Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas Januari 2024

Gunung Telomoyo

  • Biaya masuk: Rp.15.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Karangbawang, Nogosaren, Getasan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, –

Mendaki gunung tanpa merasa lelah dan pegal? Kedengarannya aneh dan mustahil, namun hal itu benar-benar bisa terjadi. Gunung Telomoyo Daerah yang terletak di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang mampu mewujudkan hal tersebut. Salah satu destinasi wisata populer belakangan ini.

Di sini pendakian mendaki gunung tidak akan berat. Karena wisatawan bisa melakukan pendakian dengan kendaraan. Jalan aspal yang nyaman membentang dari pangkalan hingga puncak. Sehingga semua kalangan bisa mendaki gunung tersebut.

Biaya masuk ke Gunung Telomoyo

Wisatawan bisa mencapai pendakian dengan tiket yang relatif murah yakni Rp 15.000. Tersedia layanan penyewaan kendaraan bagi Anda yang tidak membawa kendaraan sendiri. Pengunjung dapat memilih jasa ojek, menyewa sepeda motor atau menggunakan mobil jeep.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Kopeng Treetop Semarang

Jam buka Gunung Telomoyo

Wisata pendakian Gunung Telomoyo buka 24 jam setiap harinya. Pengunjung bisa datang ke sini kapan saja. Apalagi bagi pengunjung yang ingin berburu pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam.

Wisata di Gunung Telomoyo

Lapisan awan menghiasi panorama pagi di Puncak TelomoyoLapisan awan menghiasi panorama pagi di Puncak TelomoyoGunung Telomoyo terletak di antara Kabupaten Magelang dan Semarang di Jawa Tengah. Gunung ini menarik sebagai tujuan wisata karena dapat didaki dengan kendaraan – Foto: Google Maps / vania pradipta

Kawasan Gunung Telomoyo merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Jawa Tengah. Meski demikian, gunung ini tidak pernah meletus. Kondisinya relatif aman dan ramah pendakian. Oleh karena itu, wisata pendakian di gunung ini juga ramai.

Dengan ketinggian 1.864 meter, gunung ini membentang di dua kabupaten. Kedua kabupaten tersebut adalah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Tempatnya dikelilingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Sumbing dan Ungaran. Sebab, pemandangan yang ditawarkan dari ketinggiannya membuat takjub setiap orang yang berkunjung.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI Semarang: Tiket Masuk dan Berbagai Kegiatan

Jalur pendakian

Kelap-kelip lampu Kota Salatiga terlihat dari atasKelap-kelip lampu Kota Salatiga terlihat dari atasGunung Telomoyo menyuguhkan panorama alam yang indah baik pada pagi maupun sore hari – Foto: Google Maps / ANGEN AJI

Untuk memulai pendakian Gunung Telomoyo, ada dua jalur sebagai titik awal. Jalur pertama berada di Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Bisa juga menggunakan jalur lain melalui Desa Sepakung, Kecamatan Banyubiru dan Kabupaten Semarang.

Pendakian Gunung Telomoyo menjadi viral karena banyaknya pengunjung. Hal ini tidak mengherankan, karena gunung ini sangat mudah untuk didaki. Daya tarik pendakian di Telomoyo terletak pada infrastrukturnya. Di sini pengunjung memiliki jalan beraspal dari pangkalan hingga puncak.

Jika fasilitas tersedia, pendakian juga dapat dilakukan dengan kendaraan. Yang paling populer adalah kendaraan roda dua atau sepeda motor. Ternyata berbagai jenis sepeda motor bisa melewati jalur Gunung Telomoyo yang cukup landai. Mulai dari sepeda motor matic hingga trail bisa menjajal jalur tersebut.

Baca: Tiket Masuk dan Perjalanan ke TAMAN GAJAH WATU Semarang

Siapkan kendaraan

Pengunjung menikmati Air Terjun TelomoyoPengunjung menikmati Air Terjun TelomoyoAir terjun alami di kawasan Gunung Telomoyo menjadi salah satu tempat wisata di sini – Foto: Google Maps / Tiga Murjianto

Meski terkesan sederhana, namun pendaki tetap perlu mempersiapkan beberapa hal. Yang terpenting kendaraan dalam kondisi memadai. Karena tidak ada pompa bensin di jalan untuk mengisi bahan bakar, pengunjung harus memeriksa apakah bahan bakarnya cukup. Jangan sampai kendaraan Anda kehabisan bensin sebelum sampai di puncak.

