Tak Berkategori

Tiket & 13 Objek Wisata PANDAWA BEACH Januari 2024

Pantai Pandawa

  • Biaya masuk: Rp 4.000-Rp. 8.000
  • Jam buka: 07.00 – 19.00 WITA
  • Nomor telepon: 0811-3800-0402
  • Alamat lokasi : Jl. Pantai Pandawa, Kutuh, Kuta Selatan, Badung, Bali, Indonesia, 80361

Pantai Pandawa merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Bali yang berada di kota kabupaten Badung. Pantai ini terkenal dengan tebingnya yang menakjubkan, pasir putih, dan perairannya yang hijau.

Objek wisata pantai ini tergolong baru dan resmi menjadi kawasan wisata sejak 27 Desember 2012. Padahal, pantai ini dulunya dikenal dengan nama Pantai rahasia karena letaknya di balik perbukitan. Kondisi jalan menuju kota pantai ini unik dan megah karena diapit oleh tebing kapur.

Biaya masuk Pantai Pandawa

Wisatawan yang ingin bermain di kawasan pantai wisata ini harus membayar biaya masuk antara Rp 4.000 hingga 8.000. Biaya masuknya relatif murah.

Biaya masuk Pantai Pandawa

Baca: Pantai KUBU Jimbaran Pesona Pantai Tersembunyi

Bagi wisatawan mancanegara, silahkan membaca artikel ini untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai air terjun ini (biaya masuk untuk orang asing dan aktivitas unggulan).

Jam buka Pantai Pandawa

Pantai ini bisa buka setiap hari. Buka dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam. Waktu terbaik berkunjung adalah pagi atau sore hari karena cuaca tidak terlalu panas.

Daya Tarik Pantai Pandawa

Pantai Pandawa mulai populer sejak tahun 2011 setelah Desa Kutuh menjadi juara kedua Lomba Desa Tingkat Nasional. Ketenarannya membuat pantai ini tidak pernah sepi. Tak kurang dari lima ribu wisatawan nusantara dan 500-600 wisatawan mancanegara per hari. Kini jumlah wisatawan di pantai sepanjang tiga kilometer ini bisa mencapai 20.000 orang saat musim liburan.

Daya tarik pantai ini terletak pada tebingnya Karst dengan Gua Pandawa dan pantai berpasir putih. Saat memasuki kawasan pantai, wisatawan melewati sejumlah patung Pandawa. Untuk berselancar, wisatawan bisa terus melanjutkan perjalanan hingga ke ujung jalan.

Baca : Tiket Masuk Bali Safari Marine Park dan Animal Show

Untuk menuju kawasan wisata utama, wisatawan dapat berbelok setengah lingkaran ke arah kanan. Di sini terdapat pantai, kano, paralayang, budidaya rumput laut dan wisata spiritual hingga pura.

Pesona pantai di balik tebing karst

Indahnya jalan menuju pantai PandawaIndahnya jalan menuju pantai PandawaKondisi jalan menuju Pantai Pandawa unik dan megah karena berada di atas tebing kapur. Foto: GoogleMaps/Johan Hadi

Yang membuat Pantai Pandawa unik adalah akses jalannya yang melewati perbukitan kapur. Tebing batu kapur mengapit kiri dan kanan jalan beraspal menuju pantai utama di bawah tebing. Semak-semak membuat tebing-tebing yang menjulang tinggi menjadi hidup.

Setelah melewati tebing kapur, pemandangan luas surga tersembunyi tiba-tiba terbuka. Wisatawan langsung disuguhi hamparan lautan dengan perairan yang jernih dan hijau. Berpadu dengan pasir putih di sepanjang pantai memberikan keindahan yang mempesona.

Sebelum menuju pantai, wisatawan bisa menikmati indahnya panorama pantai dari ketinggian. Ada juga tulisan besar di tebing itu: “Ambil foto dulu!”'. Terdapat area yang cukup luas untuk memarkir sepeda motor di depan wisatawan yang ingin berfoto.

