Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas KARUHUN KAMPUNG Januari 2023

Harga tiket masuk Desa Karuhun: Rp 15.000 hingga Rp 30.000. Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB. Nomor Telepon : 08112182015. Alamat : Jl. Pagarbetis, Citengah, Sumedang Selatan, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia, 45311.

Berlibur ke Sumedang, jangan hanya mencicipi kelezatan yang terkenal tahun itu. Lama dikenal dengan keindahan alamnya, Sumedang kini memiliki taman hiburan dengan konsep alam. Tengara bernama Desa Karuhun Itu tidak di tengah kota yang sibuk tetapi di daerah dataran tinggi yang sejuk.

Taman ini menawarkan berbagai wahana modern yang dipadukan dengan suasana alam pegunungan dan budaya kearifan lokal. Perpaduan ini menjadikannya destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Tiket masuk Desa Karuhun

Tiket Masuk Karuhun Village tidak termasuk tiket fasilitas dan wahana khusus seperti Marak Lauk, River Tubing, Flying Fox dan lain-lain.

Harga tiket masuk Desa Karuhun
jenis tiket hari dalam seminggu akhir pekan
Tiket masuk untuk anak-anak Rp 15.000 Rp 20.000
Tiket dewasa Rp 25.000 Rp30.000

Baca: Tiket dan Aktivitas Kampung Ciherang Sumedang

Informasi penting yang perlu diketahui wisatawan:

  • Biaya masuk anak dikenakan untuk anak di atas usia 3 tahun.
  • Pengunjung yang datang ke Kampung Karuhun pasti sudah mendapatkan vaksin tersebut.
  • Pindai kode QR di tempat yang disediakan.
  • Harga tiket masuk untuk kolam renang, Spot Selfie, Lesehan, Kawasan Etnik Nusantara, Bracket Jiwa, dan wahana anak outdoor dan indoor.

jam buka

Tempat wisata ini terbuka untuk umum dari pagi hingga malam hari setiap harinya. Tempat wisata ini biasanya sangat ramai di akhir pekan dan hari libur nasional.

jam operasi
jam buka 08.00 – 16.00 WIB

Daya tarik desa Karuhun

Desa KaruhunDesa Karuhun Sumedang memiliki konsep taman ramah lingkungan – Foto: Google Maps/Devi Rinjani

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Ke Desa Toga Sumedang

Kampung Karuhun merupakan taman bermain dengan konsep kembali ke alam bertajuk “Eco Green Park”. Kawasan ekowisata ini terletak di Desa Citengah. Lokasinya agak tidak biasa, hanya di sekitar sudut, di tengah pegunungan dan dikelilingi oleh hutan.

Di lahan seluas 1,5 hektar ini wisatawan tidak akan menemukan wahana modern seperti jet coaster atau kora-kora. Taman rekreasi ini menawarkan berbagai wahana yang mendukung berbagai aktivitas alam bebas. Sebut saja Flying Fox di atas sungai, menangkap ikan, paintball dan off-road. Selain itu, wisata edukasi juga dihadirkan di sini, memperkenalkan ragam budaya lokal Indonesia.

Suasana alam yang tenang

Jajaran Saung untuk LeshanTerdapat banyak pondok untuk piknik atau tempat istirahat bagi pengunjung – Foto: Google Maps/Desa Sumedang Karuhun

Baca: 4 Tempat Wisata di Sumedang yang Menarik

Berada di kawasan wisata ini sejenak membuat pengunjung lupa bahwa mereka sedang berada di taman bermain. Dikelilingi oleh hutan alam, sungai dan perkebunan, taman rekreasi ini menawarkan suasana yang berbeda dari kawasan wisata modern lainnya.

Terdapat sungai alami yang melintasi kawasan wisata ini yaitu sungai Cihonje. Pondok lesehan yang nyaman dibangun di sekitar sungai untuk tempat duduk pengunjung. Pengunjung bisa piknik di kawasan ini secara gratis sambil menikmati sejuknya udara dataran tinggi.

Rekreasi sungai

tabung aliranSelama river tubing, pengunjung menggunakan pelampung untuk meluncur di sungai – Foto: Google Maps/Nikita Kamka

Baca: Curug Cinulang Sumedang Pesona Air Terjun Kembar

Aliran Sungai Cihonje di kawasan Kampung Karuhun bukan sekadar pemanis. Pengelola menawarkan fasilitas untuk berbagai kegiatan bersantai di sungai ini. Beragam wahana bisa dinikmati agar pengunjung mendapatkan pengalaman bermain di alam yang maksimal.

Bagi yang menyukai aktivitas menantang, tersedia wahana river tubing, flying fox, zip bike, dan aneka lauk pauk. River tubing adalah kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban terapung. Rubah terbang dan sepeda zip memberi Anda perasaan menyeberangi sungai dengan meluncur atau mengendarai sepeda di atas tali.

