Berita Wisata

Terminal Type A Pakupatan Serang diharapkan selesai pada tahun 2024

SERANG, RADARBANTEN.CO.ID – Revitalisasi Terminal Tipe A Pakupatan di Kota Serang diharapkan selesai pada 2024. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) belum akan menyelesaikan revitalisasi tahap pertama hingga 2023.

Pengelola Terminal Pakupatan Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah VIII Banten, Kementerian Perhubungan Waluyo, mengatakan revitalisasi tahap pertama belum selesai hingga 19 Februari 2023. .

“Revitalisasi tahap pertama diharapkan selesai pertengahan Februari 2023,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon seluler, Minggu, 29 Januari 2023.

Waluyo mengatakan Kementerian Perhubungan akan melanjutkan revitalisasi tahap kedua terminal Tipe A Pakupatan, yakni di Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang, pada 2024.

“Tahun 2024 baru revitalisasi tahap kedua. Mudah-mudahan tidak ada kendala,” ujarnya.

Waluyo menjelaskan, revitalisasi dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan angkutan umum dengan alokasi anggaran pada tahap pertama sebesar Rp 23 miliar.

Ia mengatakan, revitalisasi tahap pertama yang saat ini sudah mencapai 99% dengan APBN 2022, difokuskan pada terminal utama, jalur kedatangan dan keberangkatan ASDP, serta jalur kedatangan dan keberangkatan AKAP.

“Revitalisasi tahap kedua yang dijadwalkan pada 2024 akan fokus pada pengembangan penggunaan komersial, seperti pusat perbelanjaan dan apartemen,” katanya.

“Termasuk, pembangunan untuk pedagang di sekitar terminal sedang dibangun kembali,” tambah Waluyo.

Dikatakannya, pada revitalisasi tahap kedua, terminal Pakupatan akan memiliki tembok kreatif untuk seniman grafiti, spot foto, taman bermain anak muda, tempat kuliner, dan tempat berolahraga.

“Kami menyiapkan grup musik harga mahasiswa dan kafe kuliner untuk dinikmati kalangan menengah ke bawah juga,” ujarnya.

Sebelumnya, Konsultan Pengawasan Pembangunan Terminal Tipe A Pakupatan, Subagja mengatakan, revitalisasi Terminal Tipe A Pakupatan tahap pertama akan selesai pada 19 Februari 2023.

“Ini baru pengembangan tahap pertama, jadi belum terlalu sempurna, akan sempurna kalau sudah tahap dua,” ujarnya.

“Sudah dalam tahap berbenah, sekitar 0,5% lebih. Ya, masih itu,” tambah Subagja.

Reporter: Fauzan Dardiri

Penerbit : Ahmad Lutfi

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button