Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas KALIADEM BUNKER Desember 2022

Harga tiket masuk Bunker Kaliadem: Rp 10.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat : Kinarejo, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta, Indonesia, 55582.

Bunker Kaliadem merupakan objek wisata di lereng selatan Gunung Merapi. Destinasi wisata ini memiliki banyak jejak letusan gunung berapi, terutama pada tahun 2006 dan 2010.

Tempat fenomenal ini berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut. Terletak di Kabupaten Sleman, wisatawan diajak merasakan keagungan Merapi dari jarak lima kilometer. Kawasan ini memadukan sejarah, keindahan dan keunikan alam Gunung Merapi dengan fenomena vulkaniknya.

Biaya masuk

Pengunjung dikenakan biaya tiket masuk ke kawasan wisata ini. Harga tiket bisa disebut cukup terjangkau.

Biaya masuk
tiket masuk Rp 10.000

Baca: DESA LEDOKSAMBI, Tiket Masuk dan Aktivitas Sleman

jam buka

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari bahkan pada malam hari. Buka dari pagi hingga sore hari.

Durasi jam buka
Setiap hari 24 jam

Beragam aktivitas wisata di bunker Kaliadem

Berbagai kegiatan wisata dapat dilakukan di sini. Dimulai dengan tour mendaki Gunung Merapi dengan jeep, menikmati keindahan alam pegunungan dan tentunya menjelajahi bunker. Berikut kegiatan yang bisa dilakukan.

tur jip Bunker Kaliadem

Jip Kendaraan Pilihan untuk Jalan Berpasir dan Berbatu Menuju Bunker Kaliadem Sleman Yogyakarta -wita_wionegigegaJeep jadi kendaraan pilihan untuk jalan berpasir dan berbatu menuju bunker Kaliadem – Foto: Instagram/wita_wionegigega

Wisata Bunker Kaliadem berjarak sekitar satu jam perjalanan dengan 4WD dari kota Yogyakarta. Kendaraan pribadi wisatawan hanya boleh diantar sampai ke perbatasan desa Kinahrejo. Perjalanan dilanjutkan dengan menyewa jeep atau mobil off road berkapasitas maksimal enam orang.

Wisatawan juga bisa menyewa sepeda motor jalur atau naik taksi. Kendaraan ini bisa ditemui sebelum memasuki kawasan wisata lereng Merapi dengan tarif yang berbeda-beda.

bangkit jip atau jalur, Wisatawan dipandu menyusuri jalur yang memacu adrenalin. Akses jalan cukup sempit dengan dasar berpasir dan berbatu. Perjalanan menuju lokasi menjadi pengalaman berpetualang yang menimbulkan keseruan karena medan yang menantang.

Tur Terdekat: Tiket Masuk dan Wisata Lava Tour Merapi Yogyakarta

Menikmati kesejukan hutan pinus

Situs Kaliadem merupakan kawasan hutan pinus seluas 25 hektar. Daerah ini berada di ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut.

Di arah lokasi bunker, wisatawan juga melewati kawasan yang masih asri ini. Udaranya sejuk, dengan aroma hutan pinus yang menenangkan.

Atraksi terdekat: Tiket masuk World Landmarks dan aktivitas Merapi Park

Amati Merapi dari dekat

Wisatawan bersantai dan menikmati keindahan Gunung MerapiDuduk santai dan nikmati pemandangan megah Gunung Merapi dari dekat – Foto: Instagram/khayalanava

Sampailah di Bunker KaliademWisatawan dapat menyaksikan keagungan Gunung Merapi dari dekat. Tempat ini memiliki pesona yang tidak biasa karena hanya berjarak lima kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Obyek wisata ini meninggalkan jejak pasir dan batuan vulkanik, menjadi saksi bisu dahsyatnya letusan Gunung Merapi. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan, terutama kaum muda milenial. Di ketinggian lebih dari 2.000 mdpl, keindahan kota Yogyakarta juga bisa dilihat dari atas.

Tur terdekat: STONEHENGE MERAPI Jogja Unique Stone Park

Jelajahi ruang bunker

banyak pengunjung yang mengambil foto di area bunkerWisatawan dapat memasuki interior ruang bunker – Foto: GoogleMaps/jamikun nasihin

Bunker Kaliadem sudah dibangun sejak zaman itu kolonialisme Belanda. tempat ini dibangun sebagai Berteduh sambil mengamati aktivitas Gunung Merapi. Bunker ini sudah tidak digunakan lagi karena suhunya membuat awan panas bisa masuk.

Di depan pintu bunker terdapat sebuah prasasti yang menceritakan kisah tentang bunker tersebut. Bahannya terdiri dari beton setebal 25 cm dan pintunya terbuat dari baja. Jejak letusan Merapi terlihat jelas di depan gapura utama setebal 15 cm.

Wisatawan juga bisa masuk untuk melihat ke dalam ruangan. Kedalaman bunker Kaliadem sekitar 3 meter dengan luas ruangan 12 x 8 meter. Di dalam ruangan terdapat sisa-sisa material Merapi, seperti lapisan batuan vulkanik dan pasir.

Atraksi terdekat: Tiket Masuk & Aktivitas Klangon Hill Sleman

Selfie dengan latar Merapi

lanskap perbukitan di sekitar objek wisataBerfoto dengan latar belakang keindahan Gunung Merapi yang dikelilingi perbukitan hijau – Foto: Instagram/awangelap21

Bunker Kaliadem merupakan salah satu tempat terbaik untuk berfoto dengan latar Gunung Merapi. Jaraknya cukup dekat dan memperlihatkan kontur lereng yang lebih jelas.

Sejak memasuki tempat tersebut, wisatawan sangat antusias untuk mengabadikan momen liburan. Kegagahan Merapi tentu menjadi pemandangan yang digemari wisatawan. Ditambah dengan perbukitan hijau yang asri di sekelilingnya, menimbulkan kesan tersendiri.

Baca: 18 Tempat Wisata Terbaik di Sleman Yogyakarta

Tur Malam Lava Glowing Bunker Bunker Kaliadem

Pemandangan Gunung Merapi dari bunker KaliademBunker Kaliadem Sleman Yogyakarta – Foto : GoogleMaps/Nawawie _

Wisata Bunker Kaliadem buka setiap hari selama 24 jam, termasuk pada malam hari. Wisata malam menawarkan pemandangan menarik yang hanya bisa dilihat setelah gelap. Wisatawan dapat menyaksikan fenomena menakjubkan lava cair yang mengalir di kubah lava.

Lokasi wisata Bunker Kaliadem

Untuk mencapai objek wisata ini, wisatawan dari kota Yogyakarta bisa melalui Jalan Kaliurang. Dari Solo, perjalanan bisa diakses melalui jalur Prambanan dan Cangkringan. Sedangkan dari Magelang atau Borobudur, Anda bisa berkendara melalui jalur Candi dan Turi.

Destinasi wisata ini terletak di Kinarejo, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button