Tempat Wisata

Tiket dan Aktivitas PULAU PANANG Januari 2024

Pulau Pandang

  • Biaya masuk: Gratis – Rp 285.000
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : -, Selat Malaka, Batu Bara, Sumatera Utara, Indonesia, –

Belum banyak masyarakat yang menyadari potensi wisata bahari di Sumut. Di Selat Malaka, di perbatasan dengan Malaysia, terdapat sebuah pulau kecil dan istimewa bernama Pulau Pandang. Jika dilihat di Google Maps, pulau ini mungkin tampak hanya berupa titik kecil meski diperbesar.

Namun pesona alamnya jauh lebih besar dari sekedar gambar di kartu. Pulau ini memiliki pantai yang indah dengan laut yang bersih. Pemandangan bawah laut dan panorama alam pulau yang tidak boleh Anda lewatkan. Lokasinya yang tidak jauh dari Medan dan menjadi salah satu destinasi wisata bahari terpopuler.

Biaya masuk dan biaya Pulau Pandang

Tidak ada biaya masuk untuk berwisata ke Pulau Pandang, hanya tiket perahu saja. Lain halnya jika Anda menggunakan jasa travel. Wisatawan biasanya harus mengeluarkan biaya antara Rp 175.000 hingga Rp 285.000. Banyak juga penyedia paket perjalanan yang sudah termasuk biaya transportasi dan segala fasilitasnya. Biasanya paket ini juga sudah termasuk istirahat di Pulau Salahnamo yang dekat dengan Pulau Pandang.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk Bebas
Pelabuhan awal untuk perjalanan sehari Rp 175.000
Perjalanan satu hari dimulai dari Medan Rp 285.000

Harga tiket dan biaya perjalanan Pulau Pandang

Baca: Tiket Masuk SINGAPORE LAND Waterpark Batu Bara dan 8 Wahana Mendebarkan

Jam buka Pulau Pandang

Pulau Pandang terbuka untuk umum 24 jam sehari, sepanjang tahun. Wisatawan hanya perlu memperhatikan jam operasional pemberangkatan kapal. Kapal feri biasanya hanya berangkat pada pagi hari atau saat air pasang. Sekarang perahu kecil lebih fleksibel, tapi itu sangat bergantung pada kondisi cuaca hari itu.

Pesona Pulau Pandang

Pulau Pandang Pulau Pandang Pulau Pandang merupakan pulau kecil di Selat Malaka yang menjadi destinasi wisata populer warga Medan dan sekitarnya – Foto: Google Maps/Lilik Tri

Secara geografis Pulau Pandang terletak di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Lokasinya sekitar 24 kilometer dari kabupaten Tanjung Tiram di pantai timur Sumatera. Kalau bicara pariwisata, pulau ini biasanya dikaitkan dengan pulau tetangga Salah Namo. Keduanya merupakan destinasi wisata bahari yang populer bagi warga Batubara maupun luar daerah.

Untuk mencapai lokasi tidak semudah menjentikkan jari. Transportasi dan fasilitas yang tersedia masih terbatas, meski seluruhnya memadai. Namun, hal ini akan terbayar begitu Anda sampai di sana. Mari kita lihat daya tarik dan pesona pulau ini di bawah ini.

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Batu Bara

Pantai pasir putih

Pengunjung bermain di pantaiPengunjung bermain di pantaiPasir putih dan laut biru jernih menjadi pemandangan umum di pesisir Pula – Foto: Google Maps/Achmad Syahfrizal

Untuk menuju Pulau Pandang dapat dilakukan dengan kapal feri atau perahu kecil. Masih belum ada dermaga besar di pulau ini sehingga kapal feri belum bisa berlabuh. Pilihannya adalah naik perahu kecil ke dermaga.

Setelah sampai di pulau ini, pasir putih menjadi pemandangan pertama yang menyambut Anda. Dengan latar belakang hutan hijau alami, wisatawan seolah mendarat di pulau terpencil. Suasana wisata di pulau ini memang tidak seramai Bali atau Kepulauan Seribu. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa keadaan alam pulau ini tetap terjaga.