Menangkap ikan di sungaiBanyak kegiatan di tepi Sungai Cihonje – Foto: Google Maps/Desa Sumedang Karuhun

Aktivitas di Marak Lauk cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman memancing di sungai. Ikan yang Anda dapatkan bisa Anda bawa pulang untuk dimasak sebagai oleh-oleh. Kegiatan ini juga baik untuk melatih kemampuan kognitif dan mengenalkan anak pada alam.

petualangan off-road

Off-road di kebun tehJalur off road lintas Kebun Teh Cisoka – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Aktivitas menantang lainnya adalah berkendara off-road. Pengunjung bisa memilih naik ATV atau mobil custom. Rute off-road membawa pengunjung di jalan antara Perkebunan Teh Cisoka yang indah. Jalur ini berakhir di air terjun Cigorobog yang indah dengan aliran airnya yang jernih dan sejuk.

ledakan air di pegunungan

Ledakan air di tengah pegununganKolam renangnya waterpark modern dan nyaman – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Kampung Karuhun juga memiliki taman air yang tak kalah menarik. Water boom ini terdiri dari beberapa kolam dan dilengkapi dengan seluncuran berputar tinggi yang cukup menguji adrenalin. Rasakan sensasi berenang dan bermain air di tengah dunia pegunungan yang masih alami!

Berbagai wahana seru

Khusus untuk anak-anak masih banyak wahana yang bisa dicoba. Wahana seperti perahu mini, trampolin dan ayunan terbang yang menantang. Anak-anak pasti tidak akan bosan saat berada di sini.

mempelajari budaya

Memotret di kampung PapuaPengunjung berfoto bersama di depan replika rumah adat Papua – Foto: Google Maps/imas Badriyah Biologi

Selain wisata alam, tempat wisata ini juga tak lupa menawarkan edukasi melalui wahana wisata budaya. Ada panggung dan secara terus menerus menampilkan pertunjukan seni lokal. Saat pengunjung menikmati kemeriahan, mereka terus diiringi oleh alunan musik sunda yang upbeat.

Di sini juga ada pojok yang disebut Kampung Etnik, yang merupakan wahana pendidikan budaya yang sesungguhnya. Kawasan ini menampilkan budaya Sunda, Toraja, dan Papua melalui berbagai bangunan, pakaian adat, dan suasana yang khas di setiap daerah. Selain melihatnya secara langsung, pengunjung juga bisa berfoto dan mencoba pakaian adat dari masing-masing daerah.

pilihan akomodasi

Akomodasi di sebuah barak di desa KaruhunAkomodasi ala barak tentara yang bisa dijadikan pilihan untuk menginap – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Apakah Anda yakin ingin menghabiskan liburan Anda di sini? Saatnya memilih akomodasi yang sesuai. Berbagai pilihan akomodasi menarik tersedia. Akomodasi terdiri dari vila, gubuk, dan barak.

Di penginapan bergaya barak, semua tempat tidur berjejer seperti di barak tentara. Tapi jangan khawatir, tempatnya nyaman, bersih dan fasilitasnya lengkap. Opsi ini cocok untuk tamasya kelompok.

Perkemahan di desa KaruhunBumi perkemahan yang aman dan nyaman untuk liburan keluarga – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Di gubuk dan vila, wisatawan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Vilanya lebih modern, gubuknya lebih sederhana. Namun keduanya sama-sama nyaman dan tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Apakah Anda ingin memiliki perasaan tidur di luar ruangan? Tempat wisata ini juga menawarkan area untuk berkemah yang nyaman dan aman. Meski berada di kawasan wisata, pengunjung tetap bisa merasakan suasana alam.

Wisata kuliner asli desa Karuhun

beras timahWisatawan dapat mencoba makanan khas Sunda di rumah makan sekitar tempat wisata – Foto: Google Maps/Kampung Karuhun Sumedang

Jangan biarkan perut Anda kelaparan karena Anda akan kehabisan tenaga untuk mencoba semua wahana yang ada di sini. Mengunjungi restoran yang menyajikan masakan khas sunda. Pengunjung bisa menikmati nasi timbel dengan gurame bakar yang enak di sini. Kuliner di sini terkenal dengan cita rasa otentiknya, namun tidak menguras kantong.

perabot

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Ada tempat parkir, toilet, mushola yang nyaman, restoran, penginapan dan kolam renang. Tempat parkirnya tidak terlalu luas, disarankan untuk datang lebih awal untuk mendapatkan tempat parkir.

Lokasi Desa Karuhun

Desa wisata ini terletak di Jalan Pagarbetis, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Akses jalan sangat licin tetapi cukup sempit untuk dilewati mobil dan bus.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button