Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas CURUG PUTRI PALUTUNGAN Maret 2023

Harga Tiket Masuk Air Terjun Putri Palutungan: Rp 5.000-20.000. Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Cisantana RT.07/RW.03, Cisantana, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat, Indonesia, Jawa Barat.

Curug berarti air terjun dalam bahasa Sunda. Untuk alasan ini, Air Terjun Putri Palutungan artinya Air Terjun Putri Palutungan. Berlokasi di Kuningan, pengunjung disuguhi pemandangan alam yang sangat indah sebelum tiba di air terjun ini.

Sesampainya di air terjun, pemandangan indahnya makin seru tak kalah. Air Terjun Putri Palutungan merupakan air terjun dengan ketinggian 20 meter. Suara angin yang diselingi oleh gemericik air membawa pengunjung untuk beristirahat.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati keindahan Air Terjun Putri Palutungan, harga tiket masuk sangat terjangkau. Mulai dari Rp 5.000 Anda sudah bisa menikmati keindahan alam air terjun ini.

Harga tiket Air Terjun Putri Palutungan
Tiket hari biasa untuk anak-anak Rp5.000
Tiket hari biasa untuk orang dewasa Rp 15.000
Tiket masuk liburan anak-anak Rp 8.000
Tiket Masuk Liburan Dewasa Rp 17.500
Tiket berkemah umum Rp 20.000
Tiket berkemah untuk siswa Rp 18.000
tiket parkir
tiket kendaraan roda 2 Rp6.000
Tiket kendaraan roda 4 Rp 11.000

Baca: Curug Landing Kuningan Wisata Alam Modern

Jam Buka Air Terjun Putri Palutungan

Pengunjung bisa datang ke air terjun ini setiap hari. Karena kawasan wisata Wasserfall selalu buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

jam buka
hari dalam seminggu 08.00 – 16.00 WIB
akhir pekan 08.00 – 18.00 WIB

Beragam aktivitas di Air Terjun Putri Palutungan

Tempat wisata yang satu ini bernama Air Terjun Putri dan konon bentuknya seperti putri dalam balutan gaun jika dilihat dari kejauhan. Yang lebih menarik lagi, pelangi kerap muncul di puncak setelah hujan.

Selain keindahan alam, berbagai aktivitas bisa dilakukan di sini. Berikut beberapa di antaranya:

1. Nikmati keajaiban keindahan alam

Pemandangan Air Terjun Putri PalutunganKeindahan alam kawasan Air Terjun Palutungan menjadi daya tarik utama objek wisata ini. Foto: Google Maps/Tonny Hidayat P

Pesona alam air terjun ini memancarkan keindahan yang tak terhingga. Air pegunungan asli yang jernih mengalir deras dan ditampung di kolam alami. Dari kolam itu mengalir kembali melewati bebatuan dan masuk ke kolam alami lainnya.

Sangat keren melihat aktivitas alam seperti itu. Di kolam alami ini pengunjung bisa menyelam, berenang atau sekedar bermain air. Sisi ujung kolam dihubungkan dengan jembatan yang cocok dijadikan spot foto.

Jika ingin lebih menikmati pemandangan, pengunjung bisa menggelar tikar di dekat air terjun. Nikmati indahnya suasana air terjun bersama keluarga. Layaknya piknik, pengunjung juga bisa menikmati makanan yang sudah disiapkan.

Baca: Tiket Masuk Sangkan Resort Aquapark Kuningan dan Wahana Seru

2. Rasakan jernihnya air Air Terjun Putri Palutungan

Berendam di Air Terjun Putri PalutunganMandi di air terjun dan merasakan kesejukan adalah suatu keharusan tentunya. Foto: Google Maps/Anne Amelia

Air terjun air terjun putri ini sangat terkenal dengan kejernihan dan kebersihannya. Hal ini dibuktikan dengan pengunjung yang mengambil air langsung dari mata air. Sejauh ini airnya masih jernih seperti baru dan tanpa lumut.

3. Aman untuk anak-anak

Sementara air terjunnya terbilang deras, hamparan kolam membuat kawasan ini terasa tenteram. Bentuk dasar kolam juga memiliki undakan, dari dalam hingga dangkal. Kontur ini aman untuk anak-anak jika ingin mengajak mereka bermain di kolam renang.

4. Kegiatan mengumpulkan di kawasan Curug

Sebagai kawasan wisata alam yang luas, kawasan ini juga cocok sebagai tempat pertemuan. Rapat biasanya diadakan oleh karyawan perusahaan. Sambil berkumpul, Anda juga bisa keluar di area ini.

5. Camping di Air Terjun Putri Palutungan

Berkemah di Air Terjun Putri PalutunganBerkemah di Air Terjun Putri Palutungan. Foto: Google Maps/Air Terjun Putri Palutungan

Bagi anak sekolah, pelajar atau pecinta alam, kawasan ini biasa digunakan untuk berkemah. Tiket masuk Rp 15.000 dibayar di muka sudah termasuk tiket masuk perkemahan. Jika tidak membawa tenda, tersedia persewaan tenda dengan tarif Rp 100.000 per malam.

6. Bermain ATV

Untuk memeriahkan suasana objek wisata ini, tersedia jasa persewaan sepeda motor ATV. Pengunjung dapat menyewanya dan berkendara di sekitar area ini. Tentu asyik mengendarai motor ATV melewati area yang sejuk.

7. Santai pada suatu waktu tempat tidur gantung

Bersantai di tempat tidur gantung Bersantai di hammock di sekitar kawasan wisata dan menikmati rindangnya pepohonan. Foto: Google Maps/Moehamad Nasir

Area dengan pepohonan yang rindang merupakan tempat yang tepat untuk bersantai di hammock. Penyewaan hammock tersedia bagi pengunjung di kawasan wisata ini. Bersantai di hammock akan memiliki nuansa unik tersendiri, apalagi saat berada di puncak.

Jangan lupa untuk mengambil selfie ketika Anda berada di tempat tidur gantung. Pastikan gaya selfie sesuai, apalagi jika di atas hammock. Selfie di atas hammock kerap menjadi hits di kalangan netizen.

8. Berfoto di tebing yang menakjubkan

Selain selfie di hammock, kawasan ini juga menawarkan spot foto keren lainnya. Pengunjung bisa berfoto di tebing yang ada di kawasan wisata ini. Untuk berfoto di atas tebing, pengunjung harus membayar tiket mulai dari Rp. 20.000.

Bahkan jika Anda harus membayar lagi untuk mengambil foto di atas tebing, hasilnya akan sepadan. Berfoto di atas tebing membuat pengunjung benar-benar menyatu dengan alam.

Fasilitas di Air Terjun Putri Palutungan

Meski merupakan tempat perkemahan, fasilitas di air terjun putri ini terbilang lengkap. Jangan khawatir jika ingin buang air karena toilet di sini cukup memadai. Selain itu, ada juga musholla dan saung untuk makan.

Kontak dan lokasi Air Terjun Putri Palutungan

Rencanakan perjalanan ke sini, air terjun ini terletak di Kabupaten Kuningan. Tepatnya di alamat Cisantana RT.07/RW.03, Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45552.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button