Tak Berkategori

Tiket & Aktivitas CURUG RAHONG Januari 2024

Air Terjun Rahong

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Rengasjajar, Cigudeg, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16660

Meski berwisata ke objek wisata berbentuk air terjun memang menyenangkan, namun tak sedikit yang membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapainya. Sebaik Air Terjun Rahong Letaknya di kedalaman hutan di Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Kawasan wisata alam ini populer karena menawarkan pemandangan air terjun yang unik. Namun untuk menikmati pemandangan ini, wisatawan harus memiliki kemauan dan ketekunan yang kuat. Selain jalannya TrekkingJalur menuju air terjun ini cukup panjang, namun juga penuh rintangan.

Biaya Masuk Air Terjun Rahong

Curug Rahong menawarkan tiket masuk dengan harga terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000 untuk memasuki kawasan wisata ini.

Baca: CURUG DENGDENG Air Terjun Bogor dengan Jalur Menantang

Jam buka Air Terjun Rahong

Air terjun ini dapat dikunjungi setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Saat hari libur seperti Idul Fitri, objek wisata ini jauh lebih ramai dibandingkan hari-hari biasa.

Pesona Air Terjun Rahong

Kawasan air terjun RahongKawasan air terjun RahongTanda masuk kawasan Curug Rahong – Foto: Google Maps/pipih piandi

Baca : Tiket Masuk CURUG BIDADAARI dan Kegiatan

Curug Rahong atau dikenal juga dengan nama Curug Rahong merupakan sebuah tempat wisata alam berupa air terjun yang ada di Cigudeg, Bogor. Air terjun ini terletak di tengah hutan liar yang masih alami. Hal ini menjadikan air terjun ini cukup menjadi tujuan wisata yang menantang karena jalurnya.

Aliran airnya berasal dari sungai Cibodas yang terletak di atas tebing batu. Pola alirannya unik dan airnya bersih. Dengan ketinggian sekitar 15 meter, Air Terjun Rahong menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Daerah penambangan pasirDaerah penambangan pasirKawasan penambangan pasir yang harus dilalui dalam perjalanan menuju Curug Rahong – Foto: Google Maps/Devi7 Setiawan

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan CURUG LEUWI HEJO

Perjalanan menuju air terjun bisa dibilang petualangan yang menarik. Air terjun ini terletak jauh dari hiruk pikuk kota Bogor di sebuah desa bernama Kedaung yang termasuk dalam kecamatan Cigudeg.

Meninggalkan Kota Bogor, jalur melewati kawasan penambangan pasir akan memperkaya perjalanan Anda. Pemandangan hijau akan berubah menjadi jalanan yang berdebu dan tandus. Kendaraan berbentuk truk pasir besar melintas. Konsentrasi saat berkendara mutlak diperlukan di sini.

Setelah melintasi kawasan pertambangan, pemandangan menjadi sejuk kembali saat memasuki kawasan pemukiman berupa perkampungan yang masih asri. Didominasi oleh jalan sempit, persawahan, perbukitan dan sungai yang jernih dan berbatu. Curug Rahong terletak di desa ini.

Rute trekking yang menantang

Jelajahi hutanJelajahi hutanJalur trekking menuju Curug Rahong terdiri dari jalur hutan dan sungai – Foto: Google Maps/Pipie Suartika

Baca: Wisata CURUG NAGA Bogor penuh tantangan

Perjalanan dengan kendaraan harus terhenti karena jalur selanjutnya hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Kendaraan dapat diparkir di pekarangan warga, biayanya harus dibayarkan kepada pemilik properti masing-masing.

Dari sini, bersiaplah untuk memulai jalur trekking yang sebenarnya. Jalur melewati hutan ini mengharuskan wisatawan dilengkapi dengan alas kaki yang sesuai seperti sandal gunung atau sepatu olahraga.

Dengan mengikuti rambu-rambu jalan sederhana yang diberikan warga sekitar, pengunjung dapat mencapai lokasi air terjun. Jalan tanah yang dilintasi membawa pengunjung melewati kawasan hutan yang masih menjadi habitat berbagai satwa liar. Keberadaan hewan seperti ular harus selalu diawasi.

