Tak Berkategori

Tiket & Aktivitas CURUG RHINO Januari 2024

Air Terjun Badak

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 9 pagi – 5 sore
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Desa Setiamulya, Desa Sukasetia, Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, 46153

Tasikmalaya merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang menawarkan banyak destinasi wisata. Wisatanya beragam, mulai dari kekayaan kuliner hingga alam yang indah. Salah satu tempat wisata alam yang baru dibuka pemerintah adalah Air Terjun Badak.

Air terjun ini terletak di kawasan hutan pinus yang asri. Berwisata ke sini bisa membantu melepas kepenatan sejenak dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Biaya Masuk Air Terjun Badak

Harga tiket masuk yang harus dibayar pengunjung Curug Badak relatif murah dan terjangkau, hanya Rp 10.000 saja. Biaya parkir dan sewa tikar tidak termasuk dalam tiket.

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Dengdeng Tasikmalaya dan Berbagai Aktivitasnya

Jam buka Air Terjun Badak

Kawasan wisata air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Dengan jam buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata air terjun ini adalah awal musim hujan.

Pesona Air Terjun Badak

Air Terjun Batu Hanoman BadakAir Terjun Batu Hanoman BadakAir Terjun Badak dan Batu Hanoman terletak di Gunung Talaga Bodas, Tasikmalaya – Foto: Google Maps/Ayu Lisdiani

Baca: 8 Tempat Wisata Seru di Tasikmalaya

Sebelum ramai seperti sekarang, wisata Curug sudah lebih dulu populer di kalangan masyarakat setempat. Air terjun setinggi kurang lebih 40 meter ini terletak di kawasan Gunung Talaga Bodas. Air terjun ini berdekatan dengan air terjun lainnya bernama Curug Hanoman.

Selain keindahan alam yang menjadi daya tarik tersendiri, kawasan Curug juga memiliki konsep yang lebih “kontemporer”. Hutan pinus berpadu dengan kreativitas dan menjadi tempat wisata Selfie dan kafe-kafe yang menarik, khususnya bagi kaum muda.

Air Terjun Badak

Panorama air terjun BadakPanorama air terjun BadakPanorama Curug Badak dengan dua air terjun – Foto: Google Maps/Luxman Sbk

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Taman Wisata Karang Resik Tasik

Curug Badak mengacu pada dua air terjun di kawasan Gunung Talaga Bodas. Lokasinya berada di atas tebing yang dikelilingi kawasan hutan. Air terjun tertingginya bisa mencapai ketinggian 40 meter.

Nama tersebut diambil dari sebuah batu karang yang berada di tengah aliran salah satu air terjun. Batu tersebut memiliki bentuk agak lonjong. Saat permukaan air sedang tinggi, batu tersebut tampak menonjol dari balik air yang berarus deras. Penduduk setempat menyebutnya mirip dengan cula badak, sehingga air terjun ini dinamakan Curug Badak.

Hal yang menarik dari air terjun ini adalah kandungan airnya. Ternyata air yang mengalir dari air terjun tersebut mengandung belerang. Hal ini kemungkinan karena airnya mengalir dari gunung Talaga Bodas. Di sekitar air terjun, bebatuan terlihat agak kuning karena belerang dan berbau menyengat.

Karena kandungan belerangnya, warga percaya air ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit, terutama penyakit kulit. Namun tidak disarankan untuk berenang di sekitar air terjun saat permukaan air sedang tinggi.

Air Terjun Batu Hanoman

Air Terjun Batu HanomanAir Terjun Batu HanomanAir terjun Batu Hanoman menyerupai ekor monyet atau ekor Hanoman – Foto: Google Maps/Adam Aprilian

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Ampera Waterpark Tasik

Curug Hanoman atau Batu Hanoman adalah air terjun lain yang terdapat di sekitar Curug Badak. Bentuknya landai dan menyerupai sungai yang berarus deras. Dari kejauhan bentuknya mirip ekor monyet putih. Oleh karena itu nama “Hanoman” diberikan pada air terjun tersebut.

Air Terjun Hanoman terletak di pinggir bukit. Jarak dari air terjun sekitar 25 meter. Kolam itu lebih dangkal dan lebar. Pengunjung bisa leluasa bermain air di kawasan air terjun ini.

Tempat selfie

Deretan tempat tidur gantung berwarna-warniDeretan tempat tidur gantung berwarna-warniHammock berfungsi sebagai tempat istirahat sekaligus tempat berfoto Instagramable – Foto: Google Maps/Komara Hendrayana

Baca: Tiket Masuk dan Wahana TEEJAY Waterpark Tasik

Keindahan alam kawasan Curug Badak tidak berhenti sampai disitu saja. Kawasan hutan pinus yang indah disulap oleh warga dengan sedikit kreativitas. Pengunjung kini bisa menemukan banyak spot foto bagus dan menarik di sini.

Beberapa tempat ini tidak terlihat (dan difoto) cantik, namun bisa juga menjadi tempat istirahat. Lihat saja lineupnya Tempat tidur gantung yang berwarna-warni dipasang di antara pepohonan. Pengunjung dapat menyewanya dan melanjutkan Tempat tidur gantung sambil menikmati sejuknya suasana hutan.

Selain itu masih banyak spot lainnya. Ini termasuk tempat-tempat seperti dermaga di ketinggian dan terowongan bunga. Asyiknya, pengunjung hanya perlu membayar biaya untuk mengambil foto di sini.

Wisata kuliner

Deretan kios dan kiosDeretan kios dan kiosBeragam pilihan warung makan lengkap dengan saung dan bale yang nyaman – Foto: Google Maps/Booster Coil

Jangan takut kelaparan saat berkunjung ke Curug Badak. Kawasan wisata ini banyak terdapat warung makan. Menunya beragam, mulai dari mie instan murah dan hangat hingga nasi liwet yang bisa disantap bersama.

Ramainya pengunjung di kedai kopi KopisarasaRamainya pengunjung di kedai kopi KopisarasaPengunjung menikmati kopi di tengah hutan pinus – Foto: Google Maps/Kopisarasa

Baca: Bukit Kacapi Tasik, Pemandangan Pegunungan Hijau yang Mempesona

Wisatawan juga bisa merasakan pengalaman minum kopi yang berbeda di sini. Kawasan perbukitan di atas Curug Badak menjadi lokasi kafe “modern” yang nyaman. Dengan beragam menu kopi, Kedai Kopisarasa menawarkan suasana sejuk ala pegunungan untuk menemani istirahat Anda. Jangan heran jika harus berebut tempat dengan pengunjung muda.

Fasilitas Air Terjun Badak

Air Terjun Badak sedang gencar-gencarnya diperbaiki sehingga fasilitas yang tersedia sudah memadai. Tempat parkir luas, toilet dan musala tersedia lengkap. Berbagai kedai jajanan dan kafe pun turut memanjakan selera pengunjung. Air terjun ini juga mempunyai spot Selfie itu menarik.

Lokasi Air Terjun Badak

Tempat wisata air terjun ini terletak di kawasan Gunung Talaga Bodas, tepatnya di Desa Setiamulya, Desa Sukasetia, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Wisatawan dapat melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi baik roda empat maupun roda dua karena konektivitas jalan dalam kondisi baik. Ada beberapa rute yang bisa dilalui yaitu Jalan Cisinga dan Cigorowong.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button