Tempat Wisata

Tiket, atraksi, kegiatan menyenangkan, dll

Terdapat dua pulau dengan nama yang sama di Indonesia yaitu Pulau Kelor yang terletak di Kepulauan Seribu dan di Nusa Tenggara Timur.

Jika Anda mengunjungi Pulau Kelor di Nusa Tenggara Timur, Anda juga bisa mampir ke Taman Nasional Komodo. Namun pembahasan kita kali ini berkaitan dengan pulau-pulau di Kepulauan Seribu di Provinsi DKI Jakarta.

Dari beberapa situs yang membahas Pulau Kelor di Kepulauan Seribu, selalu saja ada yang membahas sejarah dari tempat wisata yang satu ini.

Awalnya, pulau ini bernama Pulau Kherkof yang berbatasan dengan Pulau Onrust, Cipir, Petodan, dan Bidadari, yang juga menjadi salah satu tujuan wisata paling populer bagi pecinta laut.

Walaupun terpencil, ternyata fasilitas yang ada di pulau ini lumayan bagus juga, selain dermaga kapal di pulau ini sudah dilengkapi dengan fasilitas kabin untuk bersantai, toilet umum dan masih banyak lagi.

Wisata Pulau Kelor lewat Pikiran RakyatWisata Pulau Kelor lewat Pikiran Rakyat

Jika kita berbicara tentang sejarah Pulau Kelor di Kepulauan Seribu, ternyata wisata ini juga merupakan salah satu daerah yang diduduki oleh Belanda dan VOC, sehingga Anda akan menemukan banyak peninggalan sejarah beserta pantai yang menakjubkan di wisata ini sampai hari ini.

Salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Banteng Martello yang berdiri di pinggir laut dikelilingi pasir putih. Banteng ini sudah berumur berabad-abad, terlihat dari bangunannya yang hanya terlihat seperti batu bata khas jaman dahulu.

Banteng Martello digunakan untuk menampung meriam yang sangat besar yang dapat berputar 360 derajat. Saat Krakatu meletus pada tahun 1883, banteng Martello juga merasakan dampaknya, meski tidak hancur total.

Kunjungi juga: Liburan seru di Pulau Pari Kepulauan Seribu

Tempat Wisata di Pulau Kelor

Letak pulau ini berada di Kepulauan Seribu, sebelah utara ibu kota Jakarta. Letak Pulau Kelor berdekatan dengan pulau Onrust, Bidadari, Cipir dan Patondan yang dahulu dikenal dengan nama Makam Tujuh Kapal.

Untuk menuju Pulau Kelor sangat mudah untuk mencari transportasi menuju ke sana. Jika Anda datang dari Jakarta Pusat, Anda harus berkendara ke Dermaga Muara Kamal sebelum menyeberang ke Kepulauan Seribu. Di Dermaga Muara Kamal Anda akan diantar menuju Pulau Kelor.

Selain Dermaga Muara Kamal, Anda juga bisa menuju Dermaga Marina Ancol. Anda bisa menyewa speedboat di Dermaga Marina Ancol. Speedboat menampung banyak orang sesuai dengan ukurannya masing-masing.

Periksa juga: 10+ Aktivitas Seru Untuk Wisata di Pulau Pramuka

Biaya ke Pulau Kelor

Duduk santai sambil menikmati pemandangan laut yang indah.  Karena setiap pulau yang Anda kunjungi juga memiliki bangunan bersejarahDuduk santai sambil menikmati pemandangan laut yang indah. Karena setiap pulau yang Anda kunjungi juga memiliki bangunan bersejarah

Tentunya bagi anda yang tertarik untuk berkunjung ke Pulau Kelor, anda perlu mengetahui terlebih dahulu berapa biaya yang akan anda keluarkan.

Salah satu biaya utama adalah biaya transportasi menuju pulau kelor ini. Anda bisa memilih rute sendiri, baik dari Muara Kamal, Marina Ancol atau Tanjung Pasir.

Biaya parkir di setiap dermaga bervariasi dari 8.000 hingga 20.000. Harga tiket kapal penyeberangan sekitar 100.000 rupiah, biaya ini juga bisa berubah tergantung jenis kapal apa yang anda tuju nantinya.

