Berita Wisata

Tidak ada keterlambatan pengiriman karena kondisi cuaca

jalur dumaiMenggambar. KSOP khusus Batam menyebut tidak ada kapal yang berbalik arah atau menunda keberangkatan karena kondisi cuaca. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos

batampo – Kepala Kantor Kesyahbadaran dan Kewenangan (KSOP) Batam Revolindo melalui Sidang Khusus KSOP Batam Maritime Security Chief Yuzirwan Nasution mengatakan, sejauh ini belum ada backtracking atau keterlambatan pemberangkatan karena kondisi cuaca. Kapal tetap berangkat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

“Di Batam selama ini belum ada (keterlambatan kapal karena kondisi cuaca). Informasi balik kapal dari Tanjung Balai Karimun,” ujarnya, Minggu (28/01/2023).

Meski begitu, pihaknya selalu mengimbau kepada seluruh operator kapal dan nakhoda kapal serta agen pelayaran yang mengoperasikan kapal untuk selalu memperhatikan berita cuaca dari BMKG.

Baca juga : Polisi KKP mengingatkan nelayan, agen pelayaran, dan pengguna angkutan laut tentang cuaca buruk

Tunda keberangkatan kapal bila kondisi cuaca tidak memungkinkan navigasi dalam cuaca buruk dan jarak pandang terbatas.

“Kami mengeluarkan surat edaran terkait cuaca buruk ini,” tambah Yuzirwan.

Selanjutnya dalam surat edaran ini, semua kapal yang berlayar di daerah cuaca buruk diminta untuk memanfaatkan secara optimal semua alat bantu navigasi dan komunikasi di kapal demi keselamatan navigasi.

Baca juga : Tahan temperatur tinggi pada mesin, Oli Velocitas dari Petrolife hadir di Batam

Nakhoda kapal harus berlayar dengan kecepatan aman dan menjaga kontak dengan KOP dan stasiun radio pantai terdekat atau lembaga terkait lainnya

Nakhoda dan operator kapal penumpang tidak boleh mengoperasikan kapalnya untuk mengangkut penumpang dan barang melebihi kapasitas yang diizinkan, katanya.

Selain itu, nakhoda dan operator kapal mengoperasikan kapalnya di daerah cuaca buruk agar selalu memperhatikan perubahan kondisi cuaca sekitar dan melaporkannya ke KOP terdekat dan stasiun radio pantai atau ke instansi terkait lainnya.

Baca juga : Pertemuan masalah air minum di Batam, itu permintaan Rudi

Nakhoda kapal yang sedang dalam pelayaran dan mengalami cuaca buruk yang dapat membahayakan kapal, nyawa, dan muatan lainnya harus segera mencari tahu. penampungan atau tempat berlindung yang aman dan tetap bersilaturahmi dengan menginformasikan posisi dan status kapal setiap saat kepada KSOP atau Stasiun Radio Pesisir terdekat dan instansi terkait.

“KSOP Khusus Batam juga telah menginstruksikan kepada seluruh petugas syahbandar pelabuhan untuk menunda pemberangkatan kapal jika cuaca buruk untuk navigasi yang aman hingga kondisi cuaca di sepanjang perairan yang akan dilayari benar-benar aman untuk navigasi,” imbuhnya.

Baca juga : Banyak pengaduan kasus pencurian, polisi: aktifkan lagi Siskamling

Yuzirwan menambahkan KSOP Khusus Batam juga terus memantau berita cuaca yang dikeluarkan oleh BmKG dan terus berkoordinasi dengan operator kapal serta agen pelayaran dan instansi terkait pelabuhan lainnya terkait cuaca buruk.

“Kami meminta kepada seluruh petugas untuk memantau kembali (up to date) kondisi cuaca setiap hari melalui website www.bmkg.go.id,” pungkasnya.

Reporter: Rengga Yuliandra

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button