Tak Berkategori

Tiket dan atraksi CURUG HORDENG

Air Terjun Hordeng

  • Biaya masuk: Rp20.000
  • Jam buka: 07.00 – 15.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Gunungwangun, Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16830

Penggemar wisata dan petualangan mungkin akan tertarik dengan destinasi wisata alam ini: Air Terjun Hordeng. Air terjun ini terletak di Desa Cibeureum, Sentul, Bogor. Air terjun ini tidak hanya menyuguhkan keindahan air terjunnya saja, namun juga menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun yang ingin mengunjunginya.

Curug Hordeng merupakan bagian dari rangkaian air terjun yang ada di kawasan Sentul. Banyak orang yang tertarik dengan objek wisata air terjun alami ini karena letaknya yang tidak jauh dari kota besar seperti Jakarta, Bekasi dan Depok.

Namun jangan salah, perjalanan menuju objek wisata air terjun ini merupakan jalur populer yang akan menguji adrenalin Anda. Selain itu, masih ada dua air terjun lainnya yang lokasinya berada di kawasan yang sama dengan air terjun ini.

Biaya masuk Air Terjun Hordeng

Harga masuk Curug Hordeng pada hari biasa dan hari libur tetap sama. Tiket ini sudah termasuk tiket masuk Air Terjun Ciburial dan Air Terjun Kembar. Jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir juga.

Biaya masuk Curug Hordeng hanya memerlukan pembayaran sebesar Rp 20.000. Bagi mereka yang ingin Trekking Paket trekking Curug Hordeng, Curug Ciburial dan Curug Kembar bisa anda beli dengan harga Rp 178.000.

Baca: Tiket Masuk CURUG BIDADARI dan Berbagai Aktivitas Serunya

Jam buka Air Terjun Hordeng

Kawasan wisata air terjun ini buka setiap hari, termasuk hari libur atau hari libur nasional. Datang ke sini pada pagi hari saat musim kemarau. Hal ini untuk menghindari jalanan berlumpur dan licin akibat hujan. Sedangkan jam buka Curug Hordeng dimulai pada pukul 07.00 pagi dan berakhir pada pukul 03.00 sore.

Daya tarik Air Terjun Hordeng

Pemandangan Curug HordengPemandangan Curug HordengCurug Hordeng memiliki jeram yang lebar dan bentuknya menyerupai tirai – Foto: Google Maps/Wandi Sukoco

Air terjun ini terletak di kawasan Sentul, tepatnya di Desa Cibeureum, Desa Cibadak, Bogor. Air terjun ini berada di ketinggian 740 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini dapat dicapai dengan berjalan kaki atau Trekking selama 30 hingga 40 menit dari gerbang masuk.

Nama Curug Hordeng berasal dari bahasa Sunda, “hordeng” yang berarti tirai. Nama ini diambil dari penampakan air terjunnya yang lebar dan tidak terlalu tinggi. Dilihat dari kejauhan, air terjun ini menyerupai tirai.

Berenang di Curug Hordeng

Pengunjung bersantai di Curug HordengPengunjung bersantai di Curug HordengCurug Hordeng mempunyai dua cekungan yaitu cekungan atas dan cekungan bawah – Foto: Google Maps/Hasan Sadiq

Jalur menuju air terjun ini cukup menantang. Jalannya tidak terlalu lebar dan terdiri dari tanjakan, turunan, dan tikungan yang cukup ekstrim. Kondisi jalan kurang bagus karena medannya kurang terawat.

Bagi pengendara sepeda motor hendaknya lebih berhati-hati dalam mengemudikan kendaraannya agar tidak tergelincir. Datang dengan sepeda motor dalam kondisi kelas satu. Namun jika Anda membawa mobil, sebaiknya gunakan mobil yang tidak terlalu besar. Sebab, jalannya sempit dan berisiko.

Setelah sampai di gerbang, pengunjung masih harus berjalan kaki untuk sampai ke air terjun. Namun jangan khawatir karena pemandangan di sepanjang perjalanan sangat indah, perpaduan antara hutan dan perkebunan milik penduduk setempat. Keindahan ini tentu bisa membantu Anda melupakan sedikit rasa lelah.

Air terjun ini sendiri merupakan air terjun yang paling aman untuk berenang. Airnya masih bersih dan jernih. Kedalamannya hanya sekitar 1-2 meter. Wisatawan bisa berenang atau menyelam di sini, namun hindari terlalu dekat dengan air terjun.

