Tak Berkategori

Tiket dan Aktivitas PURI MATARAM Sleman Januari 2024

Istana Mataram

  • Biaya masuk: Rp15.000-Rp. 75.000
  • Jam buka: Pukul 09.00 – 17.00 WIB
  • Nomor telepon: +62 811-2542-566
  • Alamat Lokasi : Drono, Tridadi, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55511

Istana Mataram merupakan tempat wisata baru di Kabupaten Sleman. Perpaduan antara wisata alam dan budaya khas Jawa begitu serasi. Bahkan, kesan tradisionalnya begitu kental dan mencerminkan wisata budaya Jawa yang sesungguhnya.

Puri Mataram Sleman dekat dengan tempat wisata lain di Sleman. Namun objek wisata ini tentu saja sangat berbeda dengan yang lainnya. Agar tidak terjadi perselisihan antar tempat wisata lainnya.

Biaya masuk Puri Mataram Sleman

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk memasuki taman hiburan ini. Pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp 15.000. Ada biaya tambahan untuk mencoba wahana tersebut.

Jenis tiket Harga tiket
Tiket masuk hari kerja Rp.15.000
Kisaran harga untuk naik: Perahu tangan per 20 menit, becak air, naik kuda, Delman, skuter 30 menit, skuter 1 jam Rp15.000 – Rp75.000

Biaya masuk Puri Mataram

Baca: Wisata Bergaya Desa Kampung Flory Sleman

Jam buka Puri Mataram

Pengunjung dapat mengunjungi taman setiap hari. Dari jam 8 pagi sampai malam.

daerah jam buka
kendaraan 09:00 – 17:00
restoran 08.00 – 16.00

Jam buka Puri Mataram

Liburan penuh nuansa jawa di Puri Mataram

Taman Bunga Puri Mataram SlemanTaman Bunga Puri Mataram SlemanTaman bunga yang tertata rapi di kawasan Puri Mataram Sleman. Foto: Google Maps/aditya nugroho

Tak heran jika Puri Mataram terkenal dengan suasananya yang sangat Jawa. Sebab objek wisata ini mempunyai konsep seperti zaman Kerajaan Mataram. Di Sleman sendiri belum ada tempat wisata yang memiliki konsep seperti itu.

Taman rekreasi ini merupakan objek wisata milik BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Meski demikian, pemerintah dan warga tetap membantu menyediakan dana. Para pengelolanya juga merupakan warga masyarakat setempat.

Begitu memasuki objek wisata, pengunjung akan melihat Joglo, sebuah restoran. Ada juga kolam buatan dan berbagai fitur air.

Baca: Tiket Masuk Kebun Binatang GEMBIRA LOKA dan 11+ Aktivitas Seru

Jika masuk lebih dalam, Anda bisa melihat hamparan sawah hijau yang luas. Aroma nasi akan menyambut pengunjung. Di sini terdapat jembatan bambu panjang yang bisa diseberangi pengunjung.

Jembatan bambu ini dibuat dengan sangat indah. Terdapat dahan bambu sebagai hiasan. Selain itu, ornamen bambu juga dapat menimbulkan suara bising bila tertiup angin.

Pengunjung kerap berhenti sejenak untuk mengabadikan momen tersebut. Foto dengan latar belakang pemandangan yang indah.

Baca: Tiket Masuk Museum Ullen Sentalu dan 3 Aktivitas Unggulan

Restoran Joglo di Puri MataramRestoran Joglo di Puri MataramWisata kuliner di Rumah Makan Joglo di sekitar area taman. Foto: Google Maps/Bayu Dewanto

Bangunan Joglo yang terbesar merupakan bangunan utama di Puri Mataram. Tempat ini merupakan restoran yang menawarkan berbagai macam menu tradisional. Pengunjung tentunya bisa mencoba beragam masakan yaitu Mangut Lele, Tempe Bacem, Tahu Bacem, Sayur Lodeh dan lain-lain.

Harga yang ditawarkan untuk sebagian menu antara Rp 8.000 hingga 15.000. Tentu saja bukan harga yang mahal mengingat tiket masuk ke objek wisata tersebut murah. Sistem makannya diatur dalam bentuk buffet sehingga pengunjung dapat mengambil porsinya dengan leluasa.

Tips makan disini, pengunjung harus membawa uang tunai. Restoran belum menawarkan pembayaran dengan kartu debit atau kredit.

Baca: Tiket Masuk Kastil LOST WORLD dan 5 Spot Foto Keren

Fitur air

Mengayuh perahu di danau sekitar area tamanMengayuh perahu di danau sekitar area tamanMainkan biliar dengan sepeda air. Foto: Google Maps/Endah SWR

Pengunjung bisa bersenang-senang bermain di kolam dekat restoran Joglo. Kolam ini memiliki fitur air yang dapat dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa. Seperti becak air berbentuk binatang atau sepeda air sambil mengitari kolam.

Selain untuk bermain, sepeda air ini juga dapat berfungsi sebagai alat latihan. Mengayuh membuat kaki Anda lebih kuat dan membakar kalori.

Baca: Tiket Masuk Hutan Pinus MANGUNAN dan 4 Aktivitas Unggulan

Bermain dengan kelinci

Berlibur ke Puri Mataram bersama anak adalah pilihan yang tepat. Terdapat taman kelinci di sini, di mana anak-anak secara alami senang bermain dengan kelinci.

Anda bisa berinteraksi langsung dengan kelinci. Memegang, mengelus, dan menggendong kelinci. Bahkan, pengunjung bisa memberi makan kelinci dengan makanan yang telah disediakan.

Baca: Tiket Masuk BREKSI Cliff Park dan 4 Aktivitas Unggulan

Berfoto di taman bunga

Taman bungaTaman bungaTaman bunga berwarna-warni. Foto: Google Maps/N. Amin Iskandar

Selain taman kelinci, disini juga terdapat taman bunga. Untuk sampai ke taman bunga, pengunjung harus melintasi jembatan bambu.

Sesampainya di taman bunga, pengunjung akan disambut dengan indahnya bunga-bunga yang bermekaran. Fotografi menjadi tujuan utama pengunjung mengunjungi taman bunga ini.

Pasar Ndelik yang unik

Warung dengan konsep pedesaanWarung dengan konsep pedesaanWarung dengan konsep pedesaan. Foto: Google Maps/aditya nugroho

Pasar Ndelik hanya buka pada hari Minggu dan hari libur. Disebut Pasar Ndelik karena letaknya di dalam gubuk kecil yang ditumbuhi pepohonan. Dalam bahasa Jawa, “ndelik” artinya bersembunyi.

Banyak jajanan pasar atau jajanan tempo dulu yang dijual di sini. Seperti Klepon, Cenil, Pisang Goreng, Jenang, Pecel dan lain-lain. Istimewanya di sini pengunjung harus membayar dalam bentuk pandel dan bukan dalam rupiah.

Pandel adalah uang kayu yang digunakan sebagai alat tukar di pasar Ndelik. 1 pandel bernilai Rp 1.000 dan dapat ditukarkan sebelum memasuki pasar Ndelik. Saldo pandel tidak dapat dikembalikan namun dapat digunakan di kemudian hari.

Lokasi Puri Mataram dan Kontak

Taman rekreasi ini terletak di Dusun Drono, Desa Tridadi, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman. Dekat komplek perkantoran Kabupaten Sleman. Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Instagram @puri_mataram

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button