Tempat Wisata

Tiket dan Aktivitas KIRAM PARK Banjar Januari 2024

Taman Kiram

  • Biaya masuk: Rp10.000
  • Jam buka: 08.00 – 18.00
  • Nomor telepon: 0812 5511 1771
  • Alamat Lokasi: Kiram, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan, Indonesia, 70852

Taman Kiram merupakan objek wisata alam dengan pemandangan bukit yang indah sebagai latar utamanya. Nama taman wisata alam ini diambil dari nama desa tempat objek wisata tersebut berada dan mencakup wilayah yang cukup luas. Di sini wisatawan disuguhi suasana khas pegunungan dengan udara sejuk dan segar.

Biaya masuk Taman Kiram

Untuk berwisata ke Kiram Park, tarif masuknya masih terjangkau yaitu mulai dari Rp 10.000. Kemudian juga menyiapkan biaya parkir bagi yang membawa kendaraan. Tarif parkir mulai Rp5.000 untuk sepeda motor, Rp10.000 untuk mobil, dan Rp20.000 untuk bus.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Amanah Borneo Park Banjar Baru

Jam buka Taman Kiram

Taman ini buka setiap hari. Kiram Park buka mulai pukul 08:00 pagi dan tutup pada pukul 06:00 sore. Jika Anda ingin menikmati beragam aktivitas dan suasana taman lebih lama, Anda bisa datang di pagi hari.

Berbagai aktivitas wisata di Kiram Park Banjar

Taman wisata alam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama di akhir pekan dan hari libur. Banyak wisatawan yang datang bersama rombongan dengan menggunakan mobil pribadi atau bus.

Panorama alam menjadi kenikmatan utama wisatawan saat berlibur di destinasi ini. Kondisi kawasan yang masih alami memungkinkan berbagai aktivitas wisata dapat dilakukan di tempat ini.

Baca: Destinasi Wisata Terbaik di Banjar

Taman Kiram dengan pemandangan pegunungan yang menakjubkan

“Selamat datang di Kiram” ditulis dengan huruf besar di lereng“Selamat datang di Kiram” ditulis dengan huruf besar di lereng“Selamat datang di Kiram”, tertulis besar di vegetasi di lereng – Foto: Instagram/elsakemala

Perkembangan di Kiram membuat daerah-daerah yang tadinya terisolasi kini mudah diakses. Untuk menuju tempat tersebut, wisatawan harus menggunakan infrastruktur jalan yang berfungsi dengan baik. Rambu lalu lintas juga serupa dengan yang ada di jalan raya federal dan pusat kota.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan punggung gunung yang hijau di kiri dan kanannya. Suasana khas pegunungan sudah menyapa wisatawan bahkan sebelum sampai di tempat wisata. Saat wisatawan mendekati destinasinya, mereka bisa melihat landmark bertuliskan “Selamat Datang di Kiram” di antara perbukitan hijau.

Baca: Wisata Keren dan Indah di Situ Mustika

Memasuki kawasan Taman Gubernur

Gerbang masuk Kiram Park BanjarGerbang masuk Kiram Park BanjarGerbang masuk taman dihiasi ornamen khas daerah – Foto: Instagram/tonyloman

Sesampainya di objek wisata, Anda bisa melihat ornamen khas daerah di sepanjang akses jalan. Kawasan ini tertata dengan baik dan rapi dengan dua jalur lalu lintas untuk kendaraan wisata. Destinasi ini memiliki lahan parkir luas yang mampu menampung ratusan kendaraan.

Taman Kiram disebut juga Taman Gubernur karena dipoles oleh tangan dingin Sahbirin Noor. Gubernur Kalimantan Selatan lebih mengenal Paman Birin. Kiram Park menawarkan pesona keindahan alam dengan dukungan berbagai fasilitas dan kemudahan.

Bersantailah dalam suasana pegunungan

Kiram Park sepertinya diciptakan untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berlibur ke sini. Tempat tersebut memiliki banyak tempat untuk bersantai yang terlihat ketika wisatawan memasuki tempat tersebut.

