Tak Berkategori

Tiket dan Aktivitas PANTAI TANJUNG BIRA Januari 2024

Pantai Tanjung Bira

  • Biaya masuk: 10.000 hingga 55.000 Rp
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Bontobahari, Bira, Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indonesia, 92571

Pantai Tanjung Bira merupakan salah satu destinasi mempesona yang mewakili kabupaten Bulukumba. Pesona keindahannya sangat mempesona dengan pasir putih dan air laut tiga warna. Saat matahari bersinar, birunya langit terpantul di hamparan laut megah di ujung Sulawesi Selatan ini.

Biaya masuk ke Pantai Tanjung Bira

Pengunjung dikenakan biaya masuk untuk memasuki kawasan pantai. Harga tiket yang ditawarkan juga relatif terjangkau mulai dari Rp 10.000 – Rp 55.000. Tergantung pada hari kunjungan wisatawan, berlaku harga tiket yang berbeda-beda.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk dan asuransi untuk anak Rp10.000
Tiket masuk dan asuransi untuk dewasa Rp20.000
Tiket masuk untuk orang asing dan asuransi Rp 55.000

Biaya masuk ke Pantai Tanjung Bira

Baca : Tiket Masuk dan Objek Wisata PANTAI BARA Bulukumba

Jam buka Pantai Tanjung Bira

Anda bisa menikmati keindahan pantai ini kapan saja. Kawasan pantai ini terbuka untuk umum selama 24 jam sehari dan tidak ada batasan jam berkunjung.

Berbagai aktivitas di Pantai Tanjung Bira

Keindahan pantai ini tidak hanya terkenal di Sulawesi Selatan saja. Namun juga dengan wisatawan domestik. Pasir putih dan air laut dalam tiga corak warna menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Selain berbagai kegiatan menarik lainnya. Inilah beberapa di antaranya.

Menikmati keindahan pantai

Tiga lapisan air laut berwarna tampak memukau di Pantai Tanjung Bira Bulukumba Tiga lapisan air laut berwarna tampak memukau di Pantai Tanjung Bira Bulukumba Tiga lapisan warna air laut tampak mempesona – Foto: GoogleMaps/Aricko Khena Kaban

Pantai Tanjung Bira terletak di ujung selatan daratan Provinsi Sulawesi Selatan. Air lautnya memiliki tiga lapisan warna yang terlihat indah dari kejauhan. Gradien warnanya berkisar dari biru muda-hijau hingga biru pantulan langit.

Pantai yang identik dengan Bulukumba ini terkenal dengan panorama lautnya yang tak kalah dengan Maladewa. Wisatawan bisa bersantai dan menikmati pemandangan alam dari tepi pantai. Lautnya yang biru jernih dengan ombak kecil yang tenang membentang di wilayah yang luas.

Baca: Tiket Masuk PANTAI LOSARI dan Berbagai Aktivitasnya

Pantai pasir putih

Pasir putih halus di pantaiPasir putih halus di pantaiBerjalan tanpa alas kaki di atas pasir putih halus – Foto: Instagram/rjtandini

Wisatawan bisa menikmati suasana pantai yang relatif sepi, tidak seramai objek wisata pantai lainnya. Keindahan pantai berpasir putih dan laut biru bisa dinikmati layaknya di pantai pribadi. Suasananya yang menyenangkan memberikan efek relaksasi terutama di pagi hari.

Keistimewaan lainnya adalah terdapat pasir putih halus dan bersih di sepanjang pantai. Wisatawan bisa berjalan tanpa alas kaki di atas pasir sejuk sambil menikmati pemandangan. Tekstur pasirnya yang lembut menemani wisatawan menyusuri pantai.

Di sisi timur pantai terlihat perbukitan kapur yang tertata rapi dan alami. Selain jalan-jalan santai, wisatawan bersama keluarga dan anak-anak juga suka bermain pasir di sini. Mereka membangun istana pasir bahkan mengubur bagian tubuh di pasir agar liburan semakin menyenangkan.

Baca: 6 Tempat Wisata Terbaik di Sulawesi Selatan

Berenang

Air laut di pesisir pantai begitu jernih dan memiliki pantulan warna hijau kebiruan. Kejernihan air lautnya seolah memikat wisatawan untuk menikmati kesegarannya. Wisatawan yang tidak bisa berenang bisa menyewa perahu karet untuk bermain air.

Naik banana boat di Pantai Tanjung Bira

Wisatawan yang menginginkan aktivitas lebih menantang bisa mencoba wahana tersebut perahu pisang. Sarana hiburan ini biasanya menjadi permainan yang digemari wisatawan. Perahu karet berbentuk pisang ini mampu menampung lima orang secara bersamaan.

Wisatawan bisa merasakan serunya menantang arus karena wahana air ini ditarik oleh perahu motor. Sebuah permainan olah raga air mengajak wisatawan berkeliling pantai sebanyak tiga kali.

Kereta berjalan

Peserta Event Sports Tourism di Pantai Tanjung Bira Bulukumba Sulawesi Selatan – UnafajarPeserta Event Sports Tourism di Pantai Tanjung Bira Bulukumba Sulawesi Selatan – UnafajarSalam kepada para pelari ajang wisata olah raga – Foto: Instagram/unafajar

Area Pantai Tanjung Bira yang landai merupakan area yang cocok untuk berlari. Beberapa acara olahraga juga digelar di tempat wisata ini. Peserta berlari sambil menikmati keindahan alam dan pantai di Bulukumba.

Salah satu acaranya Wisata olahraga Diselenggarakan Bira Beach Run yang diikuti banyak pelari. Sambil berjalan menyusuri kawasan pantai, peserta bisa berswafoto di spot-spot menarik yang dilewatinya.

Acara olah raga yang berlangsung di destinasi ini mempunyai arti penting dalam memajukan pariwisata. Turis asing menyusul Wisata olahraga Sekitar 60% akan kembali melakukan perjalanan.

Menikmati matahari terbenam di Pantai Tanjung Bira

Menikmati Sunset di Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan – Andi Pangeran RezaMenikmati Sunset di Pantai Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan – Andi Pangeran RezaMenikmati matahari terbenam di Pantai Tanjung Bira – Foto: GoogleMaps/Andi Pangeran Reza

Saat hari menjelang malam, wisatawan bisa bersantai dan menikmati pemandangan pantai yang menenangkan. Apalagi saat menyaksikan matahari kembali ke langit dan menelusuri cakrawala. Banyak wisatawan yang menantikan momen munculnya pancaran sinar jingga di ufuk barat.

Tidak hanya Matahari terbenam, Pantai Tanjung Bira juga menyuguhkan pemandangan yang indah matahari terbit yang tak kalah menawan. Matahari terbit terlihat langsung dari ufuk laut lepas di depan pantai.

Menginap

Berbagai jenis akomodasi tersedia di kawasan dekat pantaiBerbagai jenis akomodasi tersedia di kawasan dekat pantaiAkomodasi di kawasan Pantai Tanjung Bira – Foto: Foto: Instagram/minantyrochantha

Untuk menikmati waktu liburan yang lebih leluasa, wisatawan bisa menginap di Tanjung Bira.

Wisatawan bisa menemukan akomodasi mulai dari hotel, villa, hingga bungalow dengan pemandangan laut langsung. Wisatawan juga bisa memilih untuk bermalam dengan menyewa keluarga angkat di rumah-rumah penduduk sekitar pantai.

Akomodasi di kawasan pesisir seringkali penuh dipesan selama musim liburan. Biasanya wisatawan berjumlah sekitar puluhan, namun pada akhir pekan jumlahnya mencapai ratusan orang. Apalagi saat libur panjang tiba, jumlah wisatawan bisa mencapai lebih dari seribu orang.

Snorkeling di Tanjung Bira

Kegiatan snorkeling di lepas pantai Tanjung BiraKegiatan snorkeling di lepas pantai Tanjung BiraSnorkeling di perairan dekat Pantai Tanjung Bira – Foto: Instagram/pritta_damanik

Membuat Snorkeling Di perairan Pantai Tanjung Bira, wisatawan bisa menyeberang ke Pulau Liukang. Pulau ini terlihat jelas dari bibir pantai karena letaknya tepat di depan pantai. Untuk mencapai Liukang Loe, wisatawan dapat menyewa perahu motor dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit.

Banyak wisatawan yang menyukai penyelaman permukaan di tempat ini karena biota bawah lautnya yang menakjubkan. Air lautnya sangat jernih sehingga pemandangan alam bawah laut yang menakjubkan terlihat jelas. Wisatawan bisa mengagumi keindahan terumbu karang, bintang laut, dan ikan laut berwarna-warni.

Wisata Budaya ke Tempat Pembuatan Pinisi

Lokasi Pantai Tanjung Bira menawarkan banyak persewaan kendaraan bermotor untuk menjelajahi kawasan sekitar. Selama tur, wisatawan bisa mampir ke Tanah Beru, tempat pembuatan perahu Pinisi. Lokasi objek wisata budaya ini tidak jauh dari pantai.

Desa ini dikenal sebagai sentra pembuatan kendaraan laut yang menjadi kebanggaan masyarakat Bugis oleh perajin lokal. Di sini wisatawan bisa menyaksikan proses pembuatan perahu-perahu ternama dunia. Sejumlah negara memesan kapal layar tradisional Indonesia di desa ini.

Umumnya kapal Pinisi mempunyai dua tiang utama dan tujuh layar. Ada tiga layar di depan, dua di depan dan dua di belakang. Dalam waktu sembilan bulan, terciptalah sebuah perahu setinggi 13 meter dan panjang 40 meter.

Nikmati kuliner istimewa

Karena letaknya yang berada di pesisir pantai, maka menu utama di kawasan Pantai Tanjung Bira bertemakan makanan laut. Berbagai masakan khas Manado dan Toraja disajikan di restoran-restoran sekitar kawasan wisata. Rasanya yang pedas, asam, dan penggunaan banyak bumbu menjadi ciri khas kulinernya.

Rata-rata bahan baku yang bisa ditemukan pada menu tersebut adalah ikan laut. Konro dan Coto Makassar juga menjadi pilihan wisatawan karena cita rasa tradisionalnya yang khas.

Tempat wisata Pantai Tanjung Bira

Tempat wisata tepi pantai ini terletak di Jl. Bontobahari, Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92571. Jaraknya sekitar 200 km atau 4-5 jam perjalanan dari Makassar.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button