Tempat Wisata

Tiket & Aktivitas Umbul Manten Desember 2022

Harga Tiket Umbul Manten : Rp 10.000. Jam buka: 06.00 – 18.00. Nomor telepon : -. Alamat : Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57482.

Umbul Manten adalah kolam alami yang digunakan sebagai tempat rekreasi air di Kota Klaten, Jawa Tengah. Umbul ini memiliki ciri khas tersendiri berupa pepohonan besar yang menambah keindahan kawasan tersebut.

Airnya sangat jernih, sebening kristal, sehingga wisatawan bisa melihat dasar kolam. Sejak tahun 2015, kawasan wisata pemandian alam ini sangat populer dan diserbu pengunjung.

Biaya masuk Umbul Manten Klaten

Pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati kesegaran dan keindahan kawasan wisata ini. Tarif masuk yang murah ini seolah menonjolkan keindahan alam yang memang bisa dinikmati semua kalangan.

Biaya masuk ke Umbul Manten
Tiket masuk Senin – Minggu Rp 10.000

Baca: Tiket dan Kegiatan Umbul Ponggok Klaten

Jam buka Umbul Manten

Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Tidak ada perbedaan jam buka antara hari kerja dan akhir pekan. Buka dari pagi hingga sore hari.

jam beroperasi
Senin minggu 06.00 – 18.00

Beragam aktivitas wisata di Umbul Manten Klaten

Kolam alami Umbul Manten dikelilingi oleh pepohonan yang rimbunKeindahan panorama di sekitar tempat wisata ini dikelilingi oleh pepohonan Ipik yang rimbun dan rindang.
Foto : Instagram/folk.klaten

Wisatawan di Umbul Manten dimanjakan dengan pemandangan alam yang megah dan masih asri. Atmosfernya jauh dari polusi yang merugikan lingkungan. Karena keindahannya, tempat ini dijadikan lokasi syuting iklan rokok ternama Indonesia.

Bersantai di bawah pohon Ipik

Di sekitar kolam alami banyak terdapat pohon menyerupai pohon beringin besar. Pohon Ipik yang rindang dan rimbun menjulang tinggi di sekitar area tambak. Penanaman pohon-pohon tersebut merupakan salah satu potensi yang ada di daerah ini.

Karena jumlah pohonnya yang cukup banyak, suasana di tempat wisata ini terasa sejuk. Kawasan teduh ini masih alami dan jarang terlihat sinar matahari yang menembusnya. Panorama persawahan yang hijau di kanan dan kiri juga menambah indah pemandangan.

Bersantai di hammock yang terhubung dengan pepohonan yang mengelilingi Umbul Manten KlatenBersantailah di tempat tidur gantung yang terhubung dengan pepohonan yang mengelilingi kolam alami.
Foto: Instagram/umbul_manten

Di sini turis biasa menghabiskan waktu bersantai. Wisatawan bisa bersantai dengan berayun di atasnya tempat tidur gantung terkait dengan batang pohon Ipik. Semilir angin pepohonan dan mata air terasa sejuk di kulit dan memberikan aura kebugaran.

Nikmati keindahan kolam alami

Air kolam yang jernihKolam dengan air jernih yang terkenal.
Foto: Instagram/alterimage_photography

Air kolam alami Umbul Manten berasal dari dua mata air yang selalu mengalir dan jernih. Air tawarnya selalu terjaga kebersihannya karena dasar kolam terbuat dari batu alam. Saking jelasnya, wisatawan bisa melihat bebatuan dan akar pohon di dasar kolam.

Kejernihan air kolam renangnya yang jernih saja sudah unik. Beberapa ikan lucu yang tampak sedang berenang terlihat dari permukaan. Wisatawan juga bisa bersantai dengan berbaring santai di atasnya menaruh tas di permukaan kolam.

Baca: Aktivitas dan Tiket Masuk Waterboom Umbul Cokro Tulung

Selain itu, panorama persawahan yang menghijau di kanan kiri Umbul menambah indah pemandangannya. Beberapa mata air di objek wisata ini dilarang digunakan wisatawan untuk berenang. Karena penduduk setempat memanfaatkannya untuk pengairan lahan dan untuk pembibitan ikan air tawar.

Berenang, melompat dan menyelam

Wisatawan berenang di kolam alami Wimpelmanten yang jernihKejernihan kolam renang Umbul Manten Klaten membuat berenang menjadi kegiatan yang digemari wisatawan.
Foto: Instagram/umbulmanten

Umbul Manten memiliki tiga tempat yang bisa digunakan wisatawan. Kolam utama cukup kecil, hingga kedalaman 1,5 meter. Kolam yang lebih dangkal biasanya diisi oleh anak-anak untuk bermain air di pinggirnya. Ada juga sungai dangkal dimana wisatawan bisa menikmati sejuknya air dari mata air alami.

