Tempat Wisata

Tiket & Atraksi Februari 2023

Biaya masuk ke Kebun Binatang Semarang: Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Jam buka: 08.00 – 16.00 WIB. Nomor Telepon: 082135253180. Alamat/Lokasi: Jalan Raya Mangkang, Mangkang Kulon, Ngaliyan, Mlaten, Sumberejo, Kaliwungu, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50186.

Kebun Binatang Semarang atau dikenal dengan Kebun Binatang Mangkang, telah menjadi destinasi populer bagi para wisatawan. Wisatawan asal Semarang dan sekitarnya kerap berduyun-duyun ke tempat ini saat liburan. Kebun binatang yang terletak di perbatasan antara Semarang dan Kendal ini memiliki koleksi satwa yang sangat banyak. Di sini wisatawan bisa langsung berinteraksi dengan beberapa satwa seperti burung, ular, gajah dan lain-lain.

Tak hanya itu, tempat ini semakin menarik karena terdapat permainan untuk anak-anak. Baru-baru ini ada juga wahana off-road baru untuk tua dan muda. Kebun binatang ditutup sementara karena pandemi Covid-19. Namun kini telah dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan yang disiplin.

Tiket masuk Kebun Binatang Semarang

Objek wisata ini memungut biaya masuk yang sangat terjangkau. Lebih uniknya lagi, kamu tidak membeli tiket langsung dari petugas di sini. Tetapi dapat membeli dan mengambil tiket dengan pembayaran tanpa uang tunai mesin penjual. Harga tiket ini sudah termasuk permainan di kebun binatang.

Tiket masuk Kebun Binatang Semarang
jenis tiket Senin Jum’at Sabtu Minggu Liburan
Tiket masuk reguler Rp 20.000 Rp 25.000 Rp30.000

Baca: Tiket Masuk DUSUN SEMILIR Semarang dan 5 Wahana Seru

Informasi penting sebelum mengunjungi Kebun Binatang Semarang:

  • Patuhi protokol kesehatan saat berkunjung.
  • Tiket masuk gratis 1 kali bermain di Playplay Zoo.
  • Anak-anak dengan tinggi lebih dari 80 cm membutuhkan tiket.

Jam buka Kebun Binatang Semarang

Tempat wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Namun, jam operasional di akhir pekan dan hari libur lebih lama dibandingkan hari biasa. Pengunjung bisa puas melihat aneka satwa dan bermain di wahana yang tersedia.

jam operasi
Senin Jum’at 08:00 – 16:00 WIB
Sabtu, Minggu & Hari Libur 08:00 – 17:00 WIB

Menjelajahi pendidikan di Kebun Binatang Semarang

Menonton rusa berbintik putihMenonton rusa berbintik putih. Foto: Gmap/Hengky Nando

Berwisata ke kebun binatang tentunya tidak hanya menghibur, tetapi juga memiliki nilai edukasi tersendiri. Hal ini juga yang disampaikan Kebun Binatang Semarang dalam memberikan hiburan wisata. Beragam spesies hewan terdapat di sini, mulai dari jenis burung, mamalia, primata hingga jenis ikan. Setidaknya ada 281 koleksi satwa dari 51 spesies.

Di sini wisatawan dapat melihat binatang yang berbeda di setiap daerah. Ada area luar ruangan khusus untuk mamalia besar. Seperti unta dan jerapah yang ditempatkan di area terbuka khusus yang dikelilingi pagar besi. Ini juga memiliki tempat khusus untuk pelikan di daerah yang memiliki kolam, sehingga burung dapat terbang di atasnya.

Selain satwa hidup, wisatawan juga bisa melihat satwa yang diawetkan di museum. Selain itu, traveling jadi lebih menyenangkan karena ada berbagai permainan anak. Dan jangan lewatkan drive game dewasa.

Baca: Tiket Masuk SALOKA PARK dan 7 Wahana Seru

Berinteraksi dengan hewan

Berinteraksi dengan Elephant RideBerinteraksi dengan Elephant Ride. Foto: Gmap/Sri Bintoro

Selain melihat satwa, wisatawan di kawasan tersebut juga bisa berinteraksi langsung dengan satwa. Misalnya dengan menggendong anak harimau sambil berfoto dengan gembira. Atau pegang ular jinak dan lilitkan di leher Anda saat mengambil foto. Di area burung, wisatawan juga bisa berfoto dengan banyak burung sambil memegangnya.

