Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas TAMAN SKY Pangalengan Februari 2023

Biaya masuk ke Pangalengan Sky Park: Rp 5.000 – Rp 35.000. Jam buka: 24 jam. Nomor Telepon : 0811 2131 220. Alamat / Tempat : Kp.Puncak Mulya, Jl. Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40378.

Taman Langit Pangalengan merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Bandung. Popularitasnya meningkat sejak viral di media sosial. Alasannya tak lain karena destinasi wisata alam ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan.
Terletak di dataran tinggi, resor wisata ini menawarkan panorama “Lautan Awan” yang menakjubkan. Penasaran bagaimana tampilannya?

Biaya masuk ke Pangalengan Sky Park

Tiket masuk Pangalengan Sky Park cukup murah. Dengan biaya yang terjangkau, pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan indah dan suasana alam. Sedangkan harga camping cukup membayar 35.000 rupiah. Padahal, harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan.













Tiket masuk Pangalengan Sky Park
Tiket dewasa Rp 15.000
Tiket masuk untuk anak-anak Rp5.000
Tiket camping (termasuk tiket reguler) Rp35.000
tiket kendaraan
Tempat parkir motor biasa Rp5.000
Tempat parkir perkemahan sepeda motor Rp 10.000
mobil biasa Rp 10.000
kafilah Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk & Pesona SUNRISE POINT CUKUL

jam buka

sebagai daerah berkemah, Pangalengan Sky Park buka 24 jam sehari. Waktu terbaik untuk berwisata adalah saat musim kemarau. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan dan hari libur.






jam operasi
Sehari-hari 24 jam

Rekreasi di Pangalengan Sky Park

Pengunjung duduk menikmati matahari terbitPangalengan Sky Park merupakan tempat wisata alam dengan panorama pegunungan dan kebun teh yang menakjubkan di selatan Bandung – Foto: Google Maps/VVIBU Jalan-jalan

Hiruk pikuk keramaian kota tanpa disadari mengundang stres. Kerumunan dan asap knalpot dari kendaraan membuat banyak penduduk kota merasa bosan. Tak heran jika banyak dari mereka mencari perlindungan di alam untuk penyegaran. Tak sulit menemukan destinasi wisata alam di Bandung dan sekitarnya.

Pangalengan Sky Park merupakan destinasi wisata alam yang layak dipilih. Terletak di Pangalengan, Kabupaten Bandung dan tidak terlalu jauh dari kota. Dengan waktu tempuh kurang dari 3 jam, wisatawan sudah bisa mengendus segarnya udara dataran tinggi. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat terbaik untuk menikmati matahari terbit dan terbenam.

Daya tarik utamanya adalah panorama alam hingga 360 derajat. Semua itu bisa dinikmati dari ketinggian 1670 mdpl. Tanah yang luas dan udara yang sejuk juga menjadi tempat yang nyaman untuk berkemah. Tentu sangat memungkinkan untuk dijadikan destinasi liburan keluarga singkat di akhir pekan.

Baca Juga: 16 Taman Rekreasi Terbaik di Bandung

Jembatan unik di tengah kebun teh

Jembatan kayu di atas kebun tehKabut menutupi area jembatan kayu di Pangalengan Sky Park – Foto: Google Maps/Nurhadi Bagus

Ada tiga tempat parkir di sini. Satu area dikhususkan untuk mobil dan sepeda motor, sedangkan sisanya khusus untuk sepeda motor. Pengunjung dapat menitipkan kendaraannya di tempat parkir 1 dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju kawasan wisata.

Alih-alih jalan setapak, pengunjung justru harus berjalan di atas jembatan kayu. Jalur ini mengarah melintasi hamparan kebun teh dengan panjang sekitar 200 meter. Fasilitas ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berfoto.

Pemandangan dari atas jembatan dijamin akan memanjakan mata Anda. Hamparan kebun teh berdampingan dengan pegunungan sebagai latar belakangnya. Pada malam hari, jembatan ini dihiasi dengan lampu-lampu yang membuatnya semakin cantik.

