas.

2. Tempat duduk

Pengelola menyediakan tempat duduk bagi pengunjung untuk beristirahat. Namun, tidak banyak kursi yang tersedia. Jadi jika Anda merasa sedikit lelah dan melihat kursi kosong, duduk saja daripada terus berjalan dan menemukannya di atas.

3. Tempat parkir

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lokasi ini menawarkan tempat parkir sementara. Bisa digunakan untuk motor atau mobil. Namun, ketika menyangkut pembayaran, semuanya jelas berbeda! Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat di mana tempat parkir terdekat di lantai atas.

4. Toilet

Ada toilet di Terasering Panyaweuyan. Namun, Anda hanya bisa menemukannya dengan turun ke bawah, di dekat rumah penduduk.

5. Warung makan

Bahkan dengan warung makan, belum ada pihak yang membuka kafe di sekitar tempat wisata ini. Jadi hanya mengandalkan warga sekitar saat berjualan.

Lokasi Terasering Panyaweuyan Majalengka

Lokasi Terasering Panyaweuyan MajalengkaLokasi Terasering Panyaweuyan Majalengka, image by @syadarrasyed_01

Tempat wisata yang sangat terkenal akan keindahannya ini terletak di Desa Sukasari Kidul, Argapura, Kabupaten Majalengka. Kalau jaraknya sekitar 12 mil dari pusat kota, tidak terlalu jauh bukan? Dengan naik motor sekitar 30-50 menit anda sudah sampai di tempat.

Terasering Panyaweuyan Majalengka menawarkan sesuatu yang tidak biasa. Tempat ini berhasil memanjakan mata para pengunjungnya dan membuat mereka merasa lebih baik. Ingatlah untuk mengenakan pakaian hangat dan membawa makanan dan minuman!

Source: suwatu.com

Related Articles

Back to top button