Tempat Wisata

Tiket, atraksi, fasilitas dan lokasi Februari 2024

Danau Tao

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 09.00 hingga 17.30
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Batang Onang Baru, Batang Onang, Padang Lawas Utara, Sumatera Utara, Indonesia, 22762

Danau Tao sudah menjadi keharusan bagi wisatawan yang menyukai suasana tenang. Danau ini tidak terlalu besar. Ukurannya kecil dibandingkan Danau Toba.

Namun Danau Tao memiliki keindahan yang sangat menenangkan. Airnya berwarna bening kehijauan. Di sekelilingnya, padang rumput membentang melintasi perbukitan yang mengapit danau. Danau ini tampak seperti permata di tengah lanskap perbukitan hijau.

Di beberapa tempat terdapat formasi batuan yang menghiasi tepian danau. Banyak orang yang memanfaatkannya sebagai spot foto. Tidak jarang kita melihat ternak di atas rumput. Berbagai jenis ikan yang terdapat di danau melengkapi kekayaan alam kawasan tersebut.

Biaya masuk Danau Tao

Jika ingin menikmati keindahan telaga ini tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Biaya masuknya hanya Rp 10.000. Selain itu, parkir kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 untuk mobil dan Rp 5.000 untuk sepeda motor. Pengunjung dapat memarkir kendaraannya di lahan parkir, di area sekitar atau di pekarangan warga.

jam buka

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.30. Danau Tao lebih sibuk di akhir pekan dibandingkan hari kerja. Pengunjung juga akan lebih ramai pada saat libur sekolah dan hari libur nasional.

Nikmati keindahan dan suasananya

Objek wisata Danau TaoObjek wisata Danau TaoDanau Tao, Google Maps: Adi Hasibuan

Danau Tao diapit oleh perbukitan yang melapisi kawasan sekitarnya. Warna airnya yang kehijauan memanjang di tengah kaki bukit yang membentuk lembah. Perbukitan disekitarnya dihiasi padang rumput luas dengan pepohonan rindang. Di sini, pengunjung kerap menikmati suasana sambil mencari perlindungan dari terik matahari.

Destinasi wisata ini tak hanya menawarkan suasana tenang dan menenangkan. Angin kencang mendinginkan udara di kawasan itu. Lokasinya jauh dari sumber polusi udara dan suara seperti di perkotaan. Suasananya yang tenang dan udaranya yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama.

Selain itu, pemandangan danau dan sekitarnya sangat indah. Pengunjung bisa menikmati suasana danau dengan airnya yang hijau dari atas. Rasa penat dan penat akan langsung hilang dengan suasana yang ditawarkan destinasi ini.

Relaksasi keluarga dan spot foto menarik

Bebatuan di sekitar Danau TaoBebatuan di sekitar Danau TaoTitik foto batu di pinggir Danau Tao, foto: Google Maps, Abdu Hariandy Harahap

Tempat wisata ini juga bisa menjadi tujuan rekreasi keluarga. Jangan khawatir anak-anak bosan di sini. Di salah satu kawasan perbukitan terdapat ayunan yang bisa digunakan untuk bermain.

Terdapat juga hammock untuk bersantai di antara dua pohon. Ayah dan Bunda bisa menikmati alam sambil melihat anak-anak bermain di ayunan atau hammock. Jangan lupa untuk membawa jajanan favorit keluarga Anda.

Dengan mengisi waktu luangnya, anak bisa lebih dekat dengan alam dan belajar mencintainya. Banyak pengunjung juga menggunakan ayunan dan tempat tidur gantung sebagai kesempatan berfoto. Di sini pengunjung bergaya dengan danau di bawah dan bukit-bukit sebagai latar belakangnya.

Terdapat spot foto lain berupa bongkahan batu di beberapa tempat di pinggir danau. Latar belakangnya dibentuk oleh warna bebatuan, tanah, dan danau yang berwarna hitam, kecoklatan, dan kehijauan. Foto menjadi lebih estetis berkat nuansa alam yang ditawarkan di sini.

Piknik dan memancing

Bersantailah di tempat tidur gantung dan nikmati matahari terbenam di Danau TaoBersantailah di tempat tidur gantung dan nikmati matahari terbenam di Danau TaoTempat tidur gantung di perbukitan. Foto Google Maps: Jehan

Kawasan perbukitan sangat cocok dijadikan tempat piknik bersama keluarga atau teman. Pihak pemerintah menyediakan bangku dan meja kayu di dekat pepohonan yang ada. Selain itu, ada juga Bale-Bale yang berfungsi sebagai tempat makan bekal makan siang. Atau pengunjung dapat membawa alas duduk seperti alas piknik dan permadani.

Menikmati alam sambil berbaring juga tak kalah seru. Mata memandang suasana alam dengan suasana sejuk ditemani makanan dan minuman ringan. Pemandangan di Danau Tao begitu mempesona. Danau seluas 2 hektare ini selain indah, juga menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan. Oleh karena itu, Anda sering melihat para pemancing duduk-duduk di tepi danau sambil membawa pancing.

Pengunjung juga bisa mengikuti kegiatan ini. Ikan yang ditangkap kemudian bisa dipanggang dan dinikmati bersama. Namun, Anda harus membawa semua perlengkapan sendiri karena tidak ada tempat persewaan.

Nikmati sore hari dalam suasana pedesaan

Sore hari dengan suasana pedesaan di Danau TaoSore hari dengan suasana pedesaan di Danau TaoWarga memelihara ternak di perbukitan sekitar danau. Foto Google Maps: Ramadhan

Danau Tao tidak jauh dari pemukiman penduduk. Sebagian besar memelihara ternak untuk makanan dan penghidupan. Oleh karena itu, Anda sering melihat banyak hewan ternak yang merenung di padang rumput. Ternak juga memanfaatkan air danau untuk minum.

Pemandangan yang langka di perkotaan. Suasana pedesaan ini sungguh menenangkan pikiran. Selain itu, kawasan wisata di danau ini tutup pada pukul 17.30 sehingga pengunjung dapat menikmati sore hari. Jika ingin menikmati teh atau kopi panas, Anda bisa memesannya di warung kecil tersebut.

Perabot

Meski terletak di antara perbukitan, destinasi Danau Tao memiliki lahan parkir yang luas. Tak hanya sepeda motor, mobil juga bisa diparkir di kawasan ini. Namun kondisi lahan parkir masih kotor dan tidak dilapisi mortar atau aspal. Penduduk setempat membuka warung kecil yang menawarkan makanan dan minuman ringan.

Tidak ada ATM atau mini market di sekitar danau. Oleh karena itu, pengunjung harus mempersiapkan segala kebutuhannya untuk mengunjungi tempat ini. Bawalah uang secukupnya agar liburan bisa berjalan lancar. Bagi pengunjung dari luar kota, tersedia penginapan di Padang Sidempuan.

Lokasi Danau Tao

Telaga Tao terletak di Desa Batang Onang, Kecamatan Pasar Matanggor, Padang Lawas Utara. Jarak tempuh dari Padang Sidempuan adalah 48,3 km atau sekitar 1,5 jam dengan kendaraan bermotor. Dari Kabupaten Tapanuli Selatan waktu tempuh menuju Danau Tao relatif sama dengan jarak sekitar 50 km.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button