Kemudian di kaki jembatannya sendiri terdapat jalan setapak yang bisa dilalui oleh sepeda motor. Pengunjung yang ingin memarkir sepeda motornya di tempat parkir mobil 2 dan 3 harus melintasi jalan ini. Sebenarnya sepeda motor bisa dibawa ke tempat perkemahan. Namun, demi kenyamanan pengunjung lain, sebaiknya parkir di lokasi yang tersedia.

tempat perkemahan

Berkemah di puncak bukit Pangalengan Sky ParkSelamat berkemah di bumi perkemahan Pangalengan Sky Park – Foto: Google Maps/Ahmad Sofwan

Di bagian bawah jembatan, wisatawan mencapai perkemahan. Area di tengah kebun teh ini menawarkan ruang untuk lebih dari 20 tenda. Di kawasan ini pengunjung juga akan menemukan sejumlah spot foto yang istimewa.

Di sekitar bumi perkemahan terdapat fasilitas umum yang dapat digunakan. Fasilitas tersebut antara lain toilet, mushola dan warung. Wisatawan yang berkemah bisa membeli makanan siap saji atau jajanan di stand 24 jam ini.

Perlu diketahui bahwa tempat wisata ini berada di ketinggian lebih dari 1600 mdpl. Pada sore hari, suhu udara turun drastis. Oleh karena itu, wisatawan yang berkemah perlu menyiapkan pakaian yang tebal.

Namun bagi wisatawan yang tidak ingin diganggu, pihak pengelola Sky Park Pangalengan juga telah menyiapkan paket berkemah. Paket ini sudah termasuk tenda, matras, sleeping bag, listrik dan sarapan pagi. Ada juga persewaan peralatan camping seperti kompor dan lampu tenda.

samudra awan

suasana pagiSiluet pegunungan dan perbukitan terlihat di Pangalengan Sky Park pada pagi hari – Foto: Google Maps/Fauzan aulia

Pemandangan dari perkemahan adalah yang paling fokus. Di hari yang cerah, panorama hamparan kebun teh dan perbukitan siap menyegarkan mata. Semuanya ditampilkan hingga 360 derajat. Pengunjung dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam dari sini.

Pada pagi hari perbukitan akan tertutup lapisan awan. Adegan viral ini dikenal sebagai “Ocean of Clouds”. Awan dan kabut yang luas tampak menyelimuti Pangalengan dan sekitarnya. Sajian alami ini semakin cantik dari gardu pandang yang ada.

Suasana malam hari tak kalah mempesona. Pengunjung bisa menikmati kilatan cahaya dari pemukiman warga di kejauhan. Tak ketinggalan hamparan bintang di langit yang membuat suasana semakin hangat dan romantis.

fasilitas Pangalengan Sky Park

Pangalengan Sky Park menawarkan fasilitas pendukung yaitu tempat parkir mobil yang luas, toilet, mushola dan warung makan. Sarana rekreasi terdiri dari bumi perkemahan, jembatan kayu, spot foto, view point, dan paket happy camping.

Lokasi Taman Langit Pangalengan

Pangalengan Sky Park terletak di Desa Puncak Mulya, Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Prefektur Bandung. Tempat ini dapat diakses dengan mobil atau sepeda motor. Namun, pastikan kendaraan dalam kondisi baik karena jalan pendekat dekat lokasi didominasi oleh tanjakan terjal.

Akses ke Taman Surga

Langit malam di Pangalengan Sky ParkKeajaiban malam di Pangalengan Sky Park – Foto: Google Maps/Aji Nur Islamiansyah

Jalan kaki menuju Pangalengan Sky Park tidak terlalu sulit. Arahkan kendaraan dari Kota Bandung ke Soreang. Anda juga bisa melalui Tol Soroja untuk menghemat waktu.

Lanjutkan perjalanan menuju Banjaran. Dari sini, belok ke Jalan Raya Pangalengan hingga sampai di Pangalengan. Lurus melalui Situ Cileunca hingga sampai di Situ Cukul.

Dari Situ Cukul, lurus menuju German Villa di Jalan Cukul. Belok kanan di pertigaan dan ikuti jalan kecil menuju lokasi. Perhatikan rambu-rambu di sepanjang jalan. Jangan sungkan untuk bertanya kepada warga sekitar, ya?

Saat mendekati lokasi, medan menjadi semakin berbatu dan menanjak. Sedangkan di kanan dan kirinya adalah kebun teh yang luas. Beberapa meter sebelum gerbang, wisatawan harus menyeberang jalan dari tanah. Akses jalan ini akan sangat sulit dilalui saat musim hujan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button