Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas CANDI BOROBUDUR Februari 2023

Biaya masuk ke Candi Borobudur: Rp 25.000 hingga Rp 75.000. Jam buka: 10.00 – 17.00 WIB. Nomor telepon: 0274 496402/08112688000. Alamat / Tempat : Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56553.

Begitu banyak warisan budaya di Indonesia. Peninggalan ini merupakan kekayaan budaya yang tak ternilai harganya bagi Indonesia. Salah satu situs warisan paling terkenal di Indonesia, bahkan di dunia Candi Borobudur.

Terletak di Magelang, candi ini ditemukan oleh pasukan Inggris pada tahun 1814. Pasukan Inggris yang dipimpin oleh Sir Thomas Stamford Raffles kemudian membersihkan pekarangan kuil. Pemurnian pekarangan candi berhasil diselesaikan pada tahun 1835.

Biaya masuk ke Candi Borobudur

Ada berbagai jenis tiket masuk ke area candi. Tiket perorangan dan tiket rombongan sekolah (lebih murah) serta beberapa paket candi.

Biaya masuk ke Candi Borobudur
Tiket masuk lokal dewasa Rp 50.000
Tiket masuk lokal untuk anak-anak (usia 3-10 tahun) Rp 25.000
Tiket Masuk Dewasa Terusan Borobudur dan Prambanan Rp 75.000
Tiket Masuk Kanal Anak Borobudur & Prambanan Rp35.000
Tiket Masuk Kanal Borobudur dan Ratu Boko untuk dewasa Rp 75.000
Tiket masuk Kanal Borobudur dan Ratu Boko untuk anak-anak Rp35.000
Tiket Masuk Turis Internasional Dewasa $25
Tiket Masuk Turis Internasional untuk Anak (3-10 Tahun) $15

Baca: Masuk Candi Prambanan dan 8 Hal Terbaik yang Harus Dilakukan

Informasi syarat memasuki Candi Borobudur:

  1. Wajib mematuhi protokol kesehatan.
  2. Kunjungan maksimal ke halaman candi dan tidak bisa naik ke atas.
  3. Untuk tiket rombongan pelajar atau mahasiswa minimal 20 peserta. Wajib membawa surat rekomendasi dari kampus atau sekolah yang bersangkutan.

jam buka

Wisatawan dapat mengunjungi candi ini setiap hari. Karena Taman Wisata Candi buka dari pagi hingga sore hari.

jam buka
loket tiket 10.00 – 16.30 WIB
kunjungan pengadilan 10.00 – 17.00 WIB

Kuil Buddha terbesar di dunia

Candi Budha terbesar di dunia, Candi BorobudurBangunan peninggalan Buddha terbesar di dunia. Foto: Google Maps/Johannes Braun

Candi Borobudur merupakan peninggalan Buddha terbesar di dunia sekitar tahun 780-840 M. Candi ini dibangun oleh dinasti yang berkuasa saat itu, yaitu dinasti Sailendra. Pembangunan candi ini juga dimaksudkan sebagai tempat ziarah.

Pembangunan candi didasarkan pada arsitektur mandala, yang melambangkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Desainnya berbentuk kotak dengan 4 pintu masuk dan lingkaran sebagai pusatnya. Pura ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu alam dunia dan alam nirwana.

Memiliki 3 zona yang melambangkan makna yang berbeda. Tiga zona tersebut adalah Kamadhatu, Rupadhatu, Arupadhatu. Hal menarik yang jarang diketahui wisatawan adalah relief candi merupakan rangkaian cerita epik.

Baca: Tiket Masuk GEREJA AYAM Bukit Rhema Magelang & 5 Kegiatan Pilihan

Atraksi dan Aktivitas di Candi Borobudur

Selain melihat kemegahan pura, berbagai aktivitas lain juga ditawarkan di sini. Misalnya menikmati Taman Lumbini, mengunjungi museum dan menonton cerita tentang sejarah Candi Borobudur. Berikut beberapa kegiatan yang sayang jika dilewatkan.

1. Menikmati keindahan Taman Lumbini

Taman Lumbini Taman Lumbini hijau dan asri.

Kawasan wisata candi ini tidak hanya menawarkan warisan dunia tetapi juga taman yang indah. Taman di Zona 2 disebut Taman Lumbini. Pengunjung akan menemukan taman ini dengan mudah karena biasanya mereka mengabaikannya saat menuju ke kuil.

