Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas Kebun Raya Baturraden Desember 2022

Biaya masuk Kebun Raya Baturraden: Rp 20.000 – Rp 25.000. Jam buka: 06.00 – 15.30. Nomor Telepon : 0281681822. Alamat : Jl. Pancuranpuh – Ekowisata Baturraden, Purwokerto, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53151.

Banyumas memiliki kawasan wisata yang juga merupakan suaka berbagai jenis tumbuhan. Atraksi ini adalah Kebun Raya Baturade yang telah dirintis sejak tahun 2001. Wisatawan dapat melihat berbagai koleksi tanaman dan bibit bahkan tanaman langka.

Sebanyak tak kurang dari 3.000 spesimen tumbuhan bisa dilihat di sini. Dengan luas total 140 hektar, terletak di kawasan wisata hutan pinus Perhutani yang rindang dan sejuk. Kebun raya ini sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

Biaya masuk Kebun Raya Baturaden

Ada biaya masuk bagi wisatawan yang ingin berkunjung dan berwisata ke kebun raya ini. Harga tiketnya cukup terjangkau.

Biaya masuk Kebun Raya Baturaden
Tiket Masuk Hari Kerja Rp 20.000
Tiket Masuk Akhir Pekan Rp 25.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana The Village Baturraden

Jam buka Kebun Raya Baturraden

Pengunjung bisa datang ke tempat wisata ini setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari pada hari kerja dan akhir pekan.

jam beroperasi
Setiap hari 06.00 – 15.30

Kegiatan wisata di Kebun Raya Baturraden

kebun rayaArea Kebun Raya Baturraden yang bersih dan rindang. Foto: Google Maps/Avuk Jimmy

Berbagai kegiatan wisata dapat dilakukan di sini. Melihat berbagai tanaman adalah kesenangan yang luar biasa. Selain itu, wisatawan juga bisa piknik, bermain di berbagai wahana dan berolahraga. Berikut beberapa hal menarik yang dapat dilakukan di kawasan wisata Kebun Raya.

Lihat Berbagai Jenis Tanaman

spesies tanaman yang berbeda Lihat berbagai jenis tanaman termasuk pembibitan. Google Maps/Toomtam Bane

Ada berbagai koleksi tumbuhan di sekitar kebun raya. Koleksi yang dimiliki kebun raya dengan konsep taman tumbuhan pegunungan Jawa ini dapat mencakup 116 famili tumbuhan. Jumlah tumbuhan dalam koleksi tersebut dapat ditambah mengingat kawasan ini merupakan cagar alam.

Pengunjung dapat melihat tanaman kantong semar, anggrek vanda, poligala, rhododendrum atau pinang, dan mandalaka. Tumbuhan yang ditanam di Kebun Raya Baturraden dilengkapi dengan rambu-rambu. Papan nama berisi nama tanaman dan bahasa latinnya, serta nama pembiaknya.

Untuk melengkapi fasilitas belajar bagi pengunjung, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas lainnya. Beberapa di antaranya adalah pembibitan, rumah kaca, rumah kompos. Ada juga rumah anggrek di koleksi kebun raya ini untuk mengenal berbagai jenis anggrek.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Lokawisata Baturraden

Pelatihan di area kebun raya

Bersepeda di kebun rayaBersepeda merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan pengunjung mengingat luasnya taman wisata. Foto: Google Maps/gazkart ben beckmann

Di kawasan Kebun Raya Baturraden sudah dilengkapi dengan jalan setapak Kenaikan untuk pengunjung. Di sekitar jalur ini terdapat berbagai jenis tumbuhan seperti pohon pinus. Pengunjung dapat mengelilingi kebun raya melalui jalur ini untuk membuat trekking lebih nyaman.

Pengunjung juga dapat mencoba memanah di area panahan. Kemudian pengunjung ditemani oleh pejabat yang mencoba tangan mereka di arena panahan. Misalnya memberikan petunjuk cara menembak dan membidik sasaran yang baik dan benar.

