Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas PANTAI BALEKAMBANG Januari 2023

Harga Tiket Masuk Pantai Balembang : Rp 20.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat: Dusun Sumber Jambe Desa Srigonco, Jalan Balekambang, Balaikambang, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65179.

Pantai Balekambang merupakan salah satu pantai utama kota Malang. Sejak tahun 1985 hingga saat ini, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Karena kawasan pantainya masih bersih dari sampah dan kotoran, sehingga pengunjung disini betah berlibur. Tim sepak bola seperti Arema dan Persema juga sering berlatih di sini.

Pantai berpasir putih ini sering disebut sebagai Malangs Kuta. Koneksi transportasi yang baik dan pemandangan yang indah menjadi alasan utama pengunjung. Tidak hanya wisata pantai, tetapi juga wisata religi, wisata budaya hingga wisata kuliner.

Harga tiket masuk Pantai Balekambang Malang

Karena biaya masuknya tidak mahal. Cukup dengan beberapa ribu pengunjung saja sudah bisa menikmati keindahan pantai ini.

Biaya masuk ke Pantai Balekambang
tiket masuk Rp 20.000
Pertanggungan Rp500
Karcis parkir kendaraan
roda 2 Rp5.000
roda 4 Rp 10.000
roda 6 Rp 15.000

Baca: Pantai TELUK ASMARA Malang Benarkah Mirip Raja Ampat?

Syarat dan informasi untuk mengunjungi Pantai Balekambang :

  • Patuhi protokol kesehatan yang berlaku di area pantai.
  • Anak-anak dapat mengunjungi Pantai Balekambang bersama pendamping dewasa atau orang tua.

Jam buka Pantai Balekambang

Jam buka tempat wisata ini adalah 24 jam. Namun, loket tiket hanya buka dari pagi hingga sore hari. Tempat wisata ini biasanya ramai saat hari libur nasional atau tanggal merah lainnya.

Jam buka pantai
Setiap hari 24 jam

Kegiatan wisata di pantai Balekambang

Pemandangan pantai BalembangKeindahan pantai Balekemabang dari ketinggian tak heran jika pantai ini menjadi salah satu favorit wisatawan yang berkunjung ke Malang – Instagram/wisatabatumalangguide

Berbagai aktivitas wisata di pantai ini siap menghibur wisatawan. Tidak hanya berenang saja yang menjadi aktivitas utama wisata pantai, tetapi juga aktivitas lainnya. Inilah beberapa di antaranya.

berkemah

Berkemah juga diperbolehkan di Pantai Balekambang. Pengunjung tidak perlu membayar biaya tambahan jika ingin berkemah. Karena Pantai Balekambang tidak menawarkan persewaan tenda, maka pengunjung perlu mempersiapkan diri.

Sedangkan sebagai tempat perkemahan, Anda bisa memilih kawasan pantai. Tetapi Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan pantai. Karena ada kemungkinan tenda akan tersapu ombak.

Banyak anak muda yang berkemah di pantai Balekambang pada malam hari. Biasanya dibarengi dengan kegiatan api unggun dan membakar jagung. Diiringi nyanyian dan suara debur ombak, sangat bermanfaat bagi jiwa.

Baca: Tiket Masuk Pantai Klayar Pacitan dan Beragam Aktivitasnya

Berenang

Pengunjung berenang di pantaiBerenang adalah salah satu kegiatan utama di pantai ini. Foto: Google Maps/Wahyu Suhermanto

Di pantai rasanya kurang lengkap kalau tidak berenang. Begitu juga dengan pengunjung yang diperbolehkan berenang di Pantai Balekambang. Meski demikian, Anda harus berhati-hati dengan ombak dan menghormati batasan yang ada.

Selalu ada petugas di pantai yang memantau pengunjung yang sedang bermain atau berenang. Ada juga petugas yang berjaga dengan perahu karet. Karena jika terjadi kecelakaan, petugas bisa bertindak cepat.

Tak lupa pengunjung menyiapkan baju ganti. Di Pantai Balekambang sudah tersedia toilet untuk mandi dan bersih-bersih setelah bermain air. Jika lupa membawa pakaian, pengunjung bisa membelinya di toko yang menjual oleh-oleh.

Mengunjungi pulau-pulau di sekitar Pantai Balekambang

Pulau Ismoyo, Pantai BalembangSalah satu keunikan dari pantai ini adalah Pulau Ismoyo. Di sini terdapat pura yang masih aktif digunakan oleh umat Hindu. Foto: Google Maps/Fauzi Badar

Ada 3 pulau di sekitar Pantai Balekambang yaitu Pulau Ismoyo, Anoman dan Wisanggeni. Pulau yang paling terkenal adalah Pulau Ismoyo. Bahkan, pulau ini mendapat julukan Tanah Lot Jawa karena memiliki kemiripan dengan bentuk pulaunya.