Jika ingin bersantai sambil jalan-jalan, naik gajah bisa jadi pilihan. Wisatawan akan berkeliling kandang gajah sambil duduk di punggung gajah. Goyangan setiap langkah gajah menimbulkan sensasi tersendiri.

Anda tidak perlu khawatir untuk berinteraksi dengan hewan karena hewan di sini jinak. Meski ada harimau liar, namun harimau di sini jinak dan sudah terbiasa dengan turis. Tentunya wisatawan juga harus bisa menjaga diri di sekitar hewan tersebut. Yaitu dengan tidak membuat suara apapun yang membuat takut atau stres hewan tersebut.

Baca: Wisata Kolonial Kota Lama Semarang

Kunjungi museum hewan

Hewan yang diawetkan di museumHewan yang diawetkan di museum. Foto: Gmap/Agus Susilo

Salah satu yang menarik di Kebun Binatang Semarang adalah Museum Satwa. Ada berbagai hewan yang diawetkan di sini. Hewan ini berasal dari hewan di kebun binatang yang sudah mati. Entah karena sakit atau karena usia lanjut.

Sekitar 30 hewan dipelihara di sini. Ada macan tutul, rusa, naga, elang, monyet, dan orangutan. Hewan-hewan ini ditempatkan pada pajangan khusus. Dengan background berbentuk alam sehingga seolah-olah berada di tempat aslinya.

Kebun binatang tidak berambisi untuk memperluas koleksi museum. Jadi itu hanya menambah ketika hewan mati. Karena kalau dipaksakan, berarti banyak hewan yang mati. Dan bukan itu yang diinginkan kebun binatang.

Baca: 46 Tempat Wisata Menarik di Semarang

Jelajahi alam dengan jip

Wahana yang satu ini merupakan wahana baru yang sangat seru. Itu salah satu inovasi kebun binatang melalui kerja sama dengan komunitas mobil Jeep. Wahana ini bernama My Trip Zoo Adventure. Dalam kegiatan ini wisatawan akan berpetualang dengan mengendarai jeep. Wisata ini tidak hanya seru, tapi juga penuh adrenalin.

Wisatawan menjelajahi alam, menyeberangi sungai dan melintasi hutan jati. Ditambah dengan melewati Sendang Kaliancar selama perjalanan melalui kearifan lokal. Rencananya juga pihak pengelola akan bekerjasama dengan tempat wisata lainnya seperti Tinjomoyo agar penganiayaan menjadi lebih seru.

Untuk kegiatan ini, wisatawan harus membayar biaya sebesar Rp 450.000 per mobil. Satu mobil kini bisa diisi tiga sampai empat orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk Kebun Binatang Semarang dan berbagai wahana di dalamnya. Selain itu, wisatawan juga menerima sembako di tempat tujuan.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI: Tiket Masuk dan Beragam Aktivitas

Game drive di Kebun Binatang Semarang

Water boom untuk anak-anak di Kebun Binatang SemarangWater boom untuk anak-anak di Kebun Binatang Semarang. Foto: Gmap/Dini Purwanti

Setelah puas mengamati dan berinteraksi dengan hewan, tidak perlu buru-buru pulang. Wisatawan bisa menikmati berbagai wahana di sini. Ada wahana yang berbeda untuk anak-anak dan dewasa.

Wahana populer untuk anak-anak antara lain Outbound, Flying Fox, dan Mini Waterboom. Di sini anak-anak bisa meluncur ke bawah seluncuran yang tidak terlalu tinggi sehingga menambah keamanan. Dan tentunya anak-anak akan senang di wahana Play Play Zoo.

Lokasi Kebun Binatang Semarang

Kebun binatang ini terletak di Desa Sumberejo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Terletak di perbatasan antara Semarang dan Kendal. Untuk mencapainya Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Karena di depan kebun binatang ada Terminal Mangkang, jadi bisa juga menggunakan BRT.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button