Tempat Wisata

Tiket & 5 aktivitas seru Desember 2022

Biaya masuk Gunung Kelud: Rp 10.000 hingga Rp 30.000Jam buka: 08.00 – 16.30Tidak Telepon: Alamat: Ringinrejo, Karangrejo, Garum, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, –

Ada berbagai jenis kegiatan rekreasi yang bisa dilakukan di gunung. Paling populer tentu saja hiking atau mendaki. Namun terkadang tidak semua orang bisa menikmati kegiatan ini. Berbeda dengan di Gunung KeludTidak hanya pendaki yang bisa menikmati keindahan alamnya.

Gunung Kelud merupakan gunung berapi yang sudah populer sebagai tujuan wisata. Khusus untuk warga Kediri, Blitar dan sekitarnya. Gunung ini memiliki pesona yang menggoda untuk didaki. Selain itu, gunung ini juga menawarkan berbagai pengalaman bersantai lainnya yang cocok untuk keluarga.

Tiket Masuk Gunung Kelud

Biaya masuk wisata Gunung Kelud memang sangat terjangkau. Harga belum termasuk biaya parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi. Biaya kesaksian ini terbilang kecil, seperti halnya mendaki gunung pada umumnya.

tiket masuk
tiket masuk Rp 10.000
Taksi PP Rp30.000

Baca: Keindahan Rambut Monte Blitar Diselimuti Misteri

Informasi penting sebelum mengunjungi Wisata Gunung Kelud :

  • Ikuti protokol kesehatan 3M.
  • Pengunjung bisa masuk jika sudah vaksinasi dan menggunakan aplikasi PeduliLindendi.
  • Pindai kode QR di pintu masuk area.

jam buka

Bagi yang ingin mendaki, pendaftaran saksi bisa dilakukan setiap hari. Sedangkan wisata Gunung Kelud dibuka setiap hari dari pagi hingga malam hari. Rekomendasi waktu terbaik adalah saat musim kemarau jika ingin pemandangan kawah terbaik.

jam operasi
pendaftaran simpati Setiap hari pukul 06.00 – 23.00 WIB
Wisata Gunung Kelud 08.00 – 16.30 WIB

Istirahat di Gunung Kelud

Lembah Gunung KeludMeski merupakan gunung api aktif yang menghadirkan tantangan yang cukup menantang, gunung ini menawarkan pesona alam yang mempesona dan mencekam – Foto: Google Maps/Faishal Rahman Akbar

Gunung Kelud adalah gunung berapi di Jawa Timur. Ketinggiannya sekitar 1.731 mdpl dan memiliki kawah yang terbentuk saat letusan tahun 2014. Gunung ini memiliki tiga puncak Gunung Kelud, Sumbing dan Gajahmungkur.

Letusan 2014 rupanya cukup kuat untuk mengubah sebagian penampilannya. Sekarang ada kawah di area puncak. Kawah inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri. Baik turis maupun pendaki bersaing untuk mendapatkan puncaknya untuk merasakan langsung kemegahannya.

Selain kawah, masih banyak lagi objek wisata gunung api ini. Tempat wisata sengaja didirikan untuk mengembalikan kejayaan Gunung Kelud sebagai destinasi wisata. Mari cari tahu tentang kegiatan dan apa yang bisa ditemukan di sini.

Baca: 14 Tempat Wisata Terbaik di Blitar

rute pendakian

Gunung Kelud telah menjadi destinasi para pecinta alam dan pemanjat tebing. Setidaknya ada dua jalur utama yang kerap menjadi jalur pendakian. Rutenya ada di Kabupaten Blitar. Perlu diingat bahwa jika ingin mencapai puncak, biasanya relawan di base camp menawarkan tur berpemandu.

Rute pertama melalui Tulungrejo. Ini adalah rute termudah dan tercepat yang terletak di sisi timur gunung. Selain itu, area pendakiannya tidak terlalu ekstrim. Beberapa tempat yang dilewati disini adalah Jalur Punggung Naga dan Air Terjun Kilisuci.

Rute kedua adalah melalui Karangrejo yang cenderung lebih tenang. Jalurnya memang lebih panjang dengan medan yang lebih menantang. Salah satu titik uji resiliensi adalah jalur vertikal. Jalur ini cukup menantang karena harus menaiki tangga terlebih dahulu.

Kedua jalur tersebut mengarahkan pendaki ke area kawah. Pendakian Gunung Kelud biasanya diselimuti kabut. Jika kurang beruntung, kawah akan sulit terlihat karena tertutup lapisan kabut ini. Di hari yang cerah, Anda bisa melihat pemandangan kawasan seperti panorama Gunung Kawi dan Arjuno dari sini.

