Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas Taman Prawatasari Januari 2023

Biaya masuk ke Taman Prawatasari: Rp 8.000 hingga Rp 25.000. Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB. Telepon : +62 813-2142-0647. Alamat: Jl. Surya Kencana No.1, Sawah Gede, Cianjur, Cianjur, Jawa Barat, Indonesia, 43212.

Selama ini pariwisata di Jawa Barat selalu dipusatkan di Bandung, Bogor atau Lembang. Kabupaten di luar Bandung dan Bogor kurang menonjol, padahal memiliki tempat wisata unggulan. Sebaik Taman Prawatasari di Kabupaten Cianjur.

Tempat wisata ini sudah ada sejak lama, namun dulu kondisinya cukup memprihatinkan. Kurangnya ketelitian dari pihak orang terdekat sehingga kondisi tidak terjaga. Namun kini taman hiburan ini kembali naik daun karena sudah banyak wahana yang bisa dimainkan.

Biaya masuk ke Taman Prawatasari

Tiket masuk ke taman ini sangat murah. Namun, Anda akan dikenakan biaya tiket tambahan untuk melakukan perjalanan di drive game. Jadi tiket yang dibayar di loket belum termasuk tiket untuk drive ke drive game.

Biaya masuk ke Taman Prawatasari
tiket masuk Rp 8.000
Wahana Berbayar
Kereta mini, gajah terbang, mobil antik Rp7.000
Mobil Boom Boom, Monorel, Istana Balon, Mobil Jarak Jauh Rp 15.000
Taman air Rp 25.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana LITTLE VENICE Kota Bunga Cianjur

Jam buka Taman Prawatasari

Taman wisata ini bisa dikunjungi setiap hari dari Senin hingga Minggu. Jam bukanya cukup panjang, dari pagi hingga sore.

jam buka
Senin-Kamis & Sabtu 08.00 – 16.00 WIB
Jumat LIBURAN
Minggu 07.30 – 15.30 WIB

Kegiatan wisata di Taman Prawatasari Cianjur

Taman rapiTaman rapi. Foto: Gmap/Putra Galuh

Taman Prawatasari merupakan ruang terbuka hijau di Kabupaten Cianjur. Tempat ini dibangun sebagai paru-paru kota, dengan banyak pohon dan tanaman yang berbeda. Selain sebagai paru-paru kota, juga dapat digunakan untuk melindungi sistem air.

Keberadaan ruang hijau ini juga bisa menjadi penghubung antar elemen bangunan di kota. Memberikan keistimewaan dalam kota dengan penataan arsitektur yang indah.

Di masa lalu, teman tur ini mendapat terlalu sedikit perhatian, membuatnya terlihat tidak terawat. Kini taman rekreasi keluarga ini mulai berbenah dan berbenah. Bukan sekedar taman, tapi berganti peran sebagai pusat rekreasi keluarga.

Baca: Tiket Masuk Taman Bunga Nusantara Cianjur dan 10 Taman Berbeda

1. Ragam permainan di Taman Prawatasari

Wahana roller coaster Prawatasari CianjurWahana roller coaster di Taman Prawatasari Cianjur. Foto: Google Maps/kardono kuswo

Taman Prawatasari juga sering disebut sebagai Lapangan Joglo karena berada di kawasan Joglo. Kini tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai permainan anak. Bahkan, taman ini juga sering disebut sebagai Cianjurs Dufan.

Meski wahana permainannya tidak sebesar Dufan, namun permainan di sini cukup lengkap. Termasuk bom mobil, gajah terbang, monorel, gocar. Ada juga seluncuran air, istana balon, balon air, dan wahana kreatif untuk anak-anak.

Ada juga wahana yang bisa ditunggangi remaja dan dewasa. Seperti kincir ria, komidi putar dan kora – kora. Namun perlu diingat bahwa tiket kendaraan dikenakan biaya untuk mengemudikan kendaraan tersebut.

Baca: Taman Kota Cianjur Tiket Terjangkau Banyak Wahana

2. Pusat Olahraga

Selain memiliki banyak wahana permainan, Taman Prawatasari juga sering digunakan sebagai tempat olahraga. Apalagi bertepatan dengan Hari Nasional di Indonesia. Tempat ini selalu digunakan untuk acara-acara penting tertentu.

Salah satunya adalah ajang olahraga bagi warga Cianjur. Hal ini dilakukan untuk memperingati hari kemerdekaan. Dan tentunya hari Minggu, saat taman itu rajin digunakan untuk olahraga.

3. Lihat 78 tanaman langka

Identifikasi foto dengan latar belakang tanaman dan bentuk hatiIdentifikasi foto dengan latar belakang tanaman dan bentuk hati. Foto: Gmap/kardono kuswo

Fungsi Taman Prawatasari sebagai paru-paru kota ditunjukkan dengan ditanamnya objek wisata ini. Bukan hanya tanaman dan bunga biasa sebagai tanaman di taman. Sebaliknya, tanaman langka ditanam di sini.

Sedikitnya 78 spesies tumbuhan langka ditanam di sini. Diantaranya tanaman berenuk, sosis bimah, kurma dan jenis tanaman lainnya. Hal ini membuat objek wisata menjadi lebih hijau dan indah.

Selain itu juga bisa menjadi taman edukasi bagi anak-anak. Mengenal berbagai jenis tumbuhan langka.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Melrimba Garden

4. Berjalan-jalan di area taman

naungan dan pemeliharaan tamanBerjalan-jalan dan nikmati suasana taman yang tenang dan rapi. Foto: Google Maps/Hilman Boss

Ruang hijau Taman Prawatasari dapat menjadi sarana untuk menghilangkan kebosanan dan penat dalam beraktivitas sehari-hari. Pengunjung dapat berjalan-jalan di taman atau duduk dan menonton pemandangan.

Taman ini terawat dengan baik dan terjaga kebersihannya. Pengelola juga mengharapkan agar pengunjung sadar akan kebersihan. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya tempat sampah di area taman.

Tips menikmati wahana di Taman Prawatasari

Wahana permainan di taman ini merupakan hasil kerjasama antara Pemda Cianjur dan PT Exotica. Meskipun demikian, administrasi pegawai dan sistem parkir masih cukup manual.

Di sini pembelian tiket masih ditangani secara manual, hanya di loket. Hal ini menyebabkan antrean panjang, terutama pada hari libur nasional.

Selain itu, pengunjung harus siap membawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Hal ini disebabkan belum tersedianya fasilitas kantin di objek wisata tersebut.

Lokasi Taman Prawatasari

Taman rekreasi ini terletak di Jalan Surya Kencana No. 1, Sawah Gede. Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button