Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas TIRTA GANGGA Desember 2022

Harga tiket masuk Taman Tirtagangga: Rp 15.000 hingga Rp 50.000. Jam buka: 07.30-18.30 WIB. Nomor telepon : -. Alamat: Jalan Raya Desa Adat Abang, Ababi, Abang, Karangasem, Bali, Indonesia, 80852.

istana air Tirta Gangga merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang menawan di Karangasem. Cagar budaya ini dibangun pada tahun 1946 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem. Taman air ini juga berfungsi sebagai tempat ibadah dan mandi.

Nama Tirta Gangga terinspirasi dari Sungai Gangga, sungai suci bagi umat Hindu di India. Air di tempat ini dianggap keramat karena merupakan mata air alami dari dalam tanah.

Harga tiket masuk Tirta Gangga

Untuk mengelilingi kawasan cantik istana air ini, pengunjung harus membeli tiket masuk. Tarif masuk tempat wisata ini masih relatif terjangkau dan berlaku untuk segala usia dan periode berkunjung.

Harga tiket masuk Tirta Gangga
Tiket Masuk Domestik Dewasa Rp 25.000
Tiket masuk domestik untuk anak-anak dari 5 hingga 12 tahun Rp 15.000
Tiket Masuk Internasional Rp 50.000
Jukung/Perahu Tradisional Rp 20.000
Tiket masuk kolam renang Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk Pura Besakih Karangasem dan Aneka Kegiatannya

Informasi penting sebelum mengunjungi Tirta Gangga:

  • Wajib mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.
  • Pengunjung harus mengunduh dan memiliki aplikasi PeduliLindendi.
  • Lakukan pemindaian kode QR di tempat wisata.

Bagi wisatawan mancanegara, silahkan baca artikel ini untuk informasi lengkap tentang istana air ini (biaya masuk untuk orang asing dan aktivitas unggulan).

jam buka

Taman rekreasi istana air ini buka setiap hari pada hari kerja dan akhir pekan. Buka dari pagi hingga sore hari.

Durasi
Senin minggu 07.30 – 18.30

Beragam kegiatan wisata

Tirta Gangga semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kunjungan wisatawan rata-rata mencapai 1.000 orang per hari, kebanyakan wisatawan mancanegara.

Gerbang masuk istana air yang berbentuk gapura ini disebut sebagai julukan oleh wisatawanGerbang Surga‘. Wisatawan yang berperan sebagai tempat ibadah tetap perlu menjaga etika saat memasuki wisata pemandian Raja Karangasem.

Menikmati keindahan panorama taman

Keindahan areal taman Istana Air Tirta GanggaKeindahan area taman Istana Air Tirta Gangga semakin lengkap dengan patung-patung batu dan ornamen di atas kolam. Foto: Google Maps/Alin Herlana

Tirta Gangga terletak di tengah persawahan dan perbukitan hijau dan terlihat sangat indah dengan panorama alam. Suhu tempat wisata ini dingin dengan udara yang sejuk karena berada di ketinggian.

Begitu memasuki gerbang utama, wisatawan akan disambut oleh keindahan dan kemegahan resor tepi pantai yang terawat baik ini. Seperti yang dikatakan oleh raja-raja kuno Karangasem, pengelola dan masyarakat sekitar sangat memperhatikan kebersihan tempat tersebut.

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata Pura Lempuyang

Wisatawan juga bisa melihat Gunung Agung karena letaknya yang cukup dekat. Memang dalam keadaan aktif, Gunung Agung menawarkan daya tarik yang mengundang peningkatan jumlah kunjungan. Wisatawan umumnya ingin melihat gambar Gunung Agung dengan semburan lahar panas dan abunya.

Pesona Kompleks Taman Petirtaan

Area kompleks Istana AirBangunan Tirta Gangga berbentuk lonjong dengan berbagai kolam, ornamen dekoratif, patung, dan tanaman yang indah. Foto: Instagram/itamita15

Bangunan Tirta Gangga berbentuk lonjong seluas 1,2 hektar yang terdiri dari tiga tingkat. Bagian-bagiannya meliputi kuil, mata air, bangunan pelindung mata air, dan menara air. Terdapat berbagai kolam besar dan kecil, patung, tempat penangkaran ikan hias dan aneka tanaman.

Unsur taman dalam kawasan taman merupakan bentuk hubungan manusia, alam dan budaya yang harmonis. Hal ini menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung. Terutama arsitekturnya yang merupakan gaya khas Bali.

