Tak Berkategori

Tiket & Aktivitas CIKONDANG CURUG Januari 2024

Air Terjun Cikondang

  • Biaya masuk: Rp5.000
  • Jam buka: 08.30 – 16.00 WIB
  • Nomor telepon: +62 83817023229
  • Alamat Lokasi : Wangunjaya, Campaka, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43263

Cianjur yang dikenal sebagai lumbung padi juga memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Daerah ini memiliki banyak persawahan luas, hutan dan sungai yang berubah menjadi air terjun. Salah satu air terjun di Cianjur yang patut untuk dikunjungi Air Terjun Cikondang.

Bentuknya yang tinggi dan lebar memberikan tampilan yang luar biasa dan dijuluki Niagara Mini. Air terjun ini dikelilingi persawahan dan perkebunan yang masih asri. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata alam Cianjur yang paling populer.

Biaya masuk Air Terjun Cikondang

Untuk memasuki Curug Cikondang, pengunjung dikenakan biaya masuk yang terjangkau hanya Rp 5.000. Jika membawa kendaraan, pengunjung harus membayar biaya parkir tambahan.

Baca : Tiket Masuk CURUG CITAMBUR Cianjur dan Pesonanya

Jam Buka Air Terjun Cikondang

Objek wisata air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 08.30 hingga 16.00. Kawasan air terjun ini juga sering menjadi tujuan kegiatan berkemah atau camping.

Daya tarik Air Terjun Cikondang

Curug Cikondang pada musim kemarauCurug Cikondang pada musim kemarauDebit air terjun berkurang pada musim kemarau dan terlihat jelas konturnya – Foto: Google Maps/indra triadhi

Baca: Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara dan 9 Taman Bunga Keren

Curug Cikondang merupakan air terjun yang berada di Desa Sukadana, Kabupaten Cianjur. Nama tersebut bukan berasal dari bahasa Sunda yang berarti “terkenal”, melainkan nama suatu tumbuhan. Kondang adalah nama lain dari pohon loa, yaitu tanaman yang buahnya khas tumbuh di dahan.

Namun sepertinya istilah “terkenal” lebih cocok untuk air terjun ini. Bentuknya yang masif mengingatkan kita pada Niagara, air terjun di Amerika. Air Terjun Cikondang memang merupakan air terjun eksotik yang patut untuk dikunjungi.

Pemandangan di jalan

Perkebunan tehPerkebunan tehArea perkebunan teh pemandangan sepanjang jalan menuju air terjun – Foto: Google Maps/Indra Gunawan

Baca: Tiket Masuk dan Berbagai Wahana Kota Bunga di Little Venice

Tempat wisata air terjun ini tidak terlalu sulit untuk dijangkau. Namun, pengunjung harus berjalan kaki sebentar dari tempat parkir menyusuri jalan setapak untuk sampai ke sana. Jalan setapak ini cukup mudah diakses dan dapat digunakan oleh berbagai kalangan.

Jalan setapak ini membawa pengunjung menyusuri kawasan perkebunan teh. Tanaman teh hijau akan menyejukkan mata selama perjalanan. Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk mengambil beberapa foto.

Jarak dari tempat parkir pun tidak terlalu jauh dari lokasi air terjun. Setelah melintasi sungai yang jernih, pengunjung melewati persawahan yang eksotis. Tak jauh dari situ, air terjun semakin terlihat seiring dengan terdengarnya suara air.

Air Terjun Cikondang

Tempat wisata Air Terjun CikondangTempat wisata Air Terjun CikondangObjek wisata Curug Cikondang dihiasi pondok peristirahatan dan tempat selfie di atas batu – Foto: Google Maps/Indra Gunawan

Baca: Tiket Masuk Situs Gunung Padang dan Pesona Abad Terakhir

Jalan menuju air terjun ditandai dengan pagar bercat cerah. Jalan ini membawa pengunjung lebih dekat ke air terjun melalui area bawah. Ada beberapa pondok peristirahatan yang nyaman di tepi sungai.

Air Terjun Cikondang berasal dari sungai sempit. Aliran air ini kemudian melebar di sepanjang tepian tebing dan menjadi muara air terjun yang lebarnya diperkirakan hampir 30 meter. Ketinggian air terjun ini sekitar 50 meter.

Lihat air terjun dari dekatLihat air terjun dari dekatWisatawan melihat Air Terjun Cikondang dari dekat – Foto: Google Maps/Ayub Miftah

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Cibeureum dan Berbagai Aktivitas Menariknya

Air terjun Cikondang terdiri dari beberapa anak tangga yang disusun satu di atas yang lain. Dinding bebatuannya berwarna kehitaman dan diapit oleh vegetasi alami. Air terjun ini mengalir ke sungai yang dihiasi batu-batu besar di sana-sini.

Pengunjung dapat mengakses air terjun melalui bebatuan tersebut. Percikan airnya menyejukkan area sekitar air terjun. Demi keamanan, sebaiknya pengunjung yang ingin bermain air tidak terlalu dekat dengan air terjun. Pengunjung bisa bermain di sungai yang arusnya lebih aman.

Nyaman dan indah

Berkemah di sekitar air terjunBerkemah di sekitar air terjunPengunjung bermalam dengan mendirikan tenda di dekat air terjun – Foto: Google Maps/Ari Naura Channel

Sejak diketahui keberadaannya secara luas, pihak pengelola telah memperbaiki sarana dan prasarana objek wisata ini. Banyak stand dan tempat istirahat telah didirikan di sekitar air terjun. Bagi yang ingin bermalam, tersedia lahan yang cukup luas untuk mendirikan tenda.

Pengunjung mengambil foto di depan air terjunPengunjung mengambil foto di depan air terjunSelfie atau platform selfie di atas batu dengan latar belakang Air Terjun Cikondang – Foto: Google Maps/Sinzu Naomi

Pihak pengelola juga menyediakan spot-spot terbaik untuk fotografi. Tempat ini terletak di atas batu besar tak jauh dari air terjun. Ada Platform dengan railing yang bisa dijadikan spot berfoto bagi pengunjung. Berhati-hatilah saat memanjat batu ini saat musim hujan karena permukaannya akan sangat licin.

Baca: 10 Tempat Wisata Seru di Cianjur

Fasilitas Air Terjun Cikondang

Kawasan sekitar air terjun dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Lahan parkir yang tersedia memanfaatkan milik rumah warga. Di sini juga terdapat toilet, musala, dan warung makan.

Akses dan Lokasi Air Terjun Cikondang

Ada dua rute yang bisa Anda pilih untuk menuju Curug Cikondang. Jalur pertama lewat Cilaku dan Cibeber. Jalur kedua melewati Warung Kondang dan Lampegan dengan kondisi jalan rusak ringan.

Dari tempat parkir pengunjung masih harus berjalan kaki menuju lokasi Air Terjun Cikondang. Namun tak perlu khawatir karena jalurnya tidak terlalu jauh dan bisa dilalui oleh para amatir.

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Sukadana, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Situs ini dikelilingi oleh persawahan dan perkebunan teh. Air terjun ini milik kawasan PTPN VIII Panyairan. Belum ada angkutan umum yang melintasi kawasan ini sehingga pilihan berkendara hanya jatuh pada kendaraan pribadi roda empat atau roda dua.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button