Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas TEBING KERATON Bandung Februari 2023

Biaya masuk ke Tebing Karaton: Rp 17.000. Jam buka: 08.00-16.00 WIB. Nomor telepon: +62-811-844-996. Alamat/Lokasi: Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40198.

jurang istana atau lebih terkenal dengan tebing istana terletak di ketinggian 1200 m. Tebing ini menawarkan keindahan alam berupa rangkaian hutan pinus. Selain itu, dari tebing inilah hamparan keindahan kota Bandung bisa dilihat dengan lebih indah lagi. Sebuah tempat wisata yang cocok bagi pecinta aktivitas alam.

Selain keindahan alam dan perbukitan, ada beragam hal menarik yang bisa dilakukan di sini. Mulai dari aktivitas menantang hingga aktivitas relaksasi. Tidak salah jika tebing ini menjadi salah satu destinasi yang paling diminati wisatawan yang berkunjung ke Lembang.

Baca: 49 Tempat Wisata di Bandung Lengkap

Biaya masuk ke Istana Tebing Lembang

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam kawasan wisata ini harus membayar tiket masuk. Biaya masuknya cukup terjangkau dibandingkan dengan pengalaman yang akan Anda dapatkan.

Tiket Masuk Tebing Keraton Bandung
tiket masuk Rp 17.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas TAMAN HUTAN RAYA DJUANDA

Informasi penting sebelum mengunjungi Tebing Keraton / Tahura Djuanda:

  • Pengunjung yang datang dan membayar tiket masuk Tahura memiliki akses ke Maribaya Tahura dan Tebing Keraton.
  • Pembelian tiket dapat dilakukan langsung di loket tiket Tahura.

Jam buka Tebing Keraton

Tempat wisata ini buka setiap hari. Jika Anda tidak berkemah, Anda bisa datang di pagi hari untuk menikmatinya matahari terbit di Tebing Istana. Sementara bagi yang ingin menunggu sunset bisa datang pada sore hari.

Jam buka Tebing Keraton
Sehari-hari 08.00 – 16.00 WIB

Aktivitas wisata di tebing keraton

Keindahan kota Bandung dan alam perbukitan menjadi daya tarik utama di kawasan wisata perbukitan ini. Lanskap eksotis yang didukung oleh infrastruktur wisata yang baik menjadi salah satu keunggulannya. Jangan lewatkan berbagai aktivitas yang mungkin tersedia di sini, yang semuanya akan menghadirkan pengalaman baru bagi pengunjung. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di objek wisata ini.

Berfoto di depan tebing dan bukit

Tebing dan Tebing Keraton BandungKeindahan pemandangan landscape perbukitan dan ngarai di tebing Keraton Lembang. Foto: Google Map/Lanskap

Tebing-tebing di Lembang memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Dikelilingi kawasan hutan, wisatawan tidak berani berfoto. Ada beberapa spot foto yang populer dan salah satunya ada di bebatuan di pinggir tebing.

Pengunjung bisa duduk santai atau bergaya di tepian batu/tebing sebelum mengambil foto. Foto yang dihasilkan akan terlihat luar biasa. Apalagi jika memotret di pagi hari saat masih berkabut. Namun jika ingin memotret di pagi hari, sebaiknya tiba di tebing pada pukul 05:00 WIB.

Pengunjung bisa berfoto tidak hanya di atas tebing, tapi juga di sepanjang jalur pendakian yang telah ditata pengelola. Karena di ujung tebing banyak pengunjung yang mengantri untuk berfoto. Untuk mendapatkan pemandangan alam yang bagus, Anda juga bisa mengambil foto dari viewpoint.

Baca: Tiket Masuk & Tempat Wisata Puncak Bintang Bandung

Sunrise & Sunset Tebing Keraton

Pemandangan matahari terbit dan terbenam Dari kawasan wisata ini Anda bisa menikmati pemandangan perbukitan saat matahari terbenam atau matahari terbit. Foto: Google Maps/ Debby Stevia

Ketinggiannya memungkinkan pengunjung untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Saat pagi tiba, semburat kuning matahari berpadu dengan hijaunya hutan dan kabut. Sedangkan pada sore hari, sinar matahari yang keemasan bisa dijadikan latar untuk berfoto.

