Tempat Wisata

Tiket & 4 jalur hiking dengan pemandangan spektakuler Februari 2023

Biaya masuk ke Gunung Ungaran: Rp 10.000 hingga Rp 15.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat/Tempat : -, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, -.

Wilayah Jawa Tengah memiliki banyak koleksi gunung api. Beberapa gunung tersebut bahkan sangat populer, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Namun ada juga gunung yang namanya jarang terdengar Gunung Hungaria. Gunung ini sebenarnya memiliki potensi wisata yang besar.

Gunung Ungaran terletak di Kota Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.050 meter. Tidak terlalu tinggi namun tetap menarik untuk didaki. Selain sebagai tujuan pendakian, sejumlah objek wisata lainnya tersebar di kawasan lereng.

Tiket masuk Gunung Ungaran

Pengunjung yang ingin mendaki Gunung Ungaran harus membayar biaya pendaftaran. Tiket pendakian belum termasuk biaya parkir mobil atau motor.

tiket masuk
Biaya pendaftaran perkemahan Rp 15.000
Biaya Pendaftaran Tektok Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk Mawar Camp Semarang dan Fasilitas Camping Lengkap

jam buka

Sebenarnya Gunung Ungaran bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam. Namun, waktu khusus berlaku untuk pendaftaran pendakian. Pendaki hanya dibatasi 300 orang per hari. Hal ini untuk mencegah penumpukan pendaki, terutama saat pandemi.

jam operasi
Sehari-hari 24 jam
pendaftaran pendakian 13.00 – 19.00 WIB

Baca: 40 Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Menantang Gunung Hongaria

Para pendaki menyaksikan matahari terbit di Puncak UngaranMenyaksikan panorama matahari terbit dari puncak Gunung Ungaran adalah kado istimewa setelah menempuh perjalanan yang berat – Foto: Google Maps / Laksamana Balinga

Gunung Ungaran adalah gunung berapi di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Daerah di kaki gunung ini memiliki banyak sumber air panas. Namun, gunung ini tidak pernah tercatat meletus. Kondisi relatif aman untuk pendakian dan wisata.

Ketinggian gunung ini sekitar 2.050 meter di atas permukaan laut. Lerengnya berisi banyak area kebun teh dan tempat perkemahan. Jalur pendakian yang luar biasa tersembunyi di balik penampilannya yang tandus. Jejaknya terkenal curam dan cocok untuk pendaki berpengalaman.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket Masuk dan Beragam Aktivitas

Jalur Pendakian Gedong Songo

Para pendaki melintasi padang rumput dan semak belukar di puncak Gunung UngaranGunung Ungaran memiliki tiga puncak dengan Puncak Ungaran sebagai titik tertinggi – Foto: Google Maps / Rid Pandu

Jalur ini dimulai dari Taman Wisata Candi Gedong Songo. Ini trek yang cukup sulit. Jalan itu melewati hutan dan dipenuhi semak belukar. Tentunya karena warga sekitar bisa merumput atau mencari kayu di jalur ini.

Perjalanan dimulai di hutan pinus. Perhatikan jalan karena ada beberapa rambu-rambu. Pendaki langsung dihadapkan pada tanjakan yang terjal. Selanjutnya, tebing itu menjadi hutan Lamboro, diikuti jalan setapak jerami.

Pendaki harus waspada di sini karena jalannya berada di sebelah tebing. Saat itu ilalang sudah cukup tinggi dan mengaburkan pandangan. Sepanjang jalan akan dipenuhi semak belukar yang rimbun. Belum lagi kemiringan jalan yang mencapai lebih dari 60 derajat.

Rute Gedong Songo membawa pendaki menuju Puncak Gundul. Puncak ini merupakan tanah datar yang ditumbuhi rerumputan. Selain itu, pendaki bisa mengakhiri perjalanan di sini atau menuju Puncak Ungaran yang lebih tinggi.

Baca: GUNUNG TELOMOYO: Tiket Masuk dan Beragam Kegiatan

garis iklan

Berfoto ria di area kebun tehLereng Gunung Ungaran memiliki banyak area perkebunan teh yang indah – Foto: Google Maps / Natasya a

Dari titik awal Promasan hingga puncak, perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam. Jalur ini melewati desa-desa kecil dan juga melalui kebun teh. Kebun teh Promasan merupakan spot foto cantik yang tidak boleh Anda lewatkan.

