Tempat Wisata

Tiket BUKIT MONGKRANG Lawu dan berbagai atraksi Januari 2024

Bukit Mongkrang

  • Biaya masuk: Rp10.000-Rp. 20.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Tlogo, Dringo, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57792

Tidak semua orang menyukai aktivitas mendaki gunung. Selain membutuhkan fisik yang kuat, tantangannya pun bervariasi dan tidak terduga. Tapi masuklah Bukit Mongkrang yang di Karanganyar ini harusnya diminati banyak orang.

Salah satu destinasi wisata terpopuler di Karanganyar terletak di kawasan Pegunungan Lawu. Bukit Mongkrang seringkali menjadi tempat yang cocok bagi para pemula untuk meningkatkan kemampuan pendakiannya. Dataran tinggi ini juga menyuguhkan pemandangan indah yang bisa dijadikan latar spot foto menarik.

Biaya masuk ke Bukit Mongkrang

Untuk memasuki kawasan Bukit Mongkrang, harga tiket masuknya sebesar Rp 10.000. Lalu ada biaya tambahan bagi yang ingin camping, biayanya Rp 20.000.

Baca: Biaya Masuk Sakura Hills Karanganyar dan Wahana Ala Jepang

Jam Buka Bukit Mongkrang

Bukit ini terbuka untuk umum 24 jam sehari, setiap hari. Kunjungan akan meningkat pada hari libur dan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebaiknya pendakian dilakukan pada pagi atau sore hari untuk menghindari teriknya sinar matahari siang.

Baca: Tiket Masuk CETHO CANDI dan 5 Objek Wisata Menakjubkan

Pesona Bukit Mongkrang

Bukit MongkrangBukit MongkrangBukit Mongkrang terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Karanganyar – Foto: Google Maps/Rahmat Fauzan Dwi Hargo Putro

Bukit Mongkrang merupakan bukit sabana yang berada di ketinggian 2.197 meter di atas permukaan laut. Bukit ini masih satu kawasan dengan Gunung Lawu dan dekat dengan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Letak geografisnya yang merupakan kawasan berumput yang ditumbuhi ilalang, menawarkan panorama indah dan menyegarkan mata.

Kawasan yang merupakan kawasan wisata ini sebenarnya terdiri dari dua puncak, yakni Candi Mongkrang 1 dan 2. Wisatawan umumnya hanya mendaki ke puncak Candi Mongkrang 1.

Namun jika fisik Anda sehat, tidak ada salahnya melanjutkan perjalanan menuju Bukit Mongkrang. Kontur dan jalan setapaknya yang landai menjadikan tempat wisata ini sebagai alternatif rekreasi alam yang menyenangkan.

Baca: 12 Tempat Wisata Terbaik di Karanganyar

Pendakian yang mudah

Tempat parkir TlogodringoTempat parkir TlogodringoLapangan Tlogodringo, area parkir wisata Bukit Mongkrang – Foto: Google Maps/Koh HalimtrotoartrotoarJalurnya landai dan bisa dilalui oleh siapa saja tanpa memerlukan keahlian khusus pendakian – Foto: Google Maps/Imam Sujatmiko

Bukit Mongkrang merupakan alternatif yang tepat bagi pendaki pemula. Sebelum melesat ke Gunung Lawu dan gunung lainnya, ada baiknya bagi yang belum berpengalaman membiasakan diri dengan medan yang paling mudah. Bukit Mongkrang adalah salah satunya.

Untuk mencapai puncak, wisatawan harus berjalan kaki dari tempat parkir. Jangan bayangkan rute menantang yang melewati tepian jurang atau menembus hutan. Di sini kontur bukitnya cenderung landai dengan sedikit rintangan. Jalan setapak yang tersedia cukup lebar dan nyaman.