Pantai-pantai di pesisir pulau ini memiliki pasir lembut yang dihiasi bebatuan granit. Warna hitamnya kontras dengan pasir putih bersih. Yang paling mencolok adalah warna lautnya yang biru kehijauan. Laut dengan nuansa hijau hingga biru tua menghiasi kawasan pantai.

Kawasan pantai ini bisa berada di sisi barat dan timur pulau. Sedangkan sisi utara dan selatan didominasi batuan granit dan koral. Pantai ini terlindung dari ombak yang ganas, sehingga kondisi laut lebih tenang. Oleh karena itu, wisatawan bisa dengan nyaman bermain pasir atau ombak di sini.

Baca: Tiket Masuk Wisata Alam dan Wahana di Datuk Batu Bara

daerah Snorkeling

Wisatawan bersantai di bebatuanWisatawan bersantai di bebatuanAir lautnya yang bersih dan jernih sangat cocok untuk snorkeling – Foto: Google Maps/kris diansyah

Laut yang jernih bukanlah pemandangan yang aneh di sini. Pulau ini dikelilingi oleh laut yang sangat bersih. Saking bersihnya, dasar laut dengan bebatuan karang terlihat jelas dari permukaan.

Itu sebabnya banyak tempat di sekitar pulau yang cocok untuk snorkeling. Pemandangan bawah lautnya dihiasi berbagai terumbu karang dan ikan. Tahukah Anda, pulau ini juga menjadi tempat berkembang biaknya penyu.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana DOGI PARK Batu Bara

matahari terbenam Romantis

Langit ungu kehitaman Pulau PandangLangit ungu kehitaman Pulau PandangGaris pantai Pulau Pandang menawarkan pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang menakjubkan – Foto: Google Maps/Khairil Ahmad Dalimunthe

Berbicara tentang wisata bahari tentunya tidak bisa mengabaikan aktivitas yang menyenangkan matahari terbenam. Pulau ini juga menjadi tujuan liburan romantis. Banyak wisatawan yang menjadikan Pulau Pandang sebagai destinasinya bulan madu. Salah satunya adalah kamu bisa menikmati matahari terbenam bersama orang tersayang dengan sangat romantis.

Selain itu, terdapat juga berbagai pilihan akomodasi untuk bermalam di pulau ini, seperti kantin untuk wisatawan rombongan. Ada juga sejumlah kompleks bungalow sebagai pilihan selanjutnya. Wisatawan juga bisa berkemah di sana tempat perkemahan yang tersedia. Namun tak sedikit juga pengunjung yang melakukan tur.

Lihat dari atas

Mercusuar 5 lantai berdiri di tengah pulauMercusuar 5 lantai berdiri di tengah pulauSatu-satunya mercusuar juga menjadi salah satu daya tarik wisata utama pulau ini – Foto: Google Maps/Achmad Syahfrizal

Pulau ini tidak hanya memiliki kawasan pesisir pantai yang menarik. Pemandangan alam berupa perbukitan pun tak kalah menariknya. ada jalan Trekking yang bisa dicoba bagi wisatawan yang menyukai aktivitas fisik ini.

Ketika Trekking Objek wisata yang wajib dikunjungi adalah mercusuar. Pulau Pandang memiliki mercusuar setinggi 20 meter dengan lima lantai. Inilah titik tertinggi di Pulau Pandang dimana Anda bisa menikmati panorama 360 derajat. Selain itu, menara ini juga menjadi tempat fotografi populer dengan pemandangan terbaik.

Fasilitas di Pulau Pandang

Terdapat sejumlah fasilitas umum di pulau ini. Fasilitas tersebut meliputi toilet umum, akomodasi dan dermaga dasar. Perlu diketahui di sini tidak ada fasilitas berupa restoran atau warung. Wisatawan harus menyiapkan sendiri perbekalan makanan untuk kedatangannya di sini.

Lokasi Pulau Pandang

Pulau Pandang termasuk wilayah Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Pulau ini dapat dicapai dengan perahu dari Pelabuhan Tanjung Tiram. Anda juga bisa menggunakan perahu dari pelabuhan di Desa Silau Baru, Kecamatan Silau Laut, Asahan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button