Tak Berkategori

Tiket dan Aktivitas KALIGUA TEA GARDEN Januari 2024

Kebun teh Kaligua

  • Biaya masuk: Rp20.000
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Nomor telepon: 0823-2555-4488
  • Alamat lokasi : Jl. Kaligua No.6, Sawah, Ladang, Ragatunjung, Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah, Indonesia, 52276

Kebun teh Kaligua merupakan kawasan perkebunan di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes. Perkebunan teh dengan luas lebih dari 600 hektar ini dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara IX atau PTPN IX. Kawasan perkebunan inilah yang menjadi daya tarik Kawasan Agrowisata Kaligua.

Kebun Teh Kaligua menawarkan sebuah pengalaman Jalan-jalan minum teh atau berjalan-jalan di area kebun teh. Di ketinggian hingga 2.050 meter di atas permukaan laut, wisatawan bisa menikmati sejuknya udara lereng Gunung Slamet. Selain panoramanya yang indah, kebun teh ini juga menawarkan sejumlah fasilitas penunjang lainnya. Nah, sebagai destinasi liburan keluarga, Agrowisata Kaligua bisa menjadi pilihan yang tepat.

Biaya masuk Kebun Teh Kaligua

Kebun Teh Kaligua terletak di kawasan agrowisata. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 20.000 rupiah untuk satu orang. Tempat lain di kawasan Kaligua memiliki harga tiket yang berbeda-beda, namun tetap terjangkau.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona CURUG PUTRI Brebe

Tiket masuknya memberi Anda akses menuju Perkebunan Teh, Gua Jepang, Tuk Bening, Spot Foto dan Puncak Sakub.

Jam buka Kebun Teh Kaligua

Dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara IX, objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00. Pada siang hari, areal perkebunan sebagian besar tertutup kabut yang meninggi.

Kesejukan kebun teh Kaligua

Agrowisata Kaligua di kaki Gunung SlametAgrowisata Kaligua di kaki Gunung SlametKawasan Agrowisata Kaligua terbentang di wilayah Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Provinsi Jawa Tengah – Foto: Google Maps / gazkart ben beckmann

Salah satu barang dagangan Indonesia yang paling penting sejak zaman dahulu adalah teh. Suburnya wilayah dataran tinggi di Indonesia erat kaitannya dengan keberadaan perkebunan teh. Sebenarnya ada beberapa perkebunan yang sudah digunakan sejak masa pendudukan Belanda. Salah satunya adalah Kebun Teh Kaligua di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Objek wisata perkebunan teh ini dikelola oleh PTPN IX. Dengan nama Agrowisata Kaligua, kebun teh ini menawarkan lebih dari sekedar keindahan alam Instagramable. Wisatawan juga diajak belajar pengolahan teh langsung dari ahlinya. Ada juga banyak kegiatan rekreasi dan wahana lainnya untuk dinikmati.

Baca: Tiket Masuk Waduk MALAHAYU dan Berbagai Wahana

Panorama Dataran Tinggi

suasana saat kabut mulai turun di kawasan perkebunan teh Kaliguasuasana saat kabut mulai turun di kawasan perkebunan teh KaliguaBerada di ketinggian 1.200 hingga 2.050 meter di atas permukaan laut, kebun teh ini dikelilingi udara dataran tinggi yang sejuk dan asri – Foto: Google Maps / Ihza Iskandar Yusuf

Berbicara mengenai kebun teh Kaligua, tidak mungkin tidak ada salahnya jika tidak menyebutkan panorama alamnya. Kebun teh ini terletak di lereng barat Gunung Slamet. Teh telah ditanam di daerah perbukitan subur ini sejak zaman Belanda. Produksi teh merupakan salah satu andalan Kabupaten Brebe saat ini.

Luas lahannya lebih dari 600 hektar dan menawarkan pemandangan yang mempesona. Potongan daun teh hijau terpampang sejauh mata memandang, menyegarkan mata. Tak ada salahnya datang ke sini untuk merilekskan jiwa dan raga.

Kebun teh Kaligua juga terbentang pada ketinggian yang bervariasi dari 1.200 hingga 2.050 meter di atas permukaan laut. Pada musim kemarau suhunya bahkan bisa mencapai 4 derajat Celcius. Pengunjung tentu akan merasakan udara sejuk dan dingin menggigit. Bonusnya, kawasan perkebunan ini semakin indah pada kondisi cuaca tertentu karena diselimuti kabut.

