Berita Wisata

Tiga Penyu Lekang Ditemukan Mati di Pantai Jangkang Karena Sampah Plastik?

Harianjogja.com, KULONPROGO — Tak kurang dari tiga ekor penyu lekang ditemukan mati di Pantai Jangkang, Desa Garongan, Kapanewon Wates, Kulonprogo. Ketiga penyu tersebut ditemukan sudah dalam keadaan membusuk.

Koordinator Satlimas V Kulonprogo Aris Widyatmoko mengatakan temuan tiga penyu mati itu dilaporkan warga pada Senin (14/11/2020) lalu, namun karena hujan deras pihaknya tidak bisa mengecek dan belum bisa mengecek laporan hingga Selasa. (15/11)./2022) pagi.

“Jadi tadi pagi bersama rekan-rekan dari TNI AL dan Polairud kami cek ke lokasi,” jelas Aris, Selasa.

Menurutnya, saat ditemukan penyu tersebut sudah membusuk. Sedangkan jarak antara ketiga penyu yang ditemukan mati itu sekitar 10 hingga 15 meter berdekatan. Pihaknya belum mengetahui penyebab kematian ketiga olive ridley tersebut.

BACA JUGA: Dua delegasi Argentina dan Saudi memilih untuk parkir di Bandara YIA Bandara

Dikatakannya, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DIY memeriksa bangkai penyu tersebut siang tadi. Namun, kepastian kematiannya juga belum diketahui.

“Asumsinya dari BKSDA karena faktor usia. Tapi bisa juga karena penyu-penyu ini makan plastik, tapi itu masih dugaan kan,” ujarnya.

Lebih lanjut Aris mengatakan, setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas BKSDA DIY, ketiga penyu tersebut langsung dikubur di dekat temuan awal.

Secara rinci, Aris mengatakan ketiga penyu tersebut terdiri dari dua jantan dan satu betina. Yang betina tingginya 88 sentimeter dan beratnya 20 kilogram, sedangkan yang jantan tingginya 98 sentimeter dan beratnya 25 kilogram, dan yang satunya lagi tingginya 88 sentimeter dan beratnya 35 kilogram.

Baca lebih banyak berita dan artikel di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button