Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas CANDI GEDONG SONGO Januari 2023

Biaya Masuk Candi Gedong Songo: Rp 10.000 – Rp 15.000. Jam buka: 07.00-17.00. Nomor telepon : -. Alamat : Krajan, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50614.

Dulu, kekuasaan kerajaan tersebar luas di seluruh Indonesia. Semarang, ibu kota Jawa Tengah, tidak terkecuali. Ada sebuah kompleks candi yang disebut Peninggalan Agama Hindu Candi Gedong Songo.

Berada di kaki Gunung Ungaran, kompleks candi ini memiliki keunikan tersendiri. Selain keindahan alam dan kemegahan bangunan candi, wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru di sini.

Biaya masuk ke Candi Gedong Songo

Untuk memasuki kawasan Candi Gedong Songo, pengunjung dikenakan biaya masuk yang murah. Namun, biaya masuk yang berbeda berlaku antara wisatawan domestik dan mancanegara. Karena menanjak, pengunjung juga dapat menaiki kuda dengan tarif berbeda per candi.

Biaya masuk ke Candi Gedong Songo
Tiket hari biasa Rp 10.000
Tiket Masuk Akhir Pekan Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk AYANAZ GEDONGSONGO Semarang dan Selfie Spot

Informasi penting sebelum mengunjungi Candi Gedong Songo:

  • Wajib mematuhi protokol kesehatan di kawasan wisata.

Jam buka Candi Gedong Songo

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari. Kuil ini buka dari pagi hingga sore hari.

jam operasi
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Kegiatan wisata di Candi Gedong Songo

Keindahan alam dan arsitektur pura menjadi daya tarik utama tempat wisata ini. Letaknya yang berada di Gunung Ungaran menjadikan tempat ini sangat eksotis untuk dikunjungi. Selain itu, berbagai kegiatan wisata bisa dilakukan, berikut beberapa di antaranya.

Keindahan kawasan candi

Keindahan Alam dan KuilPerpaduan antara keindahan alam Pegunungan Hungaria dan keunikan arsitektur candi menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata ini. Foto: Google Maps/Masrur Shofian

Kompleks candi Gedong Songo terletak di kaki Gunung Ungaran. Dan di ketinggian 1.200 mdpl. Tak heran, suhu di sini sangat sejuk, berkisar antara 19 hingga 27 derajat Celcius.

Pengunjung dapat menaiki candi dari Candi I. Setiap candi menawarkan pemandangan yang berbeda. Semakin tinggi, semakin indah pemandangan dan kabut tipis yang menutupinya.

Selain itu, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan pedesaan. Pohon-pohon tinggi berbaris rapi. Halamannya penuh dengan rerumputan segar dan bunga warna-warni menghiasi semak-semak.

Baca: Tiket Masuk & Kecantikan Kampung Pelangi Semarang

Mitos Candi Gedong Songo

Tidak ada yang tahu pasti jumlah candi di Gedong Songo. Foto: Gmap/dewo.s Ariyanto

Dari namanya, “Songo” berarti “sembilan” dalam bahasa Jawa. Namun ternyata tidak persis sembilan candi yang ada di objek wisata ini. Tidak ada yang tahu angka pastinya.

Hal ini karena candi-candi peninggalan dinasti Syailendra tidak ditata satu demi satu. Di antaranya, candi 1 sampai 9 tidak berjejer, melainkan tersebar. Ada pengunjung menghitung jumlah 7 candi, ada juga 8 candi.

Jika seseorang menghitung 9 candi, mitos itu beruntung. Konon, objek wisata ini ternyata memiliki bioenergi. Nyatanya, bioenergi ini lebih baik daripada di Tibet, China.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Celosia Flower Garden Bandungan Semarang

Menunggang kuda di sekitar kuil

Naik kuda melewati area candiBerjalan mengelilingi area candi dengan menunggang kuda. Foto: Google Maps/xuehangshi

Tantangan berwisata di Gedong Songo adalah mendaki setiap candi. Pengunjung dapat mengunjungi semua candi yang ada dengan berjalan kaki. Tentu akan sangat melelahkan, apalagi tidak terbiasa mendaki.

Alternatif lain bagi pengunjung yang ingin mendaki tanpa berjalan kaki adalah menunggang kuda. Penyewaan kuda ditawarkan kepada pengunjung di pintu masuk ke pekarangan kuil. Pengunjung juga dapat memilih paket candi yang akan dikunjungi.

Di pura yang lebih tinggi, pengunjung juga akan menjumpai sejumlah penjual makanan. Jadi Anda tidak perlu khawatir kelaparan saat berada di sini.

Pemandian air panas

Pemandian Air Panas Candi Gedong SongoAnda juga bisa menikmati kesegaran di pemandian air panas yang ada di sekitar Candi Gedong Songo. Foto: Google Maps/Masrur Shofian

Di sekitar area candi juga terdapat sumber air panas. Dalam perjalanan menuju Candi IV dan V, pengunjung akan menemukan mata air. Sumber mata air ini mengandung belerang yang asapnya mengepul tebal.

Ini adalah daya tarik utama untuk wilayah tersebut. Banyak turis mengambil foto di titik asap yang mengepul ini. Bahkan, mereka tampak lebih tertarik untuk berfoto daripada menikmati hangatnya musim semi ini.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana SALOKA PARK Semarang

Spot foto kekinian di Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo. Foto: Gmap/yudhistira dwiputra

Tak jauh dari Candi I terdapat spot foto khusus bernama Ayanaz Gedong Songo. Berbeda dengan kekhasan cerita Gedong Songo, Ayanaz tampil kontras. Tampil sebagai objek wisata yang menawarkan tempat kekinian dan menarik.

Biasanya tujuan utama pengunjung yang datang ke Ayanaz adalah untuk berfoto. Banyak spot yang ditawarkan. Mulai dari spot rumah igloo, balon udara, hingga kursi di atas air.

Selengkapnya: tiket masuk AYANAZ GEDONGSONGO & selfi spot

perabot

Tempat wisata ini menawarkan fasilitas yang tergolong lengkap. Misalnya tempat parkir yang luas dan perbedaan antara mobil dan sepeda motor. Deretan warung, toilet, mushola, dan toko souvenir di jalan menuju pintu keluar.

Lokasi Candi Gedong Songo

Obyek wisata ini terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Semarang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button