Berita Wisata

Tieng viewpoint, nikmati lukisan alam dataran tinggi Dieng

Gardu Pandang Tieng merupakan salah satu tempat wisata di Dieng yang menarik wisatawan, tempat wisata yang menampilkan lukisan alam yang sungguh menakjubkan.

Gardu Induk Dieng Pandang juga kadang disebut demikian, karena memang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo.

Tempat wisata Tieng ini menjadi salah satu pilihan tempat wisata menarik yang direkomendasikan untuk menikmati keindahan alam, siapa yang tidak tahu keindahan pemandangan Dataran Tinggi Dieng?

sudut pandang yang disajikansudut pandang yang disajikan. Peta Google. sumber: editor luqmanulhakim

lihat juga: lubang sewu

Pemandangan hijau, udara segar, pedesaan di atas awan, itu gambaran kecil saat berwisata ke Dieng. Ada beberapa tempat wisata di Dieng yang menyuguhkan pemandangan lanskap tinggi, misalnya Batu Pandang Ratapan Angin.

Berikut ulasan tentang Tieng Pandang Gardu sendiri sebagai tolak ukur wisata alam yang asik untuk dikunjungi akhir pekan ini sambil memulihkan diri bersama sahabat.

Lokasi Gardu Pandang Tieng

Lokasi Tieng Viewpoint berada di Jalan Dieng, Sidorejo, Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Jalan menuju Tieng Viewpoint

Jalan menuju Gardu Pandang Tieng mudah dijangkau dengan sepeda motor atau mobil, melewati jalan yang sangat indah. Hanya saja jalannya cukup berliku.

Jika Anda memulai dari pusat kota Wonosobo, Anda akan menempuh jarak kurang dari 20 km, termasuk menuju ke arah Jl. Merdeka hingga akhirnya sampai di Jl. Dieng. Tieng Viewpoint berada di sisi kanan jalan.

Menikmati sinar matahariMenikmati sinar matahari. Peta Google. sumber: Bagas Septian

baca juga: kebun teh tambi

Jam Buka Tieng Viewpoint

  • Tidak ada ketentuan khusus mengenai jam buka Tieng Pandang Gardu sendiri, buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Yang terpenting cuaca cerah, sehingga lukisan alam dapat terlihat dengan jelas.

Harga Tiket Masuk Tieng Viewpoint

Tidak ada biaya masuk untuk menikmati keindahan alam diatas Pos Tieng Pandang, anda hanya perlu menyiapkan biaya parkir. Untuk mengetahui:

  • Rp.2000,- untuk biaya parkir motor
  • Rp.5.000,- untuk parkir

gazebo laingazebo lain. Peta Google. sumber: Dewinda Rachma – Dewinda Rachma Prasmawati

baca juga: air terjun winong

Memasang Sudut Pandang Tieng

Fasilitas wisata di sekitar gardu pandang Tieng Pandang antara lain:

  • area parkir kendaraan,
  • warung makanan dan minuman,
  • stasiun tontonan,
  • tempat foto,
  • kopi,
  • Restoran,
  • Kamar mandi,

Atraksi Sudut Pandang Tieng

1. Viewpoint di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut

pos pengamatan tiengpos pengamatan tieng. Peta Google. sumber: H. Mudjiono

lihat juga: kaki langit kahyangan

Seperti gardu pandang pada umumnya, Tieng Viewpoint merupakan tempat untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian. Pos pengamatan tampak sangat kokoh dan cukup luas.

Lokasi yang bagus untuk melihat pemandangan, nampaknya Gunung Sindoro yang sangat gagah menjadi icon utamanya. Dihiasi beberapa rumah penduduk serta kawasan perbukitan dan perkebunan. Datang saat cuaca sedang cerah, maka keindahannya terlihat sangat nyata.

Gardu Induk Tieng Pandang juga dapat dijadikan tempat untuk menikmati keindahan matahari, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati indahnya matahari terbit.

Datang sebelum matahari terbit biarpun dingin pemandangannya keren banget. Jangan lupa mengabadikannya!

Keindahan yang berada di ketinggian sekitar 1.789 mdpl ini memang sangat memukau, tak heran jika tempat wisata di Dieng ini selalu ramai pengunjung, terutama yang mencari tempat penyembuhan diri.

Keberadaan spot tersebut menjadi salah satu daya tarik Tieng Pandang Gardu, landmark bertuliskan Dieng dengan latar belakang Gunung Sindoro yang sayang untuk dilewatkan. Lokasinya dekat dengan pos Tieng Pandang, jadi sebelum boarding bisa foto-foto dulu di landmark tersebut.

spot foto yang indahspot foto yang indah. Peta Google. sumber: tanti rahayu ismutara

baca juga : taman fatmawati wonosobo

2. Kafe yang nyaman

Di sekitar Pos Tieng Pandang terdapat restoran atau kafe yang bisa dijadikan tempat pertemuan Anda selanjutnya. Anda dapat memilih untuk berada di dalam ruangan atau di luar ruangan.

Tempat-tempat outdoor tampaknya lebih populer daripada di dalam ruangan, di mana Anda bisa makan dan minum sambil menikmati pemandangan menakjubkan di depan mata.

Namun untuk memanfaatkan semua itu, Anda akan dikenakan biaya Rp. 5.000,- belum termasuk biaya makanan dan minuman yang dipesan tentunya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button