Pulau Ismoyo tidak hanya memiliki bentuk yang mirip dengan pulau, tetapi juga memiliki sebuah pura yang bisa dikunjungi pengunjung. Nama pura tersebut adalah Pura Amarta Jati. Untuk mengunjungi pura, pengunjung hanya perlu menyeberangi jembatan yang menghubungkan pantai dengan pulau.

Acara pemujaan umat Hindu biasanya diadakan di pura ini pada saat hari raya Nyepi. Karena candi ini merupakan tempat suci bagi umat Hindu, maka pengunjung harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Khusus wanita yang sedang haid dilarang masuk ke pura.

penangkapan ikan

Pengunjung juga bisa memancing di pantai Balekambang ini. Jangan lupa membawa alat tangkap sendiri. Ikan hasil tangkapan bisa langsung dibawa pulang atau dibakar saat berkemah.

dimainkan rubah terbang

Ada juga wahana di Pantai Balekambang rubah terbang. Permainan rubah terbang Itu dirilis dari 2012 dan seterusnya. Adapun wahana rubah terbang hanya buka pada hari Sabtu dan Minggu. rubah terbang Itu melintasi pantai, memungkinkan pemain untuk melihat seluruh pantai.

Bermain di sungai kecil

Untuk anak-anak yang ingin bermain dengan aman, terdapat sungai kecil di Pantai Balekambang. Penyewaan ban juga tersedia sehingga anak-anak dapat bermain dengan tenang. Untuk sewa ban bisa langsung menghubungi petugas.

Makan di pantai

Pengunjung bisa makan di pinggir pantai. Banyak warung dan kafe yang menjual makanan dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp10.000,00 hingga Rp25.000,00 per porsi.

Walaupun tidak ada larangan makan di pinggir pantai, tetap harus diperhatikan kebersihannya. Karena sangat disayangkan jika pantai yang indah ini tercemar oleh sampah.

toko cendera mata

Ada banyak toko suvenir yang berjejer di pantai. Toko ini menawarkan segalanya mulai dari kacamata, topi, pakaian, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan juga terjangkau. Bahkan bisa lebih murah jika pengunjung memiliki harga tawar yang bagus.

Bersantai di pantai

Tidak ingin basah saat bermain air? Pengunjung juga bisa berjemur atau duduk santai di pinggir pantai. Jangan khawatir kotor atau basah. Bilik di sekitar pantai menawarkan tikar untuk disewakan. Harga bervariasi dan berbeda untuk setiap toko.

Akomodasi dan hotel di sekitar Pantai Balekambang

Pemandangan pantai dari hotel di sekitar pantai BalekembangWisatawan yang ingin menginap bisa memilih homestay di sekitar pantai dengan view langsung pantai. Foto: Google Maps/Socmed Artist

Bagi wisatawan luar kota, menginap di pantai mungkin bisa menjadi pilihan. Selain lebih dekat dengan pantai, Anda bisa lebih lama menikmati keindahan pantai ini. Di sekitar pantai Balekembag terdapat berbagai penginapan dan hotel dengan berbagai fasilitas.

Akomodasi seperti Dhilpratis, Wibisono Inn, Villa Wisma Berbunga dan akomodasi lainnya. Harganya juga relatif terjangkau, mulai dari Rp 150.000 per kamar per malam. Adapun hotel arus utama sebenarnya tidak banyak pilihan di sekitar pantai. Pilihan terdekat dan paling banyak tentunya di Kota Malang yang berjarak sekitar 60 kilometer.

Akses ke Pantai Balekambang

Pantai ini secara administratif termasuk wilayah Dusun Sumber Jambe di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Padahal jarak Kota Malang ke Pantai Balekambang cukup jauh. Sekitar 60 kilometer dengan waktu berkendara sekitar 2 jam. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Bagi yang ingin menggunakan angkutan umum, rutenya agak sulit. Dari Terminal Arjosari Malang Anda bisa memilih angkutan menuju Terminal Gadang. Lanjutkan di jalur Bantur dan turun di kecamatan Pagelaran atau Gondanglegi. Dari sini sudah tidak ada lagi angkutan umum, wisatawan bisa menggunakan ojek untuk menuju pantai.

perabot

Fasilitas yang tersedia di pantai Balekambang cukup lengkap seperti :

  • Toilet
  • Akomodasi
  • stand makanan dan minuman
  • persewaan tikar
  • ruang sholat
  • toko hadiah

Alamat Pantai Balekambang

Pantai ini terletak di wilayah selatan Malang. Tepatnya di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Sekitar 60 km sebelah selatan kota Malang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button