Tak Berkategori

Tiket dan atraksi air terjun LEUWI LIEUK Januari 2024

Air Terjun Leuwi Lieuk

  • Biaya masuk: Rp 45.000
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Desa Cibereum, Jl. Gunungwangun No.rt 04, RW.05, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16830

Salah satu tempat air terjun di Bogor yang belakangan populer adalah Air Terjun Leuwi Lieuk. Sering disamakan dengan Green Canyon di Pangandaran, air terjun ini banyak mendapat perhatian karena keindahannya. Meski terdapat gunung yang harus didaki dan lembah yang harus dilalui, air terjun ini tetap menjadi destinasi yang sayang untuk dilewatkan.

Biaya masuk air terjun Leuwi-Lieuk

Biaya masuk yang harus dibayar pengunjung tidak berbeda-beda tergantung usia atau jam buka. Pengunjung tidak hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp 45.000 saja, namun juga tiket kendaraan.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp 45.000

Biaya masuk air terjun Leuwi-Lieuk

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan CURUG LEUWI HEJO

Jam buka air terjun Leuwi Lieuk

Air terjun ini dibuka untuk umum setiap hari. Kunjungan dianjurkan pada musim kemarau, yaitu antara bulan April dan Oktober. Saat musim hujan, akses jalan menjadi sulit dan permukaan air meningkat. Ada kekhawatiran air terjun dan sungai akan menjadi terlalu berbahaya bagi wisatawan.

Hari jam buka
hari kerja 07.00 – 15.00
akhir pekan 07.00 – 17.00

Jam buka air terjun Leuwi Lieuk

Daya tarik air terjun Leuwi Lieuk

Pemandangan air terjun Leuwi LieukPemandangan air terjun Leuwi LieukBersantai di atas rakit, salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di Curug Leuwi Lieuk – Foto: Google Maps/muhammad jaelani 194

Curug Leuwi Lieuk merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di kawasan Sentul, Bogor. Kata “Leuwi” berasal dari bahasa Sunda yang berarti “dalam”. Dasar adalah bagian terdalam suatu sungai.

Air terjun ini terletak di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Cibadak, Bogor. Akses ke sana tidak bisa dikatakan mudah. Saat musim hujan, jalan yang harus dilalui pengunjung menjadi basah dan berlumpur sehingga menyulitkan berjalan kaki. Namun rasa lelah Anda akan langsung terbayar saat Anda sampai dan menikmati indahnya panorama air terjun ini.

Baca: Tempat Wisata CURUG HORDENG Sentul

Saudara kembar “Green Canyon” Pangandaran

Berenang di danau air terjunBerenang di danau air terjunBebatuan Curug Leuwi Lieuk memberikan keindahan yang eksotis – Foto: Google Maps/APAAJA TV

Sungai yang menjadi sumber air Curug Leuwi Lieuk ini diapit oleh tebing batu yang tinggi. Tebing hitam ini tingginya mencapai lebih dari 10 meter. Berbagai tanaman liar pun turut menghiasi pemandangan di sekitar air terjun.

Letak air terjun yang diapit tebing menjadi sebuah keunggulan tersendiri. Tebing-tebing tinggi yang mengapitnya membuat air terjun ini terlihat misterius dan eksotik. Sekilas terlihat sedikit kemiripan dengan Green Canyon di Pangandaran, sebuah tempat wisata alam berbentuk sungai yang diapit dinding batu tinggi dan hutan di sekitarnya.

Bedanya, air di Curug Leuwi Lieuk lebih jernih dan berwarna biru kehijauan. Dengan kedalaman mencapai 4 meter, wisatawan bisa berenang di danau atau sekedar bermain air. Perpaduan warna biru air dan tebing bebatuan hitam menciptakan efek kontras dan sangat memanjakan mata.

Loncat tebing

Air terjun Leuwi Lieuk diapit oleh dua buah tebingAir terjun Leuwi Lieuk diapit oleh dua buah tebingPengunjung dapat memilih ketinggian tebing yang berbeda saat lompat tebing – Foto/Google Maps: Andi Alwandi

Danau di Curug Leuwi Lieuk ini dikelilingi oleh tembok batu yang tinggi. Ketinggiannya mencapai lebih dari 7 meter. Tebing ini sering digunakan Loncat tebing atau melompat dari tebing ke dalam air oleh wisatawan yang menyukai tantangan.

Pengunjung dapat memilih ketinggian batu yang ingin dilompati. Ketinggiannya bervariasi dan berkisar antara 3 meter, 5 meter hingga 6-7 meter. Melompat dari tebing dan mendarat di danau air tawar yang dikelilingi alam terbuka tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Air Terjun Leuwi Hejo

Berenang di air terjun Leuwi HejoBerenang di air terjun Leuwi HejoBerenang merupakan aktivitas yang sayang untuk dilewatkan saat berkunjung ke Curug Leuwi Hejo. Foto: Google Maps/Deny Saputra

Jika masih kurang puas bermain di Air Terjun Leuwi Lieuk, pengunjung bisa berpindah ke air terjun yang letaknya tidak jauh dari air terjun ini. Air terjun yang bernama Leuwi Hejo ini berjarak sekitar 20 menit berjalan kaki dari air terjun Leuwi Lieuk. Ada banyak tangga menuju ke atas. Jika ingin kesini perhatikan kebugaran jasmani karena jalanan akan terus menanjak.

Baca: Tiket Masuk CURUG LEUWI HEJO dan Berbagai Aktivitas Serunya

Kata “hejo” berasal dari bahasa Sunda yang berarti “hijau”. Sesuai dengan namanya, air danau yang mengelilingi air terjun ini memiliki warna hijau yang mempesona. Warna ini bukan berarti kotor atau berlumut. Karena kejernihannya, pengunjung justru bisa melihat dasar sungai dari atas air.

Curug Leuwi Hejo bisa dikatakan merupakan sebuah air terjun yang kecil dan rendah. Situs ini dikelilingi oleh bebatuan dan tumbuhan liar. Danau ini tidak terlalu dalam sehingga dapat digunakan untuk berenang, menyelam, dan bermain air.

Fasilitas menuju air terjun Leuwi Lieuk

Air terjun Leuwi Lieuk dilengkapi dengan fasilitas standar seperti tempat parkir, toilet dan kamar kecil, serta musala. Ada banyak warung dan warung yang menjual makanan di sini. Jika anda membawa perbekalan, jangan tinggalkan sampah apapun untuk menjaga kebersihan tempat wisata ini.

Masuk ke air terjun Leuwi Lieuk

Air terjun Leuwi Lieuk terletak di tengah perbukitan kawasan Sentul. Untuk menuju ke sana, pengunjung harus berkendara naik turun jalan yang berkelok-kelok. Karena kondisi jalan yang kurang bagus, disarankan menggunakan kendaraan yang dalam kondisi sempurna.

Lokasi air terjun Leuwi Lieuk

Wisata air terjun ini berlangsung di Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Cibadak, Kabupaten Bogor. Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 30 menit dari tempat parkir untuk sampai ke air terjun. Jalurnya banyak tanah merah dan tanjakan, jadi disarankan persiapkan badan agar tidak lelah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button