Waktu terbaik untuk datang di pagi hari adalah pukul 05.00-07.00 WIB. Namun, untuk mendapatkan hasil foto yang lebih cantik dan minimalis Kebisingan, bisa datang di hari kerja. Karena pengunjung lebih banyak di akhir pekan.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Stone Garden Bandung

berkemah

Di area Tebing Keraton ada Tempat perkemahan. Untuk menggunakannya, Anda dapat meminta izin terlebih dahulu kepada pengelola. Setelah itu, Anda bisa menikmati suasana Bandung dari atas tebing di malam hari. Pengunjung bisa melihat lampu-lampu dari atas tebing seolah-olah berada di langit. Juga bisa menghemat waktu untuk menuju puncak tebing di pagi hari untuk mengambil foto.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Bukit Moko Bandung

Trekking ke bukit

Mendaki ke Castle HillPengunjung akan melakukan trekking untuk menuju ke Palace Hill. Foto: Google Maps/ Antoni Oen

Pengunjung yang datang ke Tebing Keraton tidak bisa langsung naik ke atas. Kendaraan seperti mobil harus diparkir sebelum mendaki tebing. Untuk sampai ke tebing itu adalah 15-30 menit berjalan kaki.

Dalam perjalanan dari tempat parkir menuju puncak tebing, lanskap hutan hijau mendominasi. Pemandangan indah membuat trekking lebih menyenangkan, terutama saat ada keramaian. Pengunjung dapat menyusuri jalan setapak dan sesekali mengambil foto sebelum mencapai puncak tebing.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Farm House Lembang

fasilitas belajar

Ada informasi sesar Lembang di tebing Keraton Lembang. Menurut Center for Earthquake Studies, patahan atau patahan ini panjangnya 18 mil (29 km). Dengan pergerakan 3-5,5 mm/tahun, sesar Lembang dapat merusak Bandung dan sekitarnya.

Kewaspadaan bisa ditingkatkan dengan adanya tanda Sesar Lembang di dekat tebing keraton. Agar pengunjung bisa mengetahui lebih jauh atau tahu lebih banyak, di papan dengan kode QR. Pengunjung, khususnya anak muda, bisa memindai QR untuk mendapatkan informasi tersebut. Jadi, selain traveling, kamu juga bisa belajar untuk lebih waspada dan waspada, terutama saat terjadi gempa.

Baca: Tiket & Wahana CICALENGKA DREAMLAND

Sepeda

Bersepeda di tebing istanaBersepeda merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan pengunjung di kawasan tebing keraton. Foto: Google Maps/Fadil Aziz

Untuk mencapai Tebing Keraton tidak hanya dengan berjalan kaki tetapi juga dengan sepeda. Di kawasan wisata ini terdapat jalur sepeda yang bisa dilalui. Saat melintasi, baik menanjak atau menurun, tidak jarang sepeda dibawa karena kondisi jalan yang berbatu. Selain bersepeda menanjak dan menurun (lereng) menjadi salah satu atraksi paling populer bagi para pesepeda.

merenungkan

Tebing Keraton sudah memiliki dek dengan alas kayu dan pembatas yang terpasang di tepinya Besi. Di tempat ini pengunjung bisa bermeditasi. Duduk dan tenangkan pikiran sambil menikmati udara segar.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas D’Dieuland Bandung

Nikmati Biaya Pine

Hamparan pohon pinus langsung terlihat begitu sampai di anak tangga dari pintu masuk. Pengunjung bisa berfoto layaknya di hutan pinus. Atau Anda dapat berjalan di trek dari blok untuk sampai ke sudut pandang. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan kota Bandung dan hutan pinus dari atas.

Bagaimana menuju ke Tebing Istana

Transportasi menuju kawasan wisata ini tidak terlalu sulit. Menjadi lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi. Namun, jika memilih menggunakan kendaraan umum, pengunjung bisa memulainya dari jalur terminal Leuwipanjang. Dari sini lanjutkan jalur Leuwipanjang – Dago Damri, turun di pertigaan Dago dan lanjut naik bus Ciburial.

Wisatawan yang membawa mobil dapat memarkir kendaraannya di Dago Pakar. Kemudian trekking ke tebing istana. Pengunjung yang membawa sepeda motor dapat langsung menuju lokasi namun perlu berhati-hati karena kondisi jalan yang tidak terlalu bagus.

Pilihan lainnya adalah dengan menggunakan jasa ojek. Biaya yang dikeluarkan tentu saja soal negosiasi, namun rata-rata Rp 30.000 untuk satu rute. Sedangkan jika Anda meminta ojek untuk menunggu makan, Anda harus membayar biaya Rp 50.000 termasuk turun.

Fasilitas di tebing Keraton Bandung

Pengelola kawasan wisata ini telah menyediakan fasilitas umum. Beberapa di antaranya adalah tempat ibadah dan juga kamar mandi. Di sekitar kawasan wisata terdapat banyak warung dengan berbagai macam makanan dan minuman.

Lokasi tebing Keraton Lembang

Kawasan wisata ini terletak di Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat 40198. Untuk informasi seperti persiapan pernikahan atau pemotretan promosi, silakan hubungi (022) 2515895.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button