Tak Berkategori

Tiket dan Aktivitas Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

  • Biaya masuk: 20.000 hingga 50.000 Rp
  • Jam buka: 04.00 hingga 17.00
  • Nomor telepon: 08562778569
  • Alamat lokasi : Jl. Borobudur Ngadiharjo KM 4 km, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56553

Magelang mempunyai alam yang indah, kawasannya sejuk dan dikelilingi pegunungan. Bagaimana Punthuk Setumbu Magelang, sebuah tempat wisata alam di Magelang yang sangat indah. Tak heran jika kawasan perbukitan ini menjadi destinasi wisata populer bagi mereka yang ingin menikmati keindahan matahari terbit.

Punthuk Setumbu termasuk dalam kelompok Bukit Menoreh. Memiliki ketinggian sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut. Itu sebabnya tempat ini sering menjadi tempat terbaik untuk mengambil foto saat matahari sedang terbit.

Biaya masuk ke Punthuk Setumbu

Untuk melihat indahnya pemandangan Punthuk Setumbu, wisatawan perlu membayar tiket masuk antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000. Namun, biaya masuknya tidak mahal. Seperti yang ditunjukkan pada tabel di bawah ini:

Biaya masuk ke Punthuk Setumbu

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan GEREJA AYAM BUKIT RHEMA Magelang

Jam buka Punthuk Setumbu

Wisatawan dapat mengunjungi tempat wisata ini setiap hari dengan jam buka mulai pukul 04.00 hingga 17.00.

Kisah Punthuk Setumbu

Awalnya Punthuk Setumbu hanyalah sebuah bukit biasa dengan ladang milik warga sekitar. Namun karena seorang fotografer mengabadikan dan mengunggah kawasan ini, tempat ini menjadi terkenal. Foto yang diambil merupakan foto Candi Borobudur dengan latar belakang matahari terbit.

Semakin banyak orang yang datang ke kawasan perbukitan ini karena keindahannya. Semakin hari, kawasan perbukitan ini semakin ramai dikunjungi pengunjung. Dan hingga saat ini dibuka untuk umum sebagai objek wisata.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CANDI BOROBUDUR Magelang

1. Matahari Terbit Punthuk Setumbu

Pemandangan Punthuk SetumbuPemandangan Punthuk SetumbuPemandangan matahari terbit di Punthuk Setumbu. Foto: Gmap/Sandra Marpaung

Tujuan utama wisatawan datang ke Punthuk Setumbu adalah fotografi. Tak heran, mereka rela datang pagi-pagi agar tidak melewatkan momen bahagia tersebut.

Banyak wisatawan tiba sebelum jam 5 pagi. Biasanya bukit ini dipenuhi wisatawan menjelang matahari terbit.

Saat matahari terbit (lihatberdiri), warna langit berubah menjadi oranye dan menyebar ke segala arah. Menerangi alam dan pepohonan di depannya. Apalagi kabut yang menyelimutinya sejak sore pun ikut tersapu.

Baca: Tiket Masuk SVARGABUMI BOROBUDUR Magelang dan Tempat Indahnya

2. Objek foto Candi Borobudur

Candi Borobudur Punthuk SetumbuCandi Borobudur Punthuk SetumbuDari Punthuk Setumbu wisatawan dapat melihat Candi Borobudur dari kejauhan. Foto: Google Maps/Eka Risty Sembiring

Di sebelah timur bukit, pengunjung bisa melihat puncak Candi Borobudur muncul. Tunasnya seolah menembus kabut dan menyambut sinar matahari. Pemandangan seperti ini tidak boleh kamu lewatkan.

Perpaduan antara kabut, Candi Borobudur dan rona jingga matahari sangat indah. Jika ingin mengambil foto sebaiknya menggunakan tripod agar hasilnya lebih bagus dan tidak goyang.

Baca: Tiket Masuk SILANCUR HIGHLAND Magelang dan Berbagai Kegiatannya

3. Nikmati udara sejuk

Berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, Punthuk Setumbu memiliki udara yang sejuk. Pengunjung akan merasakan kedamaian dan ketenangan dalam suasana ini.

Tidak ada suara bising dari kendaraan bermotor. Yang ada hanya suara alam yang menyapa. Kicauan burung liar dan serangga menjadi melodi indah di sudut pandang indah ini.

Jika tidak tahan dingin, Anda bisa mempersiapkannya dengan jaket tebal. Sebab pada pagi hari suhunya bisa sangat dingin. Oleh karena itu, persiapkan diri Anda agar tidak kedinginan.

Baca: Tiket Masuk Agrowisata BHUMI MERAPI dan 4 Aktivitas Seru

4. Petualangan mendaki gunung

Spot foto di puncak bukitSpot foto di puncak bukitSalah satu spot foto yang sengaja disediakan oleh pihak pengelola agar pengunjung dapat mengambil foto terbaik. Foto: Google Maps/Veronika Desi

Tak hanya perlu menyiapkan pakaian tebal, pengunjung juga perlu mempersiapkan fisik yang kuat. Sebab untuk mencapai puncak harus menempuh jalur trekking. Tidak terlalu sulit, namun tetap harus berhati-hati.

Jarak yang ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit adalah tanjakan. Kemiringannya berupa dataran yang menanjak. Oleh karena itu, gunakanlah alas kaki yang anti slip agar tidak tergelincir.

Baca: Tiket Masuk Candi PRAMBANAN dan 8 Aktivitas Unggulan

Disarankan datang saat musim kemarau. Karena pada musim hujan jalur trekking bisa sangat licin dan berbahaya.

5. Berkemah di Punthuk Setumbu

Berkemah di Punthuk SetumbuBerkemah di Punthuk SetumbuPengunjung yang ingin bermalam juga bisa berkemah di kawasan wisata ini. Foto: Gmap/Apri Yanto

Akhir pekan menjadi waktu yang tepat bagi Anda yang ingin menginap di kawasan wisata ini. Ada tempat perkemahan yang jelas di sini. Padahal, lokasi arena tidak jauh dari titik pandang matahari terbit.

Tentunya saat berkemah jangan sampai melewatkan fenomena matahari terbit di balik perbukitan. Waktu yang dibutuhkan matahari untuk keluar dari matahari hingga mendapat cahaya cukup singkat. Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit, jadi persiapkan kamera Anda sebelum matahari terbit.

Sambil menikmati pemandangan yang indah, ada aktivitas lain selain berfoto. Menikmati minuman hangat sambil menyaksikan matahari terbit juga tak kalah menyenangkan.

Lokasi Punthuk Setumbu

Tempat wisata alam ini terletak di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM.4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button