Baca: Tiket Masuk dan Tempat Wisata Pura Tanah Lot

Di kompleks yang dibangun oleh Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem ini juga terdapat pura yang berdiri kokoh. Tirta Gangga dibangun sebagai bentuk pengakuan terhadap masyarakat Hindu di Bali. Bagi pemeluk agama Hindu, tempat ini juga cocok sebagai tempat ibadah.

Air Suci Tirta Gangga

Taman Istana Air Tirta GanggaTaman Istana Air Tirta Gangga Karangasem.
Foto: Instagram/simonebusi88

Memasuki pelataran taman istana air ini, wisatawan akan disambut dengan suasana yang sejuk dan asri. Di sisi kanan taman terdapat kolam yang penuh dengan jalur batu hias berbentuk koin dan patung dewa. Jalur batu yang ditata mengelilingi kolam memungkinkan wisatawan untuk berjalan-jalan ke area pusat.

“Tirta” berarti air sedangkan “Gangga” adalah sungai suci bagi umat Hindu di India. Air Tirta Gangga jernih dan bersih karena berasal dari mata air alami di sekitar pegunungan. Mata air ini digunakan sebagai tempat minum dan air suci yang disakralkan oleh masyarakat Hindu Bali.

Di taman ini terdapat sebuah kolam dengan banyak ikan mas berukuran besar. Selain itu juga terdapat kolam yang berguna sebagai tempat pemandian. Setelah terkena dampak letusan Gunung Agung pada tahun 1963, pemerintah setempat merenovasinya sesuai dengan struktur arsitektur aslinya.

Berenang

Taman rekreasi ini juga menawarkan berbagai jenis kolam renang untuk wisatawan. Kolam renang tersedia untuk dewasa dan anak-anak.

Airnya berasal dari mata air pegunungan alami yang ada di sekitar lokasi wisata. Kejernihan airnya yang bersih membuat aktivitas berenang terasa alami dan menyegarkan.

Dengan kapal

dengan perahu mengelilingi istana airPerahu berkapasitas 3-5 orang ini membawa wisatawan melewati perairan Tirta Gangga yang menyerupai sungai, dan melewati area di bawah jembatan.
Foto: Instagram/bagusbaliardhi

Kompleks Tirta Gangga dengan kolam memanjang membentuk jalur bagi wisatawan untuk berkeliling. Wisatawan dapat mengarungi kolam dengan perahu.

Berkapasitas 3-5 orang, perahu ini akan membawa wisatawan menjelajahi kawasan perairan menyerupai sungai. Wisatawan juga diajak menyeberangi perairan di bawah jembatan yang menghubungkan kawasan tersebut.

Mengambil gambar

Batu undakan hias berbentuk koin merupakan kesempatan berfoto yang unik dan sangat populer di kalangan wisatawan dari Tirta Gangga KarangasemJalur batu hias berbentuk koin menjadi spot foto yang unik dan sangat populer di kalangan wisatawan Tirta Gangga. Foto: Instagram/tirtaganggaa

Bagian tengah kolam dihiasi patung dewa dan ornamen taman. Aneka tanaman dan bunga tertata rapi di sekeliling taman.

Di dalam kolam juga terdapat ikan hias yang sisiknya berkilau terkena pantulan cahaya. Ikan ini akan mendekati wisatawan karena sudah terbiasa diberi makan.

Di area taman yang asri ini, wisatawan bisa berpose di setiap sudut yang fotogenik. Salah satu tempat yang paling menarik untuk difoto di Tirta Gangga adalah kaki batu uang di tengah kolam. Wisatawan bisa berpose di atasnya yang memiliki efek mengapung di atas air.

perabot

Tempat wisata ini memiliki fasilitas lengkap khas tempat wisata. Misalnya tempat parkir, penginapan, restoran, dan warung makan.

Akses menuju situs istana air Tirta Gangga

Istana Air dapat dicapai dari beberapa lokasi. Padahal, tempat terdekat dengan kota Amlapura, ibu kota Karangasem.

Oleh Seminyak : Dari kawasan Seminyak, istana air ini berjarak sekitar 80 kilometer arah utara, sekitar 2,5 jam perjalanan. Melalui Bypass DR.Ida Bagus Mantra.

Dari Ubud: Sementara wisatawan dari kawasan Ubud lebih dekat, sekitar 60 kilometer ke arah timur. Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh 1,5 jam.

Kontak dan lokasi Taman Tirta Gangga

Taman Rekreasi Istana Air ini terletak di Jalan Raya Desa Adat Abang, Ababi, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali 80852. Jaraknya kurang lebih 6 kilometer dari pusat kota Amlapura.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button