Harga tiket masuk ke Pulau Kelor sekitar 5.000 rupiah, harga tiket masuk ini sewaktu-waktu dapat berubah tergantung pengelola.

Jika membutuhkan pemandu wisata, Anda harus merogoh kocek lagi 250.000 rupiah. Biaya diatas masih merupakan biaya pokok saja, jika ingin lebih hemat lagi anda bisa menggunakan jasa paket tour dibandingkan dengan solo tour di Pulau Kelor.

Bersantai di pantai berpasir di Pulau CipirBersantai di pantai berpasir di Pulau Cipir

Kunjungi juga: 15 Tempat Wisata di Pulau Tidung

Pesona Pulau Kelor

Apa yang membuat pulau ini begitu menarik untuk dikunjungi? Berikut ini pesona keindahan Pulau Kelor yang mampu memukau semua orang:

1. Menghadirkan tampilan pantai yang mempesona

Pemandangan Pantai yang Menakjubkan di Jakarta via Mysearching.wordpresscomPemandangan Pantai yang Menakjubkan di Jakarta via Mysearching.wordpress.com

Pantai di pulau ini sangat indah. Anda akan dihadapkan dengan pasir putih yang membentang di pulau ini. Pantai-pantai di Pulau Kelor begitu indah dan mulus sehingga kita akan merasa nyaman berada disini.

Selain itu, air lautnya juga terlihat begitu menawan dengan air yang jernih dan ombak yang relatif tenang membuat Anda bisa bermain air pantai dengan tenang dan nyaman.

2. Benteng Mortello, peninggalan VOC

Fort Mortello, peninggalan VOC melalui KompaFort Mortello, peninggalan VOC melalui kompas

Pulau ini juga punya sisi lain lho, karena ada Benteng Mortello peninggalan VOC. Benteng ini menjadi saksi sejarah yang kini tinggal reruntuhan.

Benteng itu sendiri dibangun oleh VOC pada abad ke-17. Benteng ini bernama Fort Mortello, yang berasal dari kata Italia Mortella, yang berarti palu.

Fort Mortello, peninggalan VOC, bentuknya sendiri melingkar. Ada juga fungsi dari benteng ini untuk mempertahankan daerah dari gempuran Spanyol, Portugis dan bajak laut. Benteng ini mengalami kerusakan besar sebelum tahun 1883.

3. Mengunjungi dua pulau lainnya

Mengunjungi dua pulau lain melalui KataomedMengunjungi dua pulau lain melalui Kataomed

Selain mengunjungi Pulau Kelor, Anda juga bisa menjelajahi pulau-pulau lain yang tak kalah menarik bagi kami. Pulau berikutnya yang menarik perhatian kita adalah Pulau Onrust dan Pulau Cipir.

Nama Onrust berasal dari bahasa Belanda dan berarti “tidak pernah istirahat” dalam bahasa Indonesia. Pulau Onrust sendiri telah berubah fungsi dari persinggahan kapal menjadi tempat peristirahatan keluarga Kesultanan Banten, pangkalan militer, kamp pengasingan, dan tempat karantina peziarah.

Adapun destinasi pulau selanjutnya yaitu Pulau Cipir atau Pulau Kayangan yang memiliki keindahan yang sangat memukau dengan prasasti kuno dan bekas reruntuhan rumah sakit.

4. Perlengkapan liburan yang dibutuhkan

Perlengkapan liburan yang dibutuhkan via IG @richaeuPerlengkapan liburan yang dibutuhkan via IG @richaeu

Agar liburan Anda tak terlupakan, jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang sesuai. Salah satu peralatan yang wajib dibawa saat berlibur ke pulau ini krim matahari untuk melindungi kulit Anda dari terik matahari.

Selain tabir surya, sebaiknya Anda juga membawa topi atau kacamata hitam, baju renang, baju ganti dan handuk, serta berbagai barang lainnya agar aktivitas bermain pantai Anda semakin seru.

* * * *

Demikian ulasan tempat wisata Pulau Kelor yang bisa Anda jadikan sebagai tujuan wisata bersama keluarga atau orang tersayang. Mungkin berguna.

Kunjungi juga: 19 Destinasi di Kepulauan Seribu

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Back to top button