Tak Berkategori

Tiket dan Aktivitas CHINA GOA BEACH Januari 2024

Pantai Goa Cina

  • Biaya masuk: Rp.15.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi: Tambak, Sitiarjo, Sumbermanjing, Mala, Jawa Timur, Indonesia, 65176

Banyaknya pantai indah di Malang memang sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya adalah Pantai Goa Cina. Pantai ini mempunyai nama asli Pantai Rowo indah sekali. Namun sekitar 20 tahun yang lalu, ada sebuah kejadian dimana seorang pertapa Tionghoa meninggal di dalam sebuah gua. Akhirnya masyarakat pun mengenal pantai tersebut dengan sebutan Pantai Goa Cina.

Tempat wisata tepi pantai ini berjarak 7 km dari Pantai Bajul Mati. Perjalanan dari Pantai Bajul Mati hanya memakan waktu sekitar 15 menit. Meski akses menuju tempat wisata ini tergolong mudah, namun pengunjung harus berhati-hati di jalanan yang berkelok-kelok. Kawasan pantai ini terdiri dari tiga pulau yaitu Pulau Bantengan, Goa Cina dan Nyonya.

Biaya Masuk Pantai Goa Cina

Tiket masuk kawasan pantai ini cukup murah yaitu hanya Rp 15.000 saja. Namun biaya tersebut belum termasuk biaya parkir jika membawa kendaraan.

Baca: Tiket Masuk PANTAI BALEKAMBANG dan Berbagai Aktivitas Wisata

Jam buka Pantai Goa Cina

Jam buka kawasan wisata ini adalah 24 jam, pengunjung diperbolehkan berkemah di kawasan pantai. Beberapa pengunjung mengatakan pantai tersebut akan ditutup selama libur lebaran. Biasanya selama 3 hari barulah kawasan pantai dibuka kembali.

Berbagai aktivitas wisata di Pantai Goa Cina

Selain keindahan pantainya, mengundang banyak wisatawan untuk datang ke sini. Pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas. Menikmati matahari terbit dan terbenam adalah salah satunya. Aktivitas wisata lainnya yang ada di Pantai Goa Cina antara lain :

Menikmati matahari terbit dan terbenam

Pemandangan matahari terbenam di Pantai Goa CinaPemandangan matahari terbenam di Pantai Goa CinaPemandangan Sunset yang Menakjubkan di Pantai Goa Cina Tak salah jika menyebut pemandangan matahari terbenam ini sebagai yang terbaik – Instagram/andre.nr

Salah satu kelebihan tempat wisata ini adalah pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbit. Tidak semua pantai menawarkan pemandangan matahari terbit seindah pantai ini. Sunrise terlihat lebih jelas di bagian pantai ini dibandingkan di pantai lainnya.

Untuk menikmati pemandangan matahari terbit, pengunjung bisa tiba di kawasan wisata paling lambat pukul 04.30. Atau pengunjung juga bisa berkemah di pinggir pantai agar tidak ketinggalan matahari terbit.

Baca: Pantai Indah di Malang

Keindahan matahari terbenam di sini tak kalah dengan pemandangan di Kuta Bali. Bahkan beberapa pengunjung mengatakan pemandangan matahari terbenam di sini adalah yang terbaik. Jadi pengunjung tidak perlu berkendara jauh-jauh ke Bali untuk merasakan seperti sedang melihat matahari terbenam yang menakjubkan.

Berkemah di sekitar Pantai Goa Cina

Perkemahan di sekitar pantaiPerkemahan di sekitar pantaiLokasi perkemahan berada di sekitar Pantai Goa Cina. Foto: Google Maps/Adnan Buyung

Pantai Goa Cina memberikan izin kepada pengunjung yang ingin berkemah. Jika pantai lain mengenakan biaya tambahan untuk berkemah, maka pantai ini tidak. Pengunjung dapat berkemah secara gratis di sekitar area pantai.