Taman Lumbini memiliki luas 70 x 65 meter dengan rerumputan yang hijau dan terawat. Bukan hanya pepohonan, keberadaan Candi Borobudur sebagai backdrop menawarkan keindahan tersendiri. Taman ini juga sering menjadi tuan rumah berbagai acara, seperti pernikahan dan pelepasan lampion.

Pada 2017, artis Vicky Shu bahkan menyewa Taman Lumbini untuk melangsungkan pernikahannya. Kalaupun ada event, aktivitas wisata tetap berjalan seperti biasa. Karena acara di Taman Lumbini biasanya berlangsung pada sore atau malam hari.

Baca: Menikmati Borobudur dari PUNTHUK SETUMBU Magelang, Tiket Masuk dan Top 5 Aktivitas

2. Berbagai benda bersejarah di Museum Candi Borobudur

Koleksi Museum GUSBIStupa Bersejarah di Museum GUSBI. Foto: Google Maps/Sulaeman Ali

Meskipun terkenal dengan bangunan dan sejarahnya. Kisah-kisah tersebut dapat dilihat di berbagai museum di dalam Kawasan Taman Wisata Candi. Beberapa museum tersebut adalah:

Museum GUSBI

Lokasi Museum GUSBI (Galeri Seni dan Unik Borobudur Indonesia) berada di belakang candi. Museum ini juga dikenal sebagai Museum MURI. Itu karena museum ini menyimpan banyak hal unik dan rekor dunia.

Museum ini tidak dikelola oleh Taman Wisata Candi. Jadi untuk masuk ke sana, pengunjung harus membayar tiket. Tiket masuknya murah, yaitu Rp 5.000.

Di museum ini pengunjung bisa melihat jas terbesar di Indonesia. Jaket ini pernah memecahkan rekor MURI pada tahun 2006. Ada juga manusia terpendek di Indonesia bernama Mas Islahudin yang berusia 36 tahun.

Museum Kapal Samudraraksa

Museum Kapal Samudraraksa berada tidak jauh dari Museum GUSBI. Di dalamnya ada kapal Samudraraksa yang berlayar dari Afrika ke Indonesia. Pengunjung bisa masuk ke kapal ini dengan membeli tiket mulai dari Rp. 100.000.

Museum Borobudur

Museum ini terletak di sebelah Museum Kapal Samudraraksa. Di dalam museum, pengunjung dapat melihat sisi lain candi. Seperti yang terlihat melalui foto-foto dari penggalian awal hingga relief tersembunyi di kaki Borobudur.

Puas berkunjung, wisatawan tinggal turun setelah ada tanda exit. Selain itu, cukup jalan-jalan keliling taman, turis datang ke pasar suvenir dengan berbagai item menarik untuk memenuhi hasrat berbelanja.

3. Berkeliling dengan Kereta Odong-Odong

Antara gerbang masuk ke candi, jaraknya cukup membuat kaki Anda sakit saat berjalan. Namun jangan khawatir, jika pengunjung malas berjalan kaki tersedia gerobak odong odong. Harga tiket kereta odong-odong murah yaitu Rp 7.500.

Kereta Odong-Odong membawa pengunjung berkeliling taman di sekitar kawasan candi. Perjalanan ini menawarkan prospek yang menyenangkan. Salah satunya karena melewati kandang gajah.

4. Sunrise di Candi Borobudur

Matahari terbit di Candi BorobudurMenikmati matahari terbit di Candi Borobudur merupakan kegiatan yang tidak boleh dilewatkan. Foto: Instagram/jogjaalltrip

Adanya 9 tingkat pada bangunan candi tentunya membuat bangunan ini cukup tinggi. Ini sangat cocok untuk menikmati matahari terbit sambil berfoto. Apalagi di pagi hari biasanya pengunjung masih sepi, jadi fotografi lebih leluasa.

Fasilitas di Candi Borobudur

Sebagai tempat wisata bertaraf internasional, fasilitas Candi Borobudur memang sangat bagus. Tersedia toilet yang bersih dan nyaman, tidak ketinggalan restorannya. Toko-toko juga tersedia untuk membeli oleh-oleh khas suvenir.

Kontak dan lokasi Candi Borobudur

Lokasi taman wisata di Kabupaten Magelang ini cukup mudah dijangkau. Alamat lengkapnya adalah Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk pemesanan dan informasi lainnya silahkan hubungi call center : 0274 496 402 dan email : [email protected]. Atau ikuti akun media sosial Instagram @borobudurpark.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button