Baca : Tiket, Wahana dan Atraksi Waterbom Bali

Patung Pandawa

Salah satu daya tarik Pantai Pandawa adalah Patung Pandawa. Di dalam tebing, yang diukir menjadi sebuah gua, terdapat patung-patung megah yang diukir oleh pematung lokal Bali. Patung-patung ini akan langsung menyambut wisatawan setelah melewati dua tebing besar ikonik khas Pantai Pandawa.

Nama pantai ini diambil dari cerita wayang Mahabharata tentang lima putra Pandu. Patung besar Pandawa dan ibu Kunti dipahat di atas bukit kapur. Patung-patung ksatria berjejer di tebing setiap lima meter.

Baca: Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana dan Atraksi

Di puncaknya terdapat patung Dewi Kunti, ibu lima Pandawa. Setelah itu patung Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan terakhir Sahadewa berdiri silih berganti. Setiap patung menghadap ke pantai.

Pesona pantai berpasir putih

Pantai berpasir putih dengan warna laut biru kehijauan di Pantai PandawaPantai berpasir putih dengan warna laut biru kehijauan di Pantai PandawaWarna laut yang kehijauan di Pantai Pandawa Badung nyaris berpadu sempurna dengan halusnya pasir pantai. Foto: Instagram/zeed_blogs

Pasir putih Pantai Pandawa yang mempesona membentang dari barat hingga timur. Airnya jernih dan bersih, dan ombaknya pecah di kejauhan. Warna laut yang kehijauan nyaris berpadu sempurna dengan pasir halus pantai.

Pantai ini disebut Pantai Kutuh atau Pantai Melasti oleh penduduk setempat. Pantai ini disebut juga “Pantai Rahasia” karena ibarat surga yang tersembunyi di balik tebing. Harmonisasi keindahan berbeda di pantai yang tidak terlalu ramai dikunjungi wisatawan.

matahari terbit dan matahari terbenam

Pantai Pandawa memiliki pesona sepanjang hari dengan kondisi lingkungannya yang masih alami dan terawat. Wisatawan bisa datang pada pagi, siang, dan malam hari untuk menikmati keindahan pantai.

Karena letaknya yang sangat strategis di sisi timur, pantai ini sangat cocok untuk berwisata matahari terbit. Ini dianggap sebagai tempat terbaik di Bali untuk menyaksikan matahari terbit.

Wisatawan yang ingin menikmati sejuknya udara bisa datang pada sore hari. Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah terutama saat matahari terbenam Matahari terbenam-Payudaranya menakjubkan.

Berbagai aktivitas di Pantai Pandawa

Selain keindahan pemandangan pantai, juga terdapat berbagai aktivitas di sekitar pantai. Berenang, berkano, berselancar atau sekedar berjemur adalah beberapa kegiatan yang sering dilakukan. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Bersantai dan berjemur

Pantai Pandawa memiliki pasir putih dengan air laut yang jernih. Wisatawan akan merasa nyaman berada di sini sambil bersantai, berenang, dan bermain air. Untuk menunjang aktivitas tersebut, pantai ini juga memiliki ruang bilas.

Wisatawan juga bisa berjemur di pinggir pantai sambil merasakan lembutnya pasir. Jika tidak ingin basah, Anda bisa bersantai di tenda pantai. Sembari menikmati indahnya panorama pantai, wisatawan juga bisa berwisata kuliner atau memanjakan diri dengan pijat refleksi kaki.

Berenang

Wisatawan berenang di Pantai PandawaWisatawan berenang di Pantai PandawaBerenang merupakan aktivitas utama di Pantai Pandawa.
Foto: Instagram/rizkyorlando._

Berenang merupakan aktivitas utama di Pantai Pandawa. Kejernihan air lautnya membuat wisatawan merasa rileks saat berenang di kawasan pantai ini. Suasana pantai yang masih alami dan tidak terlalu ramai menjadi nilai tambah tersendiri.

berselancar

Pantai Pandawa adalah surganya para peselancar. Ombaknya yang cukup memacu adrenalin sehingga cocok untuk berselancar berselancar. Aktivitas selancar ini sangat populer di kalangan wisatawan asing.