Baca: Tiket Masuk CURUG CIHERANG dan Berbagai Aktivitas Serunya

Bermain air di Air Terjun Kembar

Wisatawan bermain air di Curug KembarWisatawan bermain air di Curug KembarCurug Kembar dengan dua air terjun serupa – Foto: Google Maps/D Three

Dari Curug Hordeng wisatawan bisa mengunjungi Curug Kembar yang letaknya tidak jauh. Untuk sampai ke jalan setapak, wisatawan harus melintasi danau. Jalan ini membawa wisatawan menuju Curug Kembar dengan jarak sekitar 70 meter.

Sesuai dengan namanya, Curug Kembar merupakan dua air terjun yang bak kembar. Aliran air terhenti oleh sebuah batu besar di ujung sungai dan jatuh ke dalam danau. Tinggi airnya hanya 30 cm dan banyak bebatuan.

Wisatawan tidak bisa berenang dalam kondisi seperti ini. Pengunjung juga tidak diperbolehkan mendekati air terjun karena dasarnya terlalu dalam dan bisa berbahaya. Namun pengunjung bisa bermain sepuasnya di perairan sungai yang mengalir dari Curug Kembar.

Baca: Tiket Masuk CURUG CIBULAO Bogor dan Berbagai Tempat Wisatanya

Pesona Curug Ciburial

Air terjun Ciburial menyerupai perosotanAir terjun Ciburial menyerupai perosotanPemandangan indah di Curug Ciburial juga menjadi lokasi yang cocok untuk foto prewedding – Foto: Google Maps/Fuad Yudellestera

Pengunjung bisa melanjutkan penjelajahan ke Curug Ciburial yang juga tidak jauh dari Curug Kembar. Jalurnya cukup terjal dan naik turun. Air Terjun Ciburial dapat ditempuh sekitar 15 menit berjalan kaki.

Pemandangan dari Curug Ciburial tak kalah dengan Curug Hordeng atau Curug Kembar. Airnya jernih dan biru. Namun pengunjung tidak diperbolehkan berenang di sini karena kedalaman sungai 4-5 meter. Arusnya juga cenderung lebih deras dibandingkan dua air terjun sebelumnya.

Meski tidak bisa berenang, pengunjung tetap bisa mengabadikan momen di sini. Ada batu-batu besar yang tersebar di seluruh sungai yang bisa dijadikan batu loncatan. Hati-hati jangan sampai terpeleset karena permukaannya cukup licin.

Baca: Tiket Masuk CURUG CIPAMINGKIS dan Berbagai Aktivitas Serunya

Tempat selfie Memukul

Ambil foto di dek observasiAmbil foto di dek observasiPengunjung bisa istirahat sejenak dan mengabadikan momen di dek observasi Curug Hordeng – Foto: Google Maps/Dodi Muhammad Farhan

Jalan menuju Curug Hordeng memang penuh tantangan. Kadang menanjak, kadang menurun dan terjal. Jika tidak hati-hati, pengunjung bisa terpeleset bahkan melukai diri sendiri. Oleh karena itu, para pemula disarankan untuk berhati-hati dan beristirahat terlebih dahulu jika diperlukan.

Sembari beristirahat, jangan lupa menyempatkan diri untuk mengambil foto. Pemandangan alam disekitarnya terlalu indah untuk dilewatkan. Ada tempat khusus untuk berfoto selfie.

Baca: Pesona Keindahan CURUG LEUWI HEJO Sentul

Dengan latar belakang perbukitan dan hutan hijau yang luas, pengunjung bisa memilih spot untuk berfoto. Lokasi berikut dapat dipilih: Platform tontonan dan platform berbentuk bunga yang unik. Tempat yang menarik untuk mengambil foto bukan?

Fasilitas Air Terjun Hordeng

Fasilitas Air Terjun Hordeng cukup lengkap. Selain tempat parkir, juga tersedia toilet dan musala. Pengunjung tidak perlu khawatir karena semuanya sudah dirawat dengan baik oleh penduduk setempat yang mengelola tempat wisata alam ini. Warung makan hanya tersedia di area parkir. Jadi jangan lupa bersiap-siap sebelum menuju ke air terjun.

Akses Menuju Air Terjun Hordeng

Jalan yang harus dilalui untuk menuju Curug Hordeng sempit dan kondisinya buruk. Konturnya terdiri dari tanjakan dan turunan yang cukup terjal dengan tikungan tajam. Kondisi ini menimbulkan risiko tergelincir pada kendaraan seperti sepeda motor. Jika bepergian dengan mobil, gunakan mobil berukuran kecil karena lebar jalan tidak memungkinkan mobil berukuran besar.

Lokasi Air Terjun Hordeng

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa CIbeureum, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Bogor. Wisatawan dari Jakarta bisa lewat Citeureup atau Sentul, tapi Citeureup lebih bagus karena lebih dekat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button