Kawasan taman wisata ini berada di ketinggian 600-700 mdpl, sehingga memiliki tipografi yang canggih. Dengan suhu sekitar 20-30 derajat Celcius, pengendara sepeda bisa merasa lebih nyaman saat bersepeda. Pesepeda dapat mengelilingi Kebun Raya Baturraden sambil menikmati pemandangan dan kesejukan alam.

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata Baturaden Small World

Mengambil gambar

Pengunjung bisa berfoto di Kebun Raya Baturraden, misalnya di pintu masuk atau di taman. Tumbuhan yang ada disini dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Selain itu, taman dilengkapi dengan pagar di sekelilingnya, agar tanaman tidak rusak saat masuk.

Taman ini ditata pada ketinggian yang berbeda. Sehingga ada yang berada di tempat yang cukup tinggi dan ada pula yang berada di tempat yang agak rendah. Dengan pengaturan ini, pengunjung dapat berfoto dan melihat berbagai tanaman di taman.

Baca: Tiket, Jam, Aktivitas, Fasilitas, dan Lokasi Kebun Raya Bogor

Berbagai jenis permainan

Air terjun di Kebun Raya BaturradenWisatawan juga bisa menikmati air terjun mini di kawasan wisata Baturraden sekaligus bermain. Foto: Google Maps/Exkuwin Suharyanto

Ada air terjun alami di daerah tersebut. Air terjun kecil ini dikelilingi oleh pepohonan besar. Karena saluran airnya tidak terlalu besar, pengunjung bisa bermain air di sana.

Taman wisata ini juga memiliki rumah pohon yang bisa dijadikan tempat istirahat dan bermain anak-anak. Untuk sampai ke rumah pohon, pengunjung harus menyeberangi jembatan kayu. Apalagi untuk anak-anak dibutuhkan keseimbangan dan keberanian untuk bisa melewati jembatan tersebut.

Ada berbagai macam wahana mainan disini dan salah satunya adalah jungkat-jungkit. Permainan ini dapat dimainkan oleh 2-4 orang, misalnya 1 orang pada tiap sisi mainan. Pengunjung bisa bermain jungkat-jungkit bersama anak-anak atau bersama teman dan keluarga.

Tak jauh dari jungkat-jungkit, pengunjung bisa bermain perosotan. Anak-anak bisa bergiliran bermain di seluncuran yang tidak terlalu tinggi. Saat bermain, Anda harus berhati-hati agar tidak tersandung akar pohon di dasar seluncuran.

Di taman labirin, pengunjung dapat menguji keahlian menembak dan kemampuan bekerja sama. Jika datang berkelompok, seseorang bisa memanjat ke atas pohon untuk memberi petunjuk arah. Sementara yang lain melewati labirin pagar untuk keluar dari labirin.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Caping Park Purwokerto

Memikirkan

Naik di jembatan gantungBerbagai wahana untuk anak-anak dan dewasa juga bisa dimainkan. Foto: Google Maps/ Ganang Restu Bariadi

Saat akhir pekan atau saat liburan panjang, objek wisata ini bisa menjadi tujuan wisata yang tepat. Pengunjung bisa membawa bekal sendiri dari rumah atau membelinya di Kebun Raya Baturraden.

Misalnya, pengunjung bisa menggelar tikar di dekat taman bermain untuk lebih menikmati suasana alam bersama keluarga. Sehingga Anda juga bisa melihat anak-anak bermain sambil bersantai bersama keluarga.

perabot

Pada tahun 2016, Kebun Raya Baturraden membangun rumah kaca untuk konservasi, sebuah gedung administrasi. Setelah itu dibangun taman tematik. Pada 2017, pengunjung dapat menikmati jalan inspeksi dan fasilitas lingkungan. Fasilitas pengunjung ditambah pada tahun 2018 rambu, Pujasera, kafe, dan musala.

Lokasi Kebun Raya Baturraden

Taman wisata ini terletak di Jl. Pancuran Tujuh – Ekowisata Baturraden, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi Tourist Area Manager di (0281) 681822.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button