Awal jalur Promasan didominasi oleh jalan berkerikil. Jalan ini diaspal dengan batu dan cukup mudah dilalui. Jalur ini kemudian bertemu dengan Rosenweg. Pertemuan kedua berupa tanah datar, biasanya digunakan sebagai tempat perkemahan.

Dari tempat perkemahan Sekarang pendakian yang sebenarnya dimulai. Jalan kerikil berubah menjadi jalan tanah merah yang sempit. Para pendaki perlu waspada karena jalan menanjak dan cukup terjal.

Medan ini akan terus menemani Anda menuju puncak Ungaran. Puncak tertinggi gunung memiliki perisai dengan tiga monumen dan tiang bendera. Ada area untuk berkemah di depan area puncak. Para pendaki yang ingin melihat matahari terbit bisa menginap di sini terlebih dahulu.

Baca: Tiket Masuk AYANAZ GEDONGSONGO & Spot Selfie

jalan mawar

tempat perkemahan Mawar adalah pilihan lain untuk jalur pendakian. Ini merupakan jalur yang populer bagi para pendaki Gunung Ungaran. Medan jalan lebih santai di awal perjalanan. Sehingga pendaki bisa melakukan pemanasan sebelum mencapai puncak.

Perjalanan menuju puncak bisa memakan waktu sekitar 3 jam. Ada tiga item yang bisa menjadi pemberhentian sementara. Pos 1 (pos Pronojivo), Pos 2 dan Pos 3 (perkebunan kopi). Di setiap pos, pendaki bisa menikmati pemandangan dengan nuansa berbeda.

Jalur ini juga memiliki beberapa sumber air di pos 2 dan pos 3. Bahkan terdapat kolam penampungan air terbuka di pos 3. Selanjutnya perjalanan dari Pos 3 menuju area Kebun Teh Promasan. Pemandangan alam yang hijau dan udara yang sejuk menanti di sini untuk menghibur para pendaki.

Pendakian berikutnya kurang lebih sesuai dengan jalur Promasan. Artinya, jalan berkerikil berubah menjadi jalan tanah yang licin saat musim hujan. Jalan sempit dan hati-hati disarankan. Akar pohon dan bebatuan bisa menjadi pegangan.

Baca: Brown Canyon Semarang: Tiket Masuk dan Kegiatannya

KTT Hungaria

Matahari bersinar dari balik awanBerkemah di Gunung Ungaran seperti malam di atas awan – Foto: Google Maps / Emmanuel Setiawan

Gunung Ungaran memiliki setidaknya tiga puncak. Ketiganya adalah Puncak Gendol, Puncak Gundul dan Puncak Ungaran. Puncak Ungaran merupakan yang tertinggi dengan ketinggian 2.050 mdpl.

Pemandangan dari puncak ini sungguh menakjubkan. Daya tarik utamanya adalah panorama beberapa gunung sekaligus. Di sebelah selatan terlihat Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang menjulang tinggi. Anda juga bisa melihat indahnya panorama Gunung Telomoyo dan Rawa Pening.

Sedikit bergeser ke kanan, tiga gunung berbaris. Ketiganya adalah Gunung Sumbing, Sindoro dan Prau Dieng. Jika ingin melihat semua pemandangan tersebut, disarankan untuk mendaki pada hari yang cerah.

Baca: Tiket Masuk SALOKA PARK dan 7 Wahana Seru

Fasilitas Gunung Ungaran

Ada beberapa titik awal pendakian di sekitar kawasan Gunung Ungaran. Posko tersebut adalah Base Camp Mawar, Base Camp Gedong Songo dan Base Camp Promasan. Tersedia juga tempat parkir, toilet dan stand di setiap base camp.

Lokasi dan akses menuju Gunung Ungaran

Ada tiga titik awal pendakian Gunung Ungaran. Titik pertama adalah base camp Gedong Songo. Base camp ini terletak di Kompleks Candi Gedong Songo di Desa Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Base camp ini dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dari Kota Ungaran.

Titik awal selanjutnya adalah Basecamp Mawar. Posko ini terletak di atas objek wisata Umbul Sidomukti di Desa Sidomukti Jimbaran, Kecamatan Bandungan. Gerbang depan dapat diakses dari Pasar Jimbaran.

Pos terakhir adalah Promasan Basecamp. Posko ini terletak di Desa Candi Promasan, Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal. Pengunjung dapat berjalan kaki dari perkemahan Medini atau naik ojek selama 1 jam.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button