Jalur mendaki gunung kini sebenarnya cukup aman bagi pengemudi. Namun ada beberapa titik jalan yang mengalami kerusakan cukup parah. Untuk menghindari kendala, tidak disarankan menggunakan mobil pribadi menuju puncak.

Bagi yang bepergian berkelompok, tersedia pilihan untuk menyewa jeep. Pengunjung cukup memarkir kendaraannya di tempat parkir yang tersedia. Pilihan ini cocok bagi wisatawan yang ingin mencoba pengalaman pendakian yang sedikit berbeda.

Baca: Taman Wisata KOPENG Semarang: Tiket Masuk dan Aktivitas

Panorama alam

Pengunjung mengambil foto saat matahari terbitPengunjung mengambil foto saat matahari terbitWisata pendakian di Gunung Telomoyo bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Menyaksikan matahari terbit bersama keluarga dari puncak gunung kini tak sulit lagi – Foto: Google Maps / Yetty Rohaety

Selama pendakian, pengunjung menyusuri jalan berkelok-kelok menuju puncak. Dari Dalangan jaraknya sekitar 6,5 kilometer. Jalur Sepakung kini terbentang sekitar 8 kilometer. Jalur Sepakung dipilih karena kondisi jalan yang benar-benar licin.

Baca: 40 Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Sepanjang perjalanan, pengunjung dapat menikmati panorama sekitar Gunung Telomoyo. Saat hari cerah, Anda bisa melihat pegunungan di sekitar Telomoyo. Jalur ini juga melewati air terjun alami. Wisatawan bisa berhenti sejenak menikmati segarnya air.

Jika ingin menikmati pemandangan dengan cara yang istimewa, menaiki mobil jeep adalah pilihan yang tepat. Perjalanan menuju puncak gunung memakan waktu sekitar 30 menit dengan kendaraan jenis ini. Perjalanan yang lambat dan tenang cocok untuk pengunjung yang lebih tua dan lebih tua.

Baca: AYANAZ GEDONGSONGO Semarang: Tiket Masuk dan Spot Selfie

Di atas awan

Aktivis layang layang lepas landas dari landasan pacu di TelomoyoAktivis layang layang lepas landas dari landasan pacu di TelomoyoMenyaksikan pegiat olah raga layang-layang dan paralayang meluncur menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan – Foto: Google Maps / taufik adi

Daya tarik lain dari kawasan wisata pegunungan ini adalah panorama pegunungan yang mengelilinginya. Saat hari cerah, pengunjung bisa melihat kemegahan beberapa gunung sekaligus. Gunung Sumbing, Sindoro, dan Prau tampak berjajar di sebelah barat. Pada pagi hari lapisan awan membuat gunung-gunung ini melayang.

Gunung Telomoyo juga merupakan tempat populer untuk paralayang. Beberapa kejuaraan paralayang dan layang layang berlangsung di sini. Yayasan tersebut merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat para penggiat olah raga ini mengelilingi gunung.

Baca : Tiket Masuk Candi Borobudur dan Kegiatannya

Fasilitas Gunung Telomoyo

Fasilitas umum yang tersedia sangat terbatas. Sarana dan prasarana yang ada hanya sebatas infrastruktur jalan, pos keamanan dan persewaan jeep. Tidak ada warung atau toilet umum di sepanjang jalan. Untuk itu, pengunjung disarankan menyiapkan bekal sendiri pada saat kedatangan.

Baca: Tiket Masuk Punthuk Setumbu dan Aktivitas

Lokasi Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo menempati dua kabupaten yaitu Magelang dan Semarang. Jalur Magelang dimulai dari Jalan Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak. Jalan ini bisa diakses dari Jalan Magelang-Salatiga. Rute Dalangan merupakan tempat persewaan jeep.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button