Jika kondisi fisik Anda bagus, perjalanan menuju puncak bisa memakan waktu sekitar satu jam. Dengan pemandangan indah di sekeliling Anda, perjalanan tidak akan memakan waktu terlalu lama. “Mendaki” Bukit Mongkrang tentu akan semakin seru bersama teman dan kerabat.

Baca: Candi Sukuh Karanganyar merupakan keunikan candi terakhir pada zaman Hindu

Padang rumput

Area berumput diselimuti kabutArea berumput diselimuti kabutRerumputan dan ilalang diselimuti kabut di kawasan Bukit Mongkrang – Foto: Google Maps/RideR SFUPanorama Gunung Lawu dilihat dari Bukit MongkrangPanorama Gunung Lawu dilihat dari Bukit MongkrangPemandangan Gunung Lawu secara menyeluruh dari atas bukit saat cuaca cerah – Foto: Google Maps/muhtasib aziz

Bukit ini dipenuhi rumput dan ilalang di beberapa tempat. Spot ini cenderung menarik perhatian, terutama di kalangan anak muda pemburu selfie.

Saat musim hujan, pemandangan yang serba hijau dan rerumputan yang bergoyang tertiup angin terlihat indah dan dramatis. Semua orang pasti kesal jika tidak mengambil foto di antara deretan tanaman liar.

Meski tak ada panorama hijau, Bukit Mongkrang tak kalah menariknya di musim kemarau. Warna rerumputan coklat kering memberikan pemandangan yang menakjubkan. Saat hari cerah, pemandangan Gunung Lawu di kejauhan semakin memanjakan mata.

Rumput belum tentu membuat perjalanan menjadi aman dan nyaman. Kenakan celana panjang agar kaki Anda tidak terluka saat bersentuhan dengan rumput kering. Meski tidak memakan waktu terlalu lama, tetap pilihlah alas kaki yang nyaman seperti sandal gunung untuk mengurangi risiko nyeri otot.

Baca: Tiket Masuk Cemoro Kandang Karanganyar dan Pesona Alamnya

Berkemah? Ya!

Berkemah di atasBerkemah di atasMendirikan tenda dan berkemah di area rumput – Foto: Google Maps/choklat 88Pemandangan matahari terbit dari Bukit MongkrangPemandangan matahari terbit dari Bukit MongkrangPanorama matahari terbit terlihat dari puncak bukit – Foto: Google Maps/Vinda Hermawati

Karena medannya yang landai, tak heran jika Bukit Mongkrang menjadi salah satu tempat perkemahan paling populer. Banyak wisatawan yang tidak ingin melewatkan pemandangan matahari terbit di puncak bukit sehingga sengaja mendirikan tenda di sana.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengadakan acara berkemah. Pertama, siapkan pakaian hangat yang cukup, terutama jika Anda berencana berkemah di musim kemarau. Selalu ada angin dingin di area ini, jadi tetaplah hangat.

Kedua, jangan membuat api unggun. Tutupan rerumputan di bukit tersebut membuatnya rentan terhadap kebakaran, terutama pada musim kemarau. Ingatlah juga untuk selalu memperhatikan kebersihan dan membawa pulang sampah.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas LAWU PARK Tawangmangu

Perabot

Karena ini adalah tempat wisata alam sungguhan, maka tidak akan ada fasilitas sanitasi di kawasan perbukitan. Tempat parkirnya berada di Alun-Alun Tlogodringo. Ada banyak kedai makanan dan minuman di sepanjang jalan menuju puncak untuk memuaskan rasa lapar Anda.

Lokasi Bukit Mongkrang

Kawasan wisata perbukitan ini terletak di kawasan Pegunungan Lawu, dekat perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, lebih tepatnya di kawasan Tlogodringo, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Dari arah barat atau timur, Bukit Mongkrang hanya bisa dicapai melalui jalan raya Matesih-Tawangmangu. Dari lapangan, dibutuhkan waktu sekitar 60 menit berjalan kaki untuk mencapai Puncak Mongkrang 1.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button