Berkano

Wisatawan bermain kano di pantai Wisatawan bermain kano di pantai Ombak di pantai ini cukup tenang sehingga wisatawan bisa mencoba bermain kano di pantai ini. Foto: Instagram/iffa.yaoke

Ombak di Pantai Pandawa cukup tenang sehingga wisatawan bisa mencoba bermain kano di kawasan ini. Penyewaan kano tersedia dengan harga terjangkau. Harga sewa kano biasanya per jam. Ada juga kano untuk dua orang.

Paralayang

Paralayang merupakan salah satu wahana yang memacu adrenalin. Olahraga ekstrim ini juga bisa dilakukan di pantai ini. Di sini wisatawan bisa bermain paralayang di kawasan Bukit Timbis. Ada beberapa penyedia layanan paralayang bersertifikat.

Wisata religi

Pantai Pandawa semakin populer dengan diadakannya upacara Melasti di sini. Banyak wisatawan yang tertarik melihat ritual ini di pantai ini. Bahkan, upacara ini juga dikenal hingga tingkat internasional.

Karena berguna sebagai tempat upacara Melasti, pantai ini dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Wisatawan harus mematuhi peraturan yang berlaku dan menjaga kebersihan lingkungan.

Daerah suci

Pantai Pandawa penuh dengan tradisi. Setidaknya ada enam titik di kawasan keramat yang dikenakan sanksi wajar jika melanggar. Di beberapa tempat wisatawan akan menemukan rambu peringatan dan larangan yang berlaku di kawasan ini.

  • Daerah suci pertama, Batu Cupid, yang dipandang orang sebagai pintu gerbang menuju alam niskala. Niskala merupakan alam gaib dalam kepercayaan masyarakat Hindu Bali. Lokasinya berada di gerbang masuk pantai, dekat Pura Gunung Payung.
  • Kedua, tempat upacara Melasti, simbol penyucian jiwa dan raga dalam agama Hindu. Upacara Melasti dilaksanakan setiap bulan purnama pada tahun ganjil. Saat proses ini berlangsung, banyak wisatawan yang tertarik untuk menyaksikannya.
  • Area suci ketigaPura Dalem Segara tempat umat Hindu berdoa.
  • Keempatsumur (Sukan) yang menjadi sumber air minum utama masyarakat desa Kutuh.
  • KelimaSawan Mela di ujung timur.
  • KeenamSawan Sambing di ujung barat.

Budidaya alga

Pantai Pandawa memiliki keistimewaan lainnya yaitu pemanfaatan kawasan ini sebagai kawasan budidaya rumput laut. Rumput laut telah dibudidayakan di kawasan pesisir ini sejak tahun 1980-an.

Sejauh ini terdapat puluhan petani alga di kawasan tersebut. Jika beruntung, wisatawan juga bisa menyaksikan para petani rumput laut sedang memanen atau menanam.

Mengakses

Pantai Pandawa terletak di Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Bandara Internasional Ngurah Rai berjarak 18 km dan memakan waktu sekitar 1 jam.

Anda juga bisa melalui tol Bali-Mandara menuju Nusa Dua menuju Garuda Wisnu Kencana (GWK), Jimbaran. Jalan menuju pantai yang diapit dua tebing tinggi ini bagus, lebar dan beraspal.

Perabot

Fasilitas kawasan pantai wisata ini cukup lengkap. Terdapat puluhan warung makan di pinggir pantai yang menjadi tempat wisatawan menikmati kuliner khas Bali.

Ada juga tempat penjualan hasil kerajinan lokal di beberapa lokasi sekitar pantai. Tempat-tempat tersebut biasanya berada di gubuk-gubuk yang berada di sisi kanan pantai.

Lokasi Pantai Pandawa

Objek wisata pantai ini terletak di Bali Selatan, tepatnya di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Letaknya sekitar 40 kilometer dari kawasan desa wisata Kuta dan dapat ditempuh sekitar satu jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button