Tempat Wisata

Tiket dan Objek Wisata GABUSAN ARTS MARKET Januari 2024

Pasar Seni Gabusan

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 9 pagi hingga 7 malam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi : Jalan Parangtritis KM 9.5, Desa Timbulharjo, Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55185

Pasar Seni Gabusan Bantul Cocok dijadikan tujuan wisata malam saat berlibur di Yogyakarta. Selain menjadi pusat kerajinan dan seni, juga menawarkan berbagai wahana dan wisata kuliner. Selain itu, berbagai acara dan pameran kerap digelar di pasar ini. Selain itu letaknya yang strategis memudahkan untuk dikunjungi dengan ciri khas gong raksasa di bagian depannya.

Biaya Masuk Pasar Seni Gabusan

Untuk memasuki Pasar Seni Gabusan, Anda tidak perlu membayar biaya masuk karena tiket masuknya gratis. Namun, biaya yang berbeda berlaku untuk fasilitas yang ada. Namun harga tiketnya cukup terjangkau bagi dompet masyarakat.

Baca: Tiket Masuk Wisata PANTAI PARANGTRITIS Bantul, Jam Buka dan Kegiatan

Jam Buka Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan buka setiap hari. Pasar ini ramai dari sore hingga malam hari, terutama pada Sabtu malam. Apalagi di suatu event tertentu pastinya akan lebih ramai lagi.

Hari jam buka
Senin – Kamis dan Sabtu 09:00 – 19:00
Jumat 13.00 – 19.00
Minggu 09:00 – 17:00

Jam Buka Pasar Seni Gabusan

Daya tarik Pasar Seni Gabusan

Pasar Seni Gabusan menjadi tujuan wisata terutama pada Sabtu malam. Sentra kerajinan Bantul ini mempunyai daya tarik yang membedakannya dengan pasar lainnya. Atraksi ini mampu menarik perhatian masyarakat segala usia.

Pusat jual beli karya seni

Pasar Seni Gabusan menampilkan beragam karya seni hasil karya masyarakat daerah Bantul. Koleksinya sangat unik dan beragam mulai dari patung dan prasasti buatan, kerajinan kulit seperti tas, sandal dan ikat pinggang, kerajinan kayu, tas rotan, aksesoris dan berbagai macam batik tulis.

Hasil kerajinan tangan dan benda seni ini dapat dibeli di kios-kios yang disebut “kavling”. Deretan stand berjejer rapi dan dikelompokkan berdasarkan barangnya. Misalnya saja lapak 1-3 yang menawarkan berbagai macam kerajinan kulit. Kemudian lapak tersebut menjual 4-5 kain dan pakaian batik. Faktanya, Lot 5 dulunya merupakan tempat pelatihan pembuatan batik.

Baca: GAMBAR PUNCAK Bantul Wisata Panorama Malam Perbukitan

Ada penjual barang antik

Penjual barang antik di Pasar Seni GabusPenjual barang antik di Pasar Seni GabusSalah satu penjual barang antik. Foto: Gmaps/ Bagus Antik Magelang

Tidak hanya karya seninya saja, tapi juga Pasar Antik & Vintage Gabusan yang terbesar dan terlengkap di Yogyakarta. Pasar tempat barang antik dijual dan dilelang, buka setiap hari. Namun, lelang hanya tersedia pada Sabtu malam.

Terdapat sekitar 68 kios yang menjual barang-barang antik koleksi bagus. Berbagai barang antik dan benda khas masa lalu seperti telepon seluler, helm, mesin tik, keris, kamera, vespa, jam dinding, telepon, kongklak bahkan radio bekas. Ada juga peralatan rumah tangga seperti lampu, gelas, kursi, meja, piring dan masih banyak lagi.

Ada berbagai sistem penjualan barang di sini. Ada yang dijual, dilelang, dibarter atau bahkan dibarter. Tentu saja harga barang-barang tersebut cukup terjangkau. Namun pengunjung yang ingin melakukan pembelian harus tetap waspada dalam memilih barang antik yang diinginkan.

Baca: Tiket & Aktivitas HUTAN PINUS PENGGER Bantul

Seringkali menjadi tempat acara

Acara Pasar Seni GabusanAcara Pasar Seni GabusanBerbagai acara seperti Bantul Creative Expo kerap digelar di sini. Foto: Gmaps/Sigit Waskito Aji

Pasar Seni Gabusan dahulu sering mengadakan berbagai acara. Peristiwa besar seperti Bantul Pameran kreatif berlangsung di sini secara rutin setiap tahun. Berkat penataan yang cermat, acara ini selalu ramai pengunjung meski bukan akhir pekan.

Salah satu event terbesar kedua adalah Sekaten, dimana penonton disuguhi beragam hiburan. Pilihan hiburan tersebut antara lain permainan, food mall, penjual kerajinan tangan dan pernak-pernik menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini.

Ada juga festival kuliner yang menawarkan 31 hidangan Penyewa dengan berbagai hidangan legendaris. Mengadakan Acara Pembukaan Pasar Barang Antik dan Vintage di Pasar Seni Gabusan. Saat acara ini berlangsung pun berlangsung meriah Live musicLelang barang antik dan bahkan menonton film dengan layar menyala.

Baca: Tiket & Aktivitas KEBUN BUAH MANGUNAN Bantul

Berbagai wahana menarik

Wahana di Pasar Seni GabusanWahana di Pasar Seni GabusanWahana penuh warna. Foto: Gmaps/ Rika Wati

Jika rindu dengan suasana pasar malam, Anda bisa mengunjungi Pasar Seni Gabusan. Terdapat berbagai permainan Berkah Ria khas pasar malam. Misalnya saja bianglala, perahu Kora Kora, ombak banyu, ayunan gantung, komidi putar, kereta api yang bergerak bahkan bom mobil.

Beberapa wahana yang ada terlihat sangat menarik. Beberapa permainan memiliki lampu dengan warna berbeda. Tujuan dari dekorasi tersebut adalah untuk menggugah minat pengunjung. Selain itu tempatnya cukup luas sehingga tidak terjadi kerumunan saat menaiki salah satu wahana.

Tempat parkir juga menjadi tempat bermain, namun khusus untuk anak-anak. Wahana permainan yang ada di kawasan ini antara lain odong-odong, istana balon, memancing, lubang bola, melukis, bahkan trampolin. Banyaknya permainan tentunya sangat cocok bagi pengunjung yang membawa serta anak-anaknya.

Baca: Tiket & Koleksi SANGKRING ART SPACE Bantul

Wisata kuliner

Penjual makanan di Pasar Seni GabusanPenjual makanan di Pasar Seni GabusanSosis bakar dan corn dog termasuk salah satu kuliner lezat di sini. Foto: Gmaps/ And_rheana Harina

Ada sebuah tempat bernama Pondok Kuliner Khas Bantul di Pasar Seni Gabusan. Masakan khas Bantul bermacam-macam seperti Sate Klathak Bu Jazim, Lotek Mbak Jazim dari Wonokromo, Gudeg Manggar hingga Rica-rica Entok dari Srandakan. Lalu ada juga masakan Sego Abang Lombok Ijo, Kwaru Ikan Bakar, Ramesan Bu Mur dan kedai Angkringan daerah Bantul.

Tempat kuliner ini letaknya cukup strategis. Lokasinya yang berada di depan kompleks pasar membuat tempat ini mudah ditemukan. Harganya tidak hanya bervariasi tetapi juga sangat terjangkau. Tidak terlalu mahal untuk pelajar atau mahasiswa.

Saat acara berlangsung, pasar ini menjadi pusat wisata kuliner jajanan. Tersedia berbagai pilihan makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Misalnya sosis panggang, egg roll, corn dog, kentang spiral, crepes, waffle, dan minuman seperti pop ice krim dan boba. Bahkan ada juga mie ayam, pempek, wedang ronde, siomay dan masih banyak lagi.

Tempat untuk menggantung burung

Menggantung burung di pasar seni GabusanMenggantung burung di pasar seni GabusanLomba Burung Oriq Jaya Burung Ganangan di Pasar Seni Gabusan. Foto: Instagram/@psgmontul

Para pecinta burung pastinya wajib datang ke Pasar Seni Gabusan. Tempat ini memiliki kios burung bernama Oriq Jaya yang terletak di belakang pasar. Kompetisi burung penyanyi diadakan setiap hari Rabu, Jumat, dan Minggu. