Tak Berkategori

Tiket dan aktivitas PANTAI SODONG

Pantai Sodong

  • Biaya masuk: Rp6.500
  • Jam buka: 08.00 – 18.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Laut, Sawah, Ladang, Karangbenda, Adipala, Cilacap, Jawa Tengah, Indonesia, 53271

Pantai Sodong atau penduduk setempat mengenalnya sebagai Pantai Selok. Sebuah pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Wisatawan akan disambut dengan keindahan Gunung Selok yang mempesona. Pantai Sodong tidak hanya menjadi destinasi liburan, namun juga menjadi destinasi wisata religi bagi sebagian orang.

Biaya masuk Pantai Sodong

Pengunjung lokal maupun mancanegara bisa memasuki kawasan Pantai Sodong dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 6.500.

Baca: Tiket Masuk Pantai Cemara Sewu Cilacap dan Berbagai Aktivitasnya

Jam buka Pantai Sodong

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Sodong adalah saat matahari terbenam. Saat ini, langit akan memamerkan keindahan kawasan pantai dengan begitu sempurna. Jam buka Pantai Sodong kini mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

Berbagai aktivitas wisata di Pantai Sodong

suasana tenang di pantai Sodongsuasana tenang di pantai SodongPantai Sodong merupakan salah satu pantai terpopuler bagi wisatawan yang berkunjung ke Cilacap. Foto: Google Maps/Fitri Nurchoeriyah

Pantai Sodong menawarkan banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di sini. Beberapa dari mereka:

Baca: 7 Destinasi Wisata Terbaik di Cilacap

Goa Raja dan Goa Ratu

Pantai Sodong bukan sekedar tempat liburan. Namun bagi sebagian masyarakat kawasan ini juga merupakan tempat wisata religi. Biasanya pengunjung yang ingin berwisata religi melakukan meditasi atau ritual lainnya di dalam gua.

Gua ini terletak tidak jauh dari Pantai Sodong. Pengunjung lain yang hanya penasaran dapat mengunjungi gua tersebut. Gua-gua inilah yang bisa dikunjungi wisatawan yaitu Goa Raja dan Goa Ratu.

Wisatawan yang berkunjung ke gua diminta menjaga sopan santun. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang buruk dan menghormati sesuatu yang terkandung di dalamnya.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas TELUK Turtle Beach Cilacap

Deretan pohon pinus yang indah

Deretan pohon pinus di Pantai SodongDeretan pohon pinus di Pantai SodongPancaran cahaya matahari terbenam membuat keindahan pepohonan pinus semakin indah – Foto: Google Maps/Iqbal f

Saat berkunjung ke kawasan pantai ini, wisatawan tidak hanya bisa menikmati pemandangan pantai saja. Namun kawasan Pantai Sodong juga menawarkan keindahan pepohonan pinus. Dari pintu masuk kendaraan, pengunjung bisa melihat deretan pohon pinus yang indah.

Jika ingin berfoto di deretan pohon pinus, Anda bisa menggunakan bangku dan ayunan yang ada. Properti ini dibuat oleh komunitas lokal. Untuk menggunakan fasilitas tersebut, wisatawan harus membayar biaya tersendiri.

Pikniklah di pantai

Piknik keluarga di tepi pantai adalah pilihan terbaik. Angin sepoi-sepoi dan pasir yang lembut membuat anak-anak senang berlarian kesana kemari. Pengunjung Pantai Sodong biasanya berpiknik di sekitar pantai.

Pengunjung dapat membawa berbagai perlengkapan dan makanan saat pergi ke pantai. Tujuannya adalah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dalam suasana yang berbeda. Anak-anak juga bisa bermain pasir di sekitar pantai.

Baca: Wisata Sejarah Era Kolonial di Benteng Pendem Cilacap

Jika pengunjung tidak membawa perlengkapan piknik secukupnya. Komunitas lokal telah menyediakan sejumlah rumah liburan untuk disewa. Harganya pun tidak terlalu mahal.

Berenang

Berenang di kawasan pantai merupakan aktivitas pertama yang dilakukan setiap pengunjung. Namun Pantai Sodong mempunyai ombak yang cukup besar dan sulit ditebak. Selain itu, berulang kali terjadi kasus tenggelam di wilayah pesisir akibat gelombang besar. Pemerintah akhirnya memberlakukan larangan bagi pengunjung untuk mandi di kawasan pantai.

Pemerintah menawarkan solusi atas permasalahan yang muncul pada instalasi kolam renang. Fasilitas ini dapat digunakan secara bebas oleh pengunjung. Lokasi kolam renang ini tidak jauh dari Pantai Sodong. Solusi ini sangat bermanfaat karena pengunjung tetap bisa merasakan keindahan Pantai Sodong.

Tidak diperbolehkan untuk menyewakan barang-barang seperti jaket pelampung atau baju renang di area kolam renang ini. Oleh karena itu, bawalah perlengkapan renang sendiri dari rumah.

Baca: Tiket Masuk Waduk KUBANGKANGKUNG Cilacap dan Berbagai Kegiatannya

Wisata kuliner

Bagi pengunjung yang tidak ingin repot piknik. Solusi terbaik adalah pilihan makan di warung setempat. Makanan ringan hingga makanan berat tersaji lengkap. Tempe dan tahu Mendoan khas Cilacap selalu menjadi favorit di setiap warung.

Beberapa warung lokal juga menawarkan hidangan laut untuk menggugah selera pengunjung. Bagaimana tidak mencoba seafood sambil menikmati pemandangan pantai yang memberikan perasaan menyenangkan. Harganya tidak mahal dan tergolong murah untuk jenis seafood ini.

Mancing di muara Sungai Pantai Sodong

Ambil foto unik dengan jembatan bambu – Martin Fajar TAAmbil foto unik dengan jembatan bambu – Martin Fajar TAJembatan bambu yang dijadikan spot foto dan memancing – Foto: Google Maps/Martin Fajar TA

Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan kemudian memiliki muara. Ada dua hal yang membuat Pantai Sodong semakin menarik di mata pengunjungnya. Beberapa pengunjung terkadang memilih memancing di area muara sungai untuk mendapatkan pengalaman yang benar-benar berbeda.

Biasanya pengunjung akan melakukan aktivitas memancing di jembatan bambu yang disediakan. Memasuki kawasan ini pengunjung harus membayar biaya yang relatif murah.

Penyewaan peralatan memancing tidak dimungkinkan di area pemancingan ini. Pengunjung yang ingin menikmati sensasi memancing di muara Pantai Sodong harus membawa perlengkapan sendiri dari rumah.

Mainkan Sepeda Motor ATV

Bermain Sepeda Motor ATV di Pantai Sodong – Fathur RohmanBermain Sepeda Motor ATV di Pantai Sodong – Fathur RohmanMenikmati angin sepoi-sepoi dan ombak dengan sepeda motor ATV – Foto: Google Maps/Fathur Rohman

Bersepeda motor ATV menjadi aktivitas yang selalu digemari pengunjung saat ingin merasakan semilir angin pantai. Adrenalin game ini membuatnya semakin seru dan menghibur.

Masyarakat setempat menawarkan penyewaan sepeda motor ATV di sekitar kawasan pantai. Pengunjung tinggal memilih sepeda motor ATV yang disukainya. Harga yang ditawarkan biasanya sesuai dengan aturan penggunaan sepeda motor ATV selama kurang lebih 10 menit.

Mengendarai Delman di pantai

Bagi pengunjung yang tidak bisa menggunakan sepeda motor ATV atau tidak berani menggunakannya. Masyarakat setempat menawarkan solusi lain yaitu dengan menaiki andong di kawasan pantai. Pengunjung juga bisa menyewa gerbong di kawasan pantai.

Harga aktivitas gerobak sama dengan sepeda motor ATV, yang membedakan hanyalah jangka waktu pemakaiannya. Tidak ada batasan waktu bagi pengunjung yang menaiki kereta tersebut. Namun kondisi kawasan pantainya tidak terlalu luas sehingga pengunjung hanya bisa menaiki kereta dalam waktu singkat.

Perabot

Destinasi wisata Pantai Sodong menawarkan beragam fasilitas untuk menambah kenyamanan. Fasilitas yang tersedia antara lain tempat parkir mobil dan sepeda motor, musala, dan toilet umum.

Rute dan Lokasi Pantai Sodong

Objek wisata pantai ini terletak di Jl. Laut, Sawah, Sawah, Karangbenda, Kec. Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53271. Terletak sekitar 25 kilometer dari pusat Kota Cilacap. Dapat ditempuh dalam waktu 40 menit dengan mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button