Pengunjung yang tiba-tiba ingin berkemah tidak perlu khawatir. Sebab di sekitar kawasan wisata ini terdapat persewaan tenda. Rata-rata harga tenda ini mulai dari Rp 100.000 tergantung ukuran tenda.

Baca: Pantai Ngliyep Malang, Tempat Sunset Terindah

Jika pengunjung ingin membakar diri saat berkemah juga bisa. Otoritas pantai memberikan izin kepada pengunjung yang ingin menyalakan api unggun atau memanggang ikan. Namun jangan lupa pengunjung juga harus menjaga kebersihan pantai.

Kunjungi gua

Gerbang ke gua CinaGerbang ke gua CinaSelain pantai, sesuai dengan namanya, di sini juga terdapat goa. Foto: Google Maps/evada el ummah khoiro

Pengunjung dapat melihat gua tersebut di area pantai. Biasanya Anda harus membayar biaya tambahan untuk masuk ke dalam gua. Di depan pintu masuk goa terdapat penjelasan mengapa disebut Goa Cina.

Untuk memasuki gua, tidak ada pengunjung sembarangan yang bisa masuk. Pengunjung wanita yang sedang menstruasi tidak diperkenankan masuk ke dalam gua. Begitu pula dengan beberapa peraturan yang harus dipatuhi pengunjung. Misalnya saja harus menjaga sopan santun, tidak berbicara kotor dan lain sebagainya.

Karena gelapnya gua, pengunjung harus berhati-hati saat masuk agar tidak terjatuh atau tersandung.

Berpikniklah di kawasan karang

Bersantai di Pantai Goa CinaBersantai di Pantai Goa CinaWisatawan bisa bersantai di pantai berpasir putih atau bermain air. Foto: Google Map/Fery Wahid

Pengunjung juga bisa piknik di Pantai Goa Cina. Tikar bisa disewa di warung-warung yang ada di sekitar area pantai. Jika pengunjung tidak membawa makanan sendiri, warung ini juga menjual berbagai jenis makanan dan minuman.

Ada es krim, ikan bakar dan masih banyak lagi. Harga bervariasi tergantung standnya, harap membuang sisa makanan ke tempat sampah dan jangan membuangnya sembarangan.

Baca: Tiket Masuk Pantai Bantol dan 7 Aktivitas Wisata

Di pantai ini Anda bisa berpiknik lebih dari sekedar pasir. Di sekitar pantai ini banyak terdapat karang yang bisa dijadikan tempat piknik. Makan sambil menikmati deburan ombak memang sangat menyenangkan.

Dilarang berenang bagi pengunjung di pantai ini. Hal ini disebabkan besarnya ombak di Pantai Goa Cina. Jadi yang bisa dilakukan pengunjung hanyalah bermain-main di pinggir pantai. Saat air laut surut, bisa dimanfaatkan untuk mencari kerang dan ikan-ikan kecil.

Ombak di pantai ini juga tergolong langka. Gelombang terjadi datang dari tiga arah: selatan, timur dan barat. Penyeberangan tersebut menyebabkan arus gelombang antara Pulau Bantengan dan Pulau Nyonya bertabrakan. Hal ini menimbulkan suara gemuruh yang jarang ditemukan di pantai lain.

Perabot

Untuk tempat wisata pantai disini juga terdapat fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari :

  • Masjid Jabal Nur
  • Toilet
  • Ruang sholat
  • Kios-kios yang menawarkan makanan dan minuman
  • Penyewaan tenda
  • Penyewaan tikar

Lokasi Pantai Goa Cina

Terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Dapat ditempuh melalui Jalur Lintas Selatan (JLS). Jalan menuju Pantai Goa Cina sudah beraspal mulus sehingga bisa dilalui segala jenis kendaraan. Hanya saja harus berhati-hati karena jalannya berkelok-kelok dan terdapat jurang di sekelilingnya.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button