Baca: Tiket Masuk PUNCAK MAHAMERU dan Pesona Menakjubkan

Kawah Kelud

Kawah Gunung KeludKawasan puncak gunung memiliki kawah kehijauan yang luas, eksotis dan memikat – Foto: Google Maps/nur fikri

Kawah di puncak Gunung Kelud merupakan danau yang baru terbentuk. Letusan besar pada tahun 2014 mengikis area puncak. Hasilnya adalah kawah dengan kandungan belerang yang tinggi. Panorama kawah ini bisa dilihat dengan baik dari Puncak Kelud.

Banyak yang membandingkan keindahannya dengan Danau Kelimutu dan Kawah Tangkuban Perahu. Kandungan belerang rupanya mempengaruhi penampakan kawah sehingga membuatnya berwarna hijau. Pada siang hari, saat terkena sinar matahari, permukaan kawah berwarna kekuningan. Pemandangan eksotis ini menjadi tujuan para wisatawan dan pendaki.

Baca: Tiket Masuk GUNUNG ARJUNO, Rute dan Berbagai Aktivitasnya

Tebing Belah

Tebing Sumbing di pinggir jalanWisatawan melintasi jalan melewati kawasan Tebing Sumbing, salah satu puncak tertinggi – Foto: Google Maps/Syamsul Arifin

Tebing Sumbing atau Puncak Sumbing merupakan salah satu dari tiga titik tertinggi Gunung Kelud. Tebing ini terlihat seperti gigi taring dengan ujung yang tajam. Sebaliknya, tebing itu tumpul dan bulat.

Tebing ini terdiri dari susunan bebatuan besar. Meski terlihat kokoh, sebenarnya batu-batu ini sangat rapuh dan mudah pecah. Karena itu, wisatawan tidak boleh terlalu dekat dengan tebing.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas KAMPUNG COKLAT Blitar

Jalan Misterius

Jalan Misterius Gunung KeludRutenya terlihat menanjak tapi hanya ilusi mata – Foto: Google Maps/Syamsul Arifin

Jalan Misteri merupakan bagian kecil dari jalan menuju Gunung Kelud. Jalan ini termasuk kawasan wisata yang dapat diakses melalui Kediri. Oleh karena itu, wisatawan yang akan ke tempat parkir pasti akan melewatinya.

Disebut Jalan Misterius karena sebuah keanehan. Jalan ini terlihat seperti jalan menanjak. Namun, ada yang unik dari turis yang meletakkan benda-benda yang bisa menggelinding di permukaan jalan. Objek berguling dan bergerak maju seolah-olah ditarik oleh suatu kekuatan yang tidak terlihat.

Sebenarnya jalan ini merupakan jalan menurun yang menimbulkan ilusi mata. Pemudik yang membawa kendaraan disarankan untuk mematikan mesin di sini. Sepertinya kendaraan itu naik dengan sendirinya. Sebuah pengalaman menarik yang tidak selalu bisa Anda dapatkan, bukan?

Baca: PANTAI SERANG Blitar: Tiket Masuk & Pesona Pantai

Agropark Margomulyo

Bunga matahari di Taman Kilisuci di Taman Agrowisata MargomulyoMenikmati keindahan lereng gunung ditemani bunga-bunga cantik di Taman Agrowisata Margomulyo – Foto: Google Maps/afit nesia

Berkendara ke puncak Gunung Kelud via Kediri, wisatawan melewati objek wisata ini. Taman Agro Margomulyo merupakan tempat rekreasi keluarga berupa taman bunga. Selain itu, taman ini memiliki taman bermain anak dan area foto.

Taman ini dipagari dengan pemandangan alam Gunung Kelud yang indah. Udaranya segar dan menyenangkan sebagai tempat piknik singkat. Daya tarik utamanya adalah sajian berbagai bunga menarik sebagai spot foto. Koleksi bunga di taman ini antara lain bunga matahari, krisan, dan mawar.

Di sisi lain taman terdapat kawasan yang disebut Taman Lembu Suro. Kawasan ini ditandai dengan patung manusia berkepala kerbau. Taman Lembu Suro berisi wahana sederhana untuk anak-anak seperti ayunan dan seluncuran. Ada juga spot selfie dengan instalasi kreatif dengan panorama pegunungan.

Fasilitas Gunung Kelud

Untuk pendakian terdapat base camp dengan peralatan lengkap. Base camp ini memiliki posko informasi, bumi perkemahan, tempat parkir, toilet, dan mushola. Ada juga stan penjualan dan persewaan peralatan hiking atau camping. Sedangkan fasilitas yang ada di Taman Agro Margomulyo antara lain tempat parkir mobil, toilet, mushola dan kantin.

lokasi Gunung Kelud

Lokasi Gunung Kelud berada di tiga kabupaten yaitu Blitar, Kediri dan Malang. Basecamp pendakian yang paling populer ada di Tulungrejo dan Karangrejo yang berada di Kabupaten Blitar. Sedangkan Margomulyo Agro Park terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Ikuti saja jalan lurus dari taman ini untuk sampai ke kawasan wisata di lereng Gunung Kelud.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button