Baca: Wisata Selfie Waduk PENJALIN di Brebes

Pelatihan budidaya teh

Petugas tersebut menjelaskan teh Kaligua kepada para pengunjungPetugas tersebut menjelaskan teh Kaligua kepada para pengunjungPengunjung tidak hanya bisa menikmati aktivitas rekreasi di alam, tetapi juga mendapatkan pengetahuan tentang dunia teh – Foto: Google Maps / Kaligua Agro Tourism

Saat berkunjung ke Kebun Teh Kaligua, sebaiknya jangan asal menikmati saja. PTPN IX juga memberikan kesempatan bagi pengunjung yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai pengolahan teh. Pemandu wisata akan dengan senang hati menjelaskan tahapan budidaya teh di Kaligua.

Pengunjung diajak mengamati proses dan memanen daun teh langsung dari kebun. Rangkaian wisata edukasi ini meliputi penyiapan benih, perawatan tanaman, pemanenan, dan pengolahan. Pengunjung dapat mengunjungi pabrik teh dan mengamati proses mulai dari persiapan teh hingga konsumsi. Teh Kaligua juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh lho.

Baca: Tiket Masuk Hutan Mangrove Brebes dan Kegiatannya

Tujuan liburan keluarga

Pemandangan perkebunan teh Kaligua dari propertiPemandangan perkebunan teh Kaligua dari propertiWisatawan bisa menginap di beberapa guesthouse dan homestay yang ada – Foto: Google Maps / Agro Wisata Kaligua_2

Kebun Teh Kaligua bukan sekadar “objek wisata Instagram”. Selain itu, Kaligua menawarkan tempat liburan untuk semua kalangan. Objek wisata ini menawarkan berbagai wahana dan aktivitas yang bisa Anda coba bersama teman dan keluarga. Salah satunya adalah kolam renang air hangat yang nyaman.

Bagi yang ingin bermalam, Agrowisata Kaligua juga menawarkan beberapa pilihan guesthouse untuk bermalam. Harga penginapan ini bervariasi, namun semuanya menawarkan pemandangan kebun teh yang indah. Selain wisma, penduduk setempat juga menawarkan jasa homestay. Tersedia juga area camping bagi Anda yang ingin lebih selaras dengan alam.

Baca: Tiket Masuk Gua Jepang TUK BENING dan Brebes dan Berbagai Pesonanya

Banyak pilihan mengemudi

Kolam renang dengan paviliun dan pos pengamatan KaliguaKolam renang dengan paviliun dan pos pengamatan KaliguaKebun Teh Kaligua bisa menjadi destinasi rekreasi keluarga yang menarik karena perpaduan suasana alam dan fasilitas yang tersedia – Foto: Google Maps / Misbahus Surur

Selain kebun teh, masih banyak objek wisata lain yang ada di Agrowisata Kaligua. Pengunjung dapat mencoba aktivitas menantang seperti fly fox atau bersepeda melintasi perkebunan teh. Anda juga bisa menyewa kostum pemetik teh dan berfoto di tengah area perkebunan.

Ada sebuah gua Jepang bersejarah di kaki perkebunan. Wisatawan bisa merasakan suasana mencekam di dalam gua yang berfungsi sebagai penjara tersebut. Bagi yang tertarik dengan bidang pertanian, wisata taman bisa menjadi jawaban yang tepat. Wisatawan bisa melihat tanaman dataran tinggi seperti stroberi dan berbagai tanaman hias.

Baca: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Brebes

Fasilitas Kebun Teh Kaligua

Fasilitas Agrowisata Kaligua meliputi fasilitas umum dan fasilitas rekreasi. Beberapa fasilitas umum terdiri dari tempat parkir, toilet umum, restoran, aula, panggung, musala, dan unit layanan kesehatan. Sedangkan sarana rekreasi meliputi sarana dan prasarana yaitu wisma, kolam renang air hangat, kawasan berkemahdaerah keluar, Lihat postingan tentang lapangan olahraga.

Agrowisata Kaligua juga menawarkan berbagai paket dan layanan perjalanan untuk melengkapi pengalaman rekreasi. Wisatawan dapat memilih paket wisata edukasi, pertemuan keluargaSejarah dan budaya, atau keluar. Tersedia pula persewaan kostum untuk fotografi dan transportasi odong-odong menuju gua Jepang.

Akses dan lokasi perkebunan teh Kaligua

Agrowisata Kaligua terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Objek wisata ini terletak sekitar 75 kilometer dari pusat Kota Brebes. Wisatawan bisa sampai di sini melalui jalur Bumiayu sepanjang 15 kilometer. Jalur lainnya melalui Paguyangan yang jaraknya sekitar 10 kilometer.

Kondisi jalan desa menuju Kaligua relatif baik. Namun jalan menuju pintu masuk kawasan wisata ini tidak terlalu mulus. Jalan ini beraspal bebatuan kasar dan konturnya terus menanjak meski menurun. Gunakanlah mobil atau motor yang cocok dan dalam keadaan baik untuk menghindari masalah pada kendaraan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button