Bangunan paviliun besar dan ruang konferensi yang cukup besar terbuat dari struktur kayu alami. Paviliun juga tersedia untuk wisatawan, yang juga terbuat dari kayu yang terawat, bersih dan nyaman.

Berjalan-jalan melalui taman dengan kolam

Bersihkan kolam di tamanBersihkan kolam di tamanSuasana kolam yang tenang cocok dijadikan tempat berkumpul wisatawan – Foto: Instagram/khalil_rahman1493

Desain taman dilengkapi dengan area taman dengan kolam. Di pinggir kolam tersedia tangga untuk diduduki wisatawan. Suasana tempat ini terasa tenang dan sejuk, jauh dari kebisingan dan polusi udara.

Tempat ini juga dapat berguna sebagai titik pertemuan para wisatawan. Di dalam area taman juga terdapat pendopo sebagai tempat berteduh dan tempat istirahat bagi wisatawan.

Panorama Taman Kiram Bukit Tinggi

Panorama dari puncak kawasan pegununganPanorama dari puncak kawasan pegununganPemandangan panorama alam hutan dan pegunungan dari puncak Kiram Park – Foto: GoogleMaps/Sany Sofyan

Wisatawan bisa mendaki bagian tertinggi taman rekreasi alam ini untuk menikmati panorama. Destinasi ini menyuguhkan wisatawan dengan pesona pemandangan alam dari ketinggian. Dikelilingi pegunungan, objek wisata ini menawarkan keindahan alam dataran tinggi.

Terdapat paviliun kayu ulin terbuka di bagian ini. Tempat di atas bukit ini sebenarnya tersedia untuk menikmati panorama. Dari sini wisatawan bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan hutan yang luas.

Udaranya sejuk dan ruang hijau terlihat asri dan sangat alami. Wisatawan bisa melihat puncak Gunung Mawar dengan sungai-sungai yang mengalir disekitarnya. Terkadang kabut tipis turun dan menutupi pegunungan di sekitarnya, menciptakan suasana magis.

Replika Bahtera Nuh

Puncak dari perjalanan perahuPuncak dari perjalanan perahuUjung “Kapal Nuh” menjadi spot foto yang populer di kalangan wisatawan – Foto: Instagram/miftaharjunahana1

Terletak di puncak gunung yang lebih tinggi, Kiram Park menampilkan replika kapal. Karena bentuk dan letaknya, tempat menarik ini dinamakan “Kapal Nuh”.

Ujung replika kapal ini menjadi tempat populer bagi wisatawan untuk duduk-duduk menikmati panorama. Dengan latar belakang pemandangan alam pegunungan dan hutan hijau, tempat ini menjadi spot selfie yang populer di kalangan wisatawan.

Berenang

Karena merupakan tempat wisata keluarga, taman ini menjadi destinasi ramah anak. Wisatawan bisa mengajak anak-anak berenang di kolam renang yang nyaman. Berada di kawasan wisata, kolam ini juga dilengkapi air mancur yang menyerupai air terjun mini.

Bermain di sungai

Bermain di sungai di Kiram Park Banjar Kalimantan Selatan - nitajafraa_Bermain di sungai di Kiram Park Banjar Kalimantan Selatan - nitajafraa_Bermain di sungai yang mengalir di area taman memberikan kesegaran bagi wisatawan – Foto: Instagram/nitajafraa_

Sungai dan anak sungai mengalir di sekitar kawasan bukit Kiram. Wisatawan juga bisa bermain di anak-anak sungai yang melintasi destinasi wisata ini. Air sungai yang jernih dan bersih yang berasal dari mata air alami terasa begitu sejuk dan menyegarkan.

Arung jeram bambu

Potensi alam Kiram juga menawarkan wisata sungai yang bisa didaki oleh wisatawan Arung jeram bambu. Selama kurang lebih 45 menit perjalanan, wisatawan mengarungi Sungai Kiram dengan menggunakan bambu.

Arung jeram bambu di Sungai Kiram menawarkan wisatawan pengalaman petualangan yang menarik dan menantang. Sepanjang perjalanan, wisatawan disuguhi pesona alam yang mempesona, termasuk Gunung Pamathon.

Taman kelinci

Taman kelinci Taman kelinci Kawasan taman kelinci merupakan salah satu sarana edukasi khususnya bagi wisatawan yang berwisata bersama anak – Foto: Instagram/khusnull_30

Taman Kelinci memeriahkan perjalanan, terutama bagi wisatawan yang membawa anak-anak. Wisatawan bisa memasuki kawasan ini untuk bermain dengan kelinci-kelinci lucu. Bagi anak-anak, bermain kelinci merupakan salah satu cara mendidik dan memelihara kelinci.

Olahraga

Kawasan wisata ini memiliki area berumput luas di lereng bukit. Wisatawan dapat memanfaatkan tempat ini untuk berbagai kegiatan kelompok atau kegiatan olah raga.

Salah satu aktivitas seru di taman ini adalah memanah. Tempat ini seringkali juga bisa menjadi tempat beraktivitas keluarpelatihan penguatan mental dan pertemuan masyarakat.

Wahana ATV

Manajemen terus mengembangkan berbagai wahana. Sambil berkeliling taman wisata dan menikmati pemandangan indah, wisatawan bisa menikmati wahana quad bike. Anak-anak juga bisa merasakan wahana seru tersebut ditemani orang tua atau keluarganya.

Implementasi acara

Kiram Park sering menjadi tuan rumah berbagai event tingkat provinsi, nasional bahkan internasional. Bagaimana akhir yang besar Terpilihnya Putri Pariwisata Kalimantan Selatan dan penetapan Geopark Nasional Pegunungan Meratus. Pernah ada kompetisi durian Kalimantan Selatan yang mengundang wisatawan untuk makan durian gratis.

Jenis Wisata olahraga digelar bersamaan dengan pengenalan keindahan destinasi Kiram Park. Acara bersepeda X-Treme Kiram merupakan bagian dari rangkaian Kiram Festival. Acara olahraga tahunan Almatsay, legenda saudara laki-laki bahkan ribuan orang mengunjungi kami pengemudi.

Yang tak kalah menariknya adalah berbagai acara Acara Standar internasional juga dipatuhi. Bagaimana Sang paman memindahkan Hard Enduro ke Kalimantan Selatan yang Acara olahraga motor. Sebagai wadah menampilkan seni dan budaya Indonesia dan internasional dalam acara-acara Festival Seni Kalimantan Selatan.

Menginap di kawasan Kiram Park

Akomodasi di Kiram Park Banjar Kalimantan Selatan – Ayu Ana Inayah InayahAkomodasi di Kiram Park Banjar Kalimantan Selatan – Ayu Ana Inayah InayahPenginapan di Kiram Park berupa villa yang terbuat dari kayu alami – Foto: GoogleMaps/Ayu Ana Inayah Inayah

Wisatawan dapat menikmati suasana khas pegunungan dan bermalam di kawasan wisata. Wisatawan bisa menginap di akomodasi berupa villa.

Ada beberapa villa besar dan puluhan lainnya yang berukuran lebih kecil namun tetap nyaman. Bangunan tempat tinggal terbuat dari kayu alami, termasuk lantainya. Lokasinya yang berada di pinggir padang rumput menawarkan suasana nyaman, bersih dan tenang.

Fasilitas di Taman Kiram

Kawasan Wisata Kiram Park merupakan kawasan wisata hutan dan taman bukit dengan fasilitas kelas dunia. Tersedia tempat parkir mobil yang luas dengan akses jalan yang nyaman. Area ini juga dilengkapi dengan musala bambu terbuka. Bambu langka ini berasal dari Pegunungan Meratus dan memberikan kesan unik dan artistik.

Lokasi dan akses menuju Wisata Kiram Park

Destinasi wisata alam perbukitan ini terletak di Desa Kiram, Karang Intan, Banjar, Kalimantan Selatan 70852. Objek wisata ini terletak tidak jauh dari pusat kota. Waktu tempuh dari Kota Banjarbaru kurang lebih 1 jam. Konektivitas jalan yang cukup nyaman dan lancar memudahkan wisatawan datang berlibur.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button