Baca: Tiket Masuk Cilember 7 dan Berbagai Wahana

Jalur ini juga membentang di sepanjang sungai. Sungai ini terdiri dari bebatuan berukuran kecil hingga sedang. Setelah melintasi hutan, pengunjung harus melewati sungai ini beberapa kali. Kehati-hatian harus diberikan saat memilih batu loncatan. Oleh karena itu, pastikan Anda memakai sepatu yang bagus untuk menghindari kondisi licin.

Jalur trekking ini bukanlah jalur yang mudah bagi para lansia atau anak-anak. Selain itu, jalur ini menjadi lebih rentan bagi pejalan kaki setelah hujan turun. Jika Anda ingin berkunjung ke Curug Rahong, status kesehatan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan.

Panorama air terjun yang unik

Air Terjun RahongAir Terjun RahongBentuk Curug Rahong yang unik dan eksotis menjadi salah satu daya tariknya – Foto: Google Maps/ben7amen lubis

Baca: Tempat Wisata CURUG HORDENG Sentul

Setelah sekitar 30 menit berjalan kaki menyusuri jalur trekking menyusuri sungai berbatu dan hutan liar, pengunjung sampai di air terjun. Pemandangan air yang mengalir deras di atas tebing batu setinggi 15 meter akan menyambut kedatangan wisatawan.

Suara gemericik air dari ketinggian menjadi lagu selamat datang yang menyejukkan telinga. Curug Rahong mempunyai kontur yang tidak biasa yaitu tebing batu yang menonjol. Berbeda dengan air terjun yang umumnya mengalir hampir vertikal, air terjun ini justru berbentuk “cembung”.

Arusnya terbagi menjadi beberapa air terjun dengan ketinggian berbeda. Karena bentuknya ini, lebih tepat disebut “kebocoran air”. Dengan bentuknya yang demikian, Curug Rahong menciptakan area perairan yang luas dan memberikan kesejukan udara di sekitar air terjun.

Sungai yang dihasilkan banyak dihiasi batu-batu besar, tajam dan licin. Pemandangannya semakin lengkap dengan indahnya suasana hutan yang mengelilinginya.

Baca: 22 Air Terjun Paling Menggoda di Bogor

Kegiatan di Curug Rahong

Melompat dari tebingMelompat dari tebingCliff jumping bisa dilakukan di Curug Rahong karena banyak tebing berbatu yang tinggi – Foto: Google Maps/shine ardhania

Baca : Tiket Masuk dan Pesona CURUG NOMOR

Danau ini tidak terlalu dalam dan tidak terlalu dangkal sehingga sangat cocok untuk berenang maupun menyelam. Bagi yang menyukai aktivitas ekstrim, melompat dari bebatuan yang mengelilingi air terjun bisa menjadi tantangan tersendiri.

Rasakan sensasi melompat dari ketinggian 3 meter langsung ke dalam kolam air yang menyegarkan. Usai bermain air, Anda bisa beristirahat di bebatuan sungai sambil berjemur dan menikmati hangatnya sinar matahari.

Jika ingin memuaskan rasa lapar, pesanlah makanan di salah satu warung dan hilangkan kepenatan di gubuk-gubuk yang telah disediakan. Jangan lupa abadikan momen dengan kamera atau tingkatkan kemampuan fotografi Anda di sini.

Sedikit tips jika ingin memotret Curug Rahong: Tibalah sebelum tengah hari. Saat matahari sedang tinggi, sulit untuk memotret air terjun karena pencahayaannya kurang bagus. Letak air terjun yang tinggi memberikan efek tersendiri Lampu latar Oleh karena itu, akan sulit untuk mengambil gambar yang bagus.

Fasilitas Air Terjun Rahong

Sebelum populer, Curug Rahong belum memiliki fasilitas. Seiring bertambahnya jumlah wisatawan, warga setempat yang bertindak sebagai pengelola menambah sedikit fasilitas.

Fasilitas tersebut antara lain toilet, kamar kecil, dan warung makan dengan bangku dan gubuk. Sayangnya, kebutuhan parkir masih terbatas pada rumah warga. Jalan menuju air terjun kondisinya kurang bagus dan minim rambu-rambu.

Lokasi Air Terjun Rahong

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Kedaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari situs Gunung Munara dan Danau Tambang Jayamix. Dari Tangerang, air terjun ini bisa dicapai melalui jalur Parung Panjang. Sedangkan dari Kota Bogor bisa melalui jalur Leuwiliang atau Rumpin.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button