Saat berwisata ke sini, wisatawan disarankan untuk membawa baju ganti. Karena disini merupakan tempat wisata terapung dengan sumber mata air alami. Pepohonan lebat yang menaungi kolam menghindari sinar matahari langsung.

Baca: Tiket dan Aktivitas Umbul Sewu Pengging

Apalagi saat wisatawan menyelam, kesegaran dan kesejukan airnya semakin terasa. Wisatawan bisa merasakan air jernih, terumbu karang dan ikan warna-warni menemani mereka. Beberapa wisatawan melompat dan terjun langsung ke air dengan kedalaman yang cukup aman.

Ambil foto bawah air

piknik foto bawah air yang unikWisatawan bisa berpose untuk foto bawah air di Umbul Manten Klaten.
Foto: Instagram/umbul_manten

Air Umbul Manten sangat jernih, sehingga wisatawan bisa berfoto di dalam air. aktivitas foto di bawah air menjadi favorit wisatawan. Kejernihan airnya membuat wisatawan bisa berkreasi dengan ornamen bawah laut.

Wisatawan bisa berpose dengan properti tenda di kolam seolah berkemah di bawah air. Dalam pose lainnya, wisatawan menata aksesoris makanan di atas tikar seolah sedang bertamasya. Tak sedikit pula wisatawan yang mengambil foto bawah air ini untuk sesi foto pre-wedding.

Daya tarik legenda Umbul Manten

calon pengantin melakukan pemotretan bawah air di Pennant MantenPemotretan sebelum pernikahan di Umbul Manten Klaten.
Foto: Instagram/umbul_manten

Umbul artinya kolam alami sedangkan nama Manten memiliki beberapa arti. Manten dari bahasa Jawa berarti pengantin dan mengacu pada sepasang pohon. Karena di sekitar tambak beberapa pohon tumbuh berpasang-pasangan bersebelahan.

Ada legenda tentang asal usul penyebutan Umbul Manten. Dahulu kala ada sepasang suami istri yang menghilang secara misterius dari tempat ini karena melanggar adat. Adat yang dimaksud adalah larangan keluar rumah bersama selama 40 hari setelah pernikahan.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Hutan Kota Gergunung Klaten

Saat melintasi pepohonan rindang, sang istri tiba-tiba tidak terlihat oleh sang suami begitu pula sebaliknya. Tempat menghilangnya tak jauh dari sumber yang hingga kini dikenal sebagai Umbul Manten. Mitos ini juga menjadi salah satu daya tarik tempat wisata ini.

Merayakan tradisi Padusan

Tradisi Padusan dilakukan menjelang hari pertama puasa Ramadhan. Warga biasanya mandi untuk membersihkan diri untuk menyambut bulan suci di kolam pemandian. Daerah ini merupakan tujuan berenang alami yang populer bagi masyarakat.

Setiap kali diadakan tradisi ini, tempat wisata ini selalu dipadati wisatawan. Selama momen Padusan, jumlah wisatawan bisa mencapai lebih dari 2.000 orang.

Banyak warga yang membuat Padusan di sini setiap tahun. Ini karena airnya segar, langsung dari mata air dan banyak pepohonan yang rimbun. Selain libur panjang, Umbul Manten juga menyiapkan lebih banyak petugas untuk acara Padusan.

Fasilitas wisata Umbul Manten

Fasilitas Wisata Umbul Manten cukup lengkap. Mulai dari ruang ganti, toilet dan mushola tersedia disini. Parkir juga tersedia di area yang cukup luas.

Ada juga wahana terapi ikan dan jaring ikan yang cocok untuk wisatawan bersama keluarga dan anak-anak. Aneka hidangan juga tersedia dari warung-warung makan yang banyak tersedia di kawasan wisata.

Kontak dan akses situs dari Umbul Manten

Wisata kolam alami ini berlokasi di Jl. Janti Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482, Telp/wa. Umbul Manten terletak sekitar empat kilometer dari jalur utama Yogyakarta – Solo.

Sambungan jalan cukup baik. Dari pusat kota Klaten, wisatawan bisa menuju Jatinom. Lalu pergi ke Jalan Janti dan ikuti saja rambu-rambunya. Sedangkan dari kota Klaten sendiri berjarak sekitar 13 km atau 20 menit dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button