Tak Berkategori

Tiket dan Koleksi Museum Ronggowarsito Januari 2024

Museum Ronggowarsito

  • Biaya masuk: Rp4.000 – Rp6.000
  • Jam buka: 08.00 – 15.00
  • Nomor telepon: (024) 760 2389
  • Alamat lokasi : Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Kalibanteng Kidul, Semarang Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50149

Semarang adalah ibu kota yang kaya akan sejarah. Di sini Anda bisa menemukan peninggalan sejarah mulai dari sejarah budaya hingga sejarah kemerdekaan. Sebaik Museum Ronggowarsitopusat kebudayaan terbesar di Indonesia di Semarang.

Museum ini terletak di pusat kota Semarang. Bahkan, aksesnya sangat mudah karena lokasinya berada di pinggir jalan utama. Dulu, wisatawan bisa mengunjungi museum jika meninggal di Bandara Ahmad Yani.

Biaya masuk Museum Ronggowarsito

Pengunjung dikenakan tiket masuk untuk mengunjungi objek wisata ini. Biayanya pun tidak mahal, bahkan sangat murah, mulai dari Rp 4.000 – Rp 6.000. Berikut rinciannya:

Jenis tiket Harga
Tiket masuk untuk anak-anak Rp 4.000
Tiket masuk dewasa Rp6.000

Biaya masuk Museum Ronggowarsito

Baca: Tiket Masuk dan Keindahan Kampung Pelangi Semarang

Jam buka Museum Ronggowarsito

Pengunjung bisa menikmati objek wisata ini setiap hari. Buka dari pagi hingga sore hari. Namun dengan jam buka yang berbeda.

Hari jam buka
Senin kamis Pukul 08.00 – 15.00 WIB
Jumat Minggu Pukul 08.00 – 14.00 WIB

Jam buka Museum Ronggowarsito

Keanekaragaman koleksi budaya di Museum Ronggowarsito

Berbagai koleksi benda budaya yang ada di Museum RonggowarsitoBerbagai koleksi benda budaya yang ada di Museum RonggowarsitoBerbagai koleksi benda budaya yang ada di Museum Ronggowarsito. Foto: Gmap/Mr. Pejabat Andhen

Ronggowarsito atau Rangga Warsito, diambil dari nama seorang yang sangat terkenal. Ia adalah seorang penyair dengan banyak karya sastra. Banyak menghasilkan karya dalam bentuk kronik yang lebih bersifat simbolis.

Ronggowarsito terkenal dengan karyanya Serat Kalatida yang memperkenalkan istilah Zaman Edan. Karena terkenal dan sangat berpengaruh, nama penyair itu diabadikan di sebuah museum. Yang kini masih ada di Jalan Abdurrahman Saleh Semarang.

Baca: Tiket Masuk dan Spot Selfie Ayanaz Gedongsongo Semarang

Museum ini terletak di atas lahan seluas 1,8 hektar. Ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1975 dan resmi dibuka pada bulan Juli 1989. Hingga saat ini, objek wisata tersebut masih populer sebagai tujuan wisata.

Koleksi Museum Ronggowarsito

Kerangka gajah di museumKerangka gajah di museumKerangka Gajah di Museum Ronggowarsito. Foto: Gmap/Cherrylia Septa

Museum ini memiliki puluhan ribu koleksi. Itu sekitar 59.802 yang terbagi dalam 10 tipe. Ini termasuk geologi, biologi, arkeologi, sejarah, filologi.

Selain itu, numismatik, heraldik, kromologi, teknologi, etnografi dan seni rupa. Untuk itu museum ini ditetapkan sebagai lembaga publik di bidang pelestarian budaya. Ada juga fasilitas pendidikan dan rekreasi.

Baca: Tiket Masuk dan Perjalanan ke SALOKA PARK Semarang

Fosil juga menjadi koleksi unik Museum Ronggowarsito. Salah satunya adalah fosil gajah purba.

Gedung Museum Ronggowarsito

Bangunan museum dari luarBangunan museum dari luarBalai Museum Ronggowarsito. Foto: Gmap/Prasetiyo budi utomo Photography

Di bagian depan, pengunjung akan disambut dengan patung kuda yang ditunggangi oleh tokoh sejarah. Di sebelahnya terdapat paviliun yang melambangkan pintu masuk museum. Pendopo dengan gaya arsitektur Jawa yang sangat khas.

Arsitektur bangunannya menggunakan gaya arsitektur klasik, joglo, dan postmodern. Ruangan tersebut kini terdiri dari paviliun, gedung pameran, gedung koleksi, ruang konservasi, dan auditorium. Gedung pamerannya sendiri masih terbagi menjadi empat ruangan dan memiliki dua lantai.

Baca: Tiket Masuk dan Pesona Lawang Sewu Simpang Lima Semarang

Terbagi menjadi ruangan-ruangan bertema alam yang mencakup segala hal mulai dari alam hingga luar angkasa. Terdapat juga bangunan yang menjelaskan sejarah peradaban Kerajaan Hindu-Buddha. Dan ruangan yang bertemakan era pembangunan di Indonesia dan sejarah perjuangan perlawanan bangsa Indonesia.

Replika seni budaya hingga replika ritual kuno

Koleksi wayang kulitKoleksi wayang kulitSalah satu koleksi benda seni wayang kulit di Ronggowarsito. Foto: Google Maps/Setia Irawan

Museum ini juga menampilkan keragaman budaya Indonesia. Di bawah ini adalah replika acara sedekah bumi yang biasa diadakan oleh masyarakat Jawa. Ada pula topeng Barong asli Blora yang tampilannya menyeramkan.

Tersedia juga satu set wayang lengkap dengan dealer dan gamelan asli. Tentu saja terlihat sangat megah dan mewah. Selain itu, akan tampak seolah-olah ada pertunjukan yang sedang berlangsung.

Baca: Tiket Masuk Candi Gedong Songo dan Aktivitas di Semarang

Ada juga yang unik yaitu replika bernama Didi Nini Towok. Replika ini merupakan rekreasi dari ritual pemanggilan hujan. Uniknya replika kayu ini dipajang lengkap dengan kebaya.

Koleksi batu meteor dan benda vulkanik

Koleksi yang ada di Museum Ronggowarsito tidak hanya terbatas pada budaya dan fosil saja. Bisa dikatakan museum ini menyimpan berbagai benda yang luar biasa. Salah satunya adalah meteorit.

Tampil batuan meteorit yang ditemukan bertahun-tahun lalu. Juga pasir letusan Gunung Merapi, batu Gunung Merapi dan material lainnya.

Koleksi ini awalnya dikumpulkan dari alam oleh Mus pada saat kejadian. Hal ini memungkinkan pengunjung untuk melihat wujud aslinya.

Lokasi Museum Ronggowarsito

Museum Ronggowarsito terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh No. 1 Semarang. Pengunjung dapat memulai perjalanan ke arah barat dari Simpang Lima. Dari sini waktu perjalanan hanya sekitar 20 menit saja.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button