Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas Purwakarta Stone Park Januari 2023

Biaya masuk ke Taman Batu Purwakarta: Rp 20.000. Jam buka: 08.00-17.00 WIB. Nomor telepon: +62 831-2624-2265. Alamat: Jalan Cijanun, Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia, 41164.

Taman Batu Purwakarta merupakan kolam alami dengan berbagai bebatuan besar menghiasi area tersebut. Destinasi wisata ini terletak di lereng perbukitan di kaki Gunung Burangrang. Letaknya yang berada di antara persawahan, perbukitan dan sungai memberikan suasana sejuk yang menyenangkan.

Kolam renang seluas 5000 m2 ini dibangun sejak tahun 2016. Oleh penduduk setempat, tempat ini disebut juga dengan Wisata mata air Cijanun.

Harga tiket Taman Batu Purwakarta

Wisatawan yang datang ke sini membayar tiket masuk yang cukup murah. Tiket masuk berlaku setiap hari.

Harga tiket Taman Batu Purwakarta
Tiket masuk reguler Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk Cikao Park Purwakarta & 6 Aktivitas

Semua kelompok umur memerlukan tiket.

Jam buka Purwakarta Stone Park

Taman wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Baik hari kerja maupun akhir pekan.

jam beroperasi
Setiap hari 08.00 – 17.00

Beragam kegiatan wisata

Kawasan taman batu PurwakartaKawasan Taman Batu Purwakarta lengkap dengan kolam dan pemandangan perbukitan. Foto: Google Maps/M Bahrun i Chourmain

Wisata Taman Batu Purwakarta berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Purwakarta. Seperti namanya, terdapat banyak batu alam yang tersebar di sekitar kolam. Batu-batu tersebut berasal dari Gugusan Batu Gunung Burangrang dengan ukuran yang berbeda-beda.

Taman rekreasi unik ini merupakan tempat wisata seluncuran air keluarga yang populer dengan nuansa alam yang asri. Wisatawan bisa berenang sambil menikmati panorama yang memberikan efek relaksasi.

Berenang di kolam bertingkat

Berenang di kolam alami yang segarBerenang di kolam alami yang segar. Foto: Google Maps/dhika rizkiaputri

Purwakarta Stone Park memiliki beberapa kolam berjenjang. Batu-batu dengan ukuran berbeda yang tersebar di area kolam menjadikan seluncuran air ini unik.

Kolam di taman wisata ini berasal dari mata air Cijanun yang dibendung. Air alami khas pegunungan ini masih bersih, dingin dan sebening air mineral. Air ini tidak mengandung bahan kimia seperti kaporit dan tidak menyengat mata Anda.

Baca: Taman Air Mancur Sri Baduga 6 Hal yang Harus Dilakukan

Setiap kolam berukuran 10 x 6 meter. Kedalaman kolam bervariasi tergantung usia para wisatawan yang biasanya datang bersama keluarga dan anak-anaknya. Kedalaman kolam berkisar dari satu kaki hingga 4 meter.

Nikmati panorama alam di sekitar taman batu

Purwakarta Stone Park menawarkan pemandangan perbukitan, sungai, dan sawah hijauPurwakarta Stone Park menawarkan pemandangan perbukitan, sungai, dan sawah hijau.
Foto: Google Maps/Salsabilla Fatin

Tempat wisata Mata Air Cijanun berbatasan dengan kawasan hutan yang dikelola oleh Perhutani KPH Purwakarta. Akses jalan menuju lokasi melewati perkampungan dan kebun teh warga di Kecamatan Bojong, Purwakarta.

Kolam renang di taman rekreasi ini berada di atas bukit yang dikelilingi oleh hutan alam dan perkebunan. Sambil berenang, wisatawan bisa melihat keindahan perbukitan, hutan, dan persawahan. Ketinggiannya menawarkan panorama alam yang eksotik dengan udara yang sejuk.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Giri Tirta Kahuripan Purwakarta

Area foto yang menakjubkan

kolam renang tanpa batasBersantai di kolam renang. Foto: Google Maps/explorepurwakarta

Dengan tata letak yang unik, taman rekreasi ini menjadi tempat berburu instagrammable untuk turis. Ada batu di tepi setiap kolam tempat Anda bisa duduk dan berfoto selfie.

Di kawasan ini terdapat banyak cottage dan paviliun kecil di tepi kolam renang. Saung dan Paviliun juga menjadi tempat menarik untuk mengabadikan momen liburan.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan Urban Farming Purwakarta

Panorama di sekitar kolam renang juga menjadi latar foto wisata. Dengan latar perbukitan hijau dan persawahan memberikan kesan eksotis.

Mandi di bawah air terjun buatan

Mandi dan bermain air di bawah air terjun buatanMandi dan bermain di bawah gemercik air terjun buatan di Taman Batu Purwakarta.
Foto: Google Maps/syafrsal panyalai

Pengelola objek wisata sengaja membangun air terjun buatan di kawasan wisata ini. Para wisatawan biasanya memanfaatkan guyuran air terjun ini untuk bermain air. Basah di cipratan air memberikan keseruan tersendiri.

Air terjun buatan ini juga menjadi salah satu tempat paling populer untuk berfoto.

Fasilitas Taman Batu Purwakarta

Kolam Renang Taman Batu Purwakarta menawarkan fasilitas yang memadai di kawasannya. Seperti toilet, ruang cuci piring dan ruang ganti. Saung dan gazebo di tepi kolam dapat digunakan sebagai tempat bersantai dan beristirahat.

Wisatawan juga bisa menemukan banyak restoran di sekitar tempat wisata ini. Beragam hidangan disajikan, salah satunya merupakan ikon makanan khas Purwakarta, yaitu Sate Maranggi. Ada juga beberapa penginapan dan tempat di sekitar kota tempat tidur gantung.

mengakses

Untuk menuju tempat wisata ini, ada beberapa pilihan rute.

Cara pertama: Dari Jakarta – Sadang – Purwakarta – Situ Wanayasa – Bojong – Cipeudeuy – Cijanun. Saat mendekati tempat wisata, akses jalan hanya selebar 1 mobil. Diharapkan wisatawan berhati-hati saat bertemu dengan mobil lain.

Rute kedua: Dari Jakarta – Sadang – Purwakarta – Pondok Salam – Cipeudeuy – Cijanun. Rute kedua, dengan jarak tempuh yang lebih pendek, lebih nyaman menggunakan sepeda motor. Sekitar 1 km sebelum tempat wisata, pengendara juga harus berhati-hati. Karena aksesnya hanya berupa jalur persawahan.

Lokasi Taman Batu Purwakarta

Seluncuran air alami ini terletak di Jalan Cijanun, Cipeundeuy, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41164. Atau kurang lebih 35 km dari Kota Purwakarta.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button