Tempat Wisata

Tiket dan Aktivitas Jamus Tea Garden Januari 2024

Kebun teh jamus

  • Biaya masuk: Rp.15.000
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Girikerto, Sine, Ngawi, Jawa Timur, Indonesia, 63264

Kebun teh jamus adalah wisata menyusuri kebun teh hijau yang luas di lereng Gunung Lawu. Objek wisata ini memiliki pemandangan alam yang mempesona dan alam yang lestari. Pada ketinggian 800 – 1200 mdpl, udaranya sejuk dan sering berkabut.

Tempat wisata ini berjarak sekitar 45 km dari kota Ngawi dan 240 km dari Surabaya. Taman seluas 478 hektar ini telah dilestarikan selama lebih dari seratus tahun. Agrowisata ramah lingkungan ini telah digagas sejak tahun 1993 dan berhasil meraih Penghargaan Kalpataru pada tahun 2004.

Biaya masuk Kebun Teh Jamus

Pemandangan indah dengan tanaman teh hijau dapat dinikmati dengan harga terjangkau. Cukup membayar Rp 15.000 saja Anda sudah bisa memasuki kawasan wisata perkebunan teh ini

Baca: Tiket Masuk dan Wahana SRAMBANG PARK Ngawi

Jam buka kawasan wisata Kebun Teh Jamus

Pengunjung bisa menikmati kawasan perkebunan teh di sekitarnya setiap hari. Buka mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 05.00 sore.

Objek wisata Kebun Teh Jamus

Kebun teh Jamus NgawiKebun teh Jamus NgawiKebun teh Jamus Ngawi.
Foto: Instagram/roybarbershop

Akses jalan menuju tempat wisata ini merupakan jalan aspal yang dapat dilalui mobil. Daya tarik wisata utamanya tentu saja kebun teh yang luas. Tuk Pakel. Sejuknya udara di kebun teh Jamus juga didukung dengan adanya air terjun Gerojokan Songo.

Selain itu ada Bukit Jamus Borobudur (Bukit Borobudur) dan kolam renang Sumber Lanang. Tersedia berbagai fasilitas seperti: B. Stasiun Polo, Flying Fox dll Tempat perkemahan.

Baca: Tiket Masuk Bukit Sekipan Tawangmangu dan Aktivitas

Kunjungi pabrik pengolahan teh

kawasan perbukitan hijau dengan tanaman tehkawasan perbukitan hijau dengan tanaman tehMelihat pemandangan perkebunan teh Jamus Ngawi dari atas. Foto: Google Maps/Nuki kik

Pemberhentian pertama, Pabrik Teh Jamus, merupakan tempat yang asri dan rindang. Terdapat gardu pandang di tempat parkir mobil dan sepeda motor dengan panorama perkebunan teh. Tempat ini hanya sekedar persinggahan saja, karena masih banyak tempat wisata lain yang lengkap.

Pabrik Teh Jamus merupakan pabrik pengolahan teh yang didirikan pada masa penjajahan Belanda. Kini pabrik di Kampung Jamus, Ngawi berada di bawah pengelolaan PT. Candi Loka. Lokasi tersebut merupakan lokasi yang indah dan strategis untuk pengolahan teh berkualitas tinggi.

Di sini daun teh dipetik berdasarkan kriteria produk masing-masing dan kemudian diproses lebih lanjut. Hasilnya adalah teh kering siap seduh yang berkualitas dan bermanfaat bagi kesehatan.

Baca: Tiket Masuk Taman Lawu Tawangmangu dan Kegiatannya

Trekking menyusuri Kawasan Kebun Teh Jamus

Di tempat ini terdapat tempat parkir yang cukup luas dan beberapa warung yang menjual makanan dan teh. Setelah menempuh jarak 200 meter ada penukaran tiket untuk sekotak kecil teh. Untuk menikmati pemandangan dari atas, wisatawan harus menempuh jalan menanjak berkelok-kelok.

Menikmati pemandangan kebun teh

Pemandangan perkebunan teh Jamus Ngawi yang hijau dan segar memberikan udara sejuk dan suasana alamiPemandangan perkebunan teh Jamus Ngawi yang hijau dan segar memberikan udara sejuk dan suasana alamiPemandangan perkebunan teh Jamus Ngawi yang hijau dan segar memberikan udara sejuk dan suasana alami.
Foto: Instagram/hakimsunjoyo

Kebun Teh Jamus merupakan unit perkebunan terbesar di Ngawi dengan luas lahan 478 hektar. Tanaman teh tumbuh di lahan seluas sekitar 460 hektar, selebihnya ditumbuhi pohon-pohon besar.

Di kawasan perkebunan wisata ini wisatawan bisa menyaksikan pemandangan perkebunan teh yang hijau dan segar. Udaranya sejuk serta terdapat suasana alami dan tenang. Jika datang sebelum jam 12 siang, wisatawan bisa menyaksikan pemetikan teh.

Berbagai jenis teh tumbuh di lokasi perkebunan ini. Ini termasuk teh hitam, teh putih, teh hijau dan teh mistletoe untuk tujuan pengobatan. Makam pendiri perkebunan teh Jamus Van Der Rappart (1826-1910) juga terletak di kawasan ini.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Lembah Sumilir Karanganyar

Grojokan Songo Tuk Pakel

Grojokan Songo Tuk Pakel merupakan salah satu objek wisata yang ada di kawasan wisata Kebun Teh Jamus. Di Grojokan Songo, air mengalir sepanjang 25 meter bebatuan yang tersusun berlapis-lapis. Pepohonan rindang dengan gemericik air menjadi pemandangan alam yang nikmat.

Kolam renang Sumber Lanang

Kolam renang Sumber Lanang di Kebun Teh JamusKolam renang Sumber Lanang di Kebun Teh JamusKolam renang Sumber Lanang terletak di tengah areal perkebunan dan asri dengan pepohonannya yang menyejukkan. Foto: Instagram/asta666

Di kebun teh ini terdapat air terjun bernama Sumber Lanang beserta kolam renangnya. Kolam Renang Sumber Lanang dikelilingi perkebunan teh dan pepohonan yang sejuk. Terdapat gubuk-gubuk kecil di sekitar kolam renang tempat Anda bisa menikmati segarnya air dan menikmati pemandangan yang indah.

Air yang mengalir ke kolam sangat jernih dan segar. Airnya berasal dari Sumber Lanang yang airnya tidak pernah habis melainkan selalu mengalir. Suhu airnya relatif dingin, sekitar 15 – 22 ºC.

Di sekitar kolam renang ini terdapat pohon-pohon besar dengan berbagai jenis seperti Preh, Ipik dan Banyan Kantil. Terdapat salah satu jenis pohon besar yang berdiameter sekitar 300 cm yaitu pohon Bulu. Pohon ini sengaja tidak ditebang karena menghasilkan banyak air.

Baca : Tiket Masuk dan Aktivitas Air Terjun Grojongan Sewu Tawang Mangu

Selfie di Bukit Borobudur

Bukit BorobudurBukit BorobudurPerbukitan Borobudur merupakan tempat sensasional di kawasan wisata kebun teh.
Foto: Instagram/i.majiner

Bukit Borobudur (Bukit Borobudur) merupakan salah satu daya tarik utama perkebunan teh Jamus. Di Kebun Teh Jamus terdapat area bertingkat setinggi 35,4 meter yang menyerupai pura. Tempat ini dinamakan Bukit Borobudur karena jika dilihat dari kejauhan terlihat seperti Candi Borobudur.

Bukit yang diresmikan pada tahun 2003 ini menjadi spot sensasional di kawasan Kebun Teh Jamus. Dengan sekitar 35.400 tanaman teh, udara di tempat ini sejuk khas pegunungan. Wisatawan bisa berfoto selfie dan mendaki di tempat ini.

Untuk mencapai puncak tertinggi Pegunungan Borobudur, wisatawan harus menaiki 117 anak tangga. Dari sini wisatawan bisa melihat hamparan perkebunan teh dan kolam renang Sumber Lanang. Saat tidak berkabut, wisatawan bisa menikmati pemandangan Gunung Lawu hingga terlihat puncaknya.

gardu polo

Aktivitas off-road dengan sepeda motor trailAktivitas off-road dengan sepeda motor trailArea di stasiun polo juga digunakan untuk aktivitas off-road atau trail. Foto: Instagram/ervansarpend112

Berada di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, wisatawan bisa menikmati keindahan kota Ngawi dari Stasiun Polo. Luasnya perkebunan teh tampak sejuk dan damai. Lahan stasiun polo yang luas juga menarik untuk beraktivitas di medan atau Jalur pendakian.

Terdapat juga taman bermain dengan flying fox di Kebun Teh Jamus.

Berkemah di perkemahan Kanthil Idaman.

Kawasan Kebun Teh Jamus merupakan tempat yang sangat cocok keluar dan perkemahan, baik perorangan maupun kelompok. Lokasinya berada di Bumi Perkemahan Kanthil Jamus, dengan suasana rindangnya pepohonan Kantil. Tempat ini terletak di bawah 3 pohon Kanhil besar yang berumur lebih dari 100 tahun.

Kurang lebih 0,7 hektar lahan yang tersedia mampu menampung hingga 400 orang peserta perkemahan. Kawasan ini dilengkapi dengan masjid yang luas dan banyak kamar mandi. Dari tempat ini wisatawan dapat melihat pepohonan pinus, persawahan, dan perkebunan teh yang luas.

Kontak dan lokasi Kebun Teh Jamus

Kawasan wisata kebun teh ini terletak di Girikerto, Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63264. Jaraknya sekitar 10 menit berkendara dari kawasan wisata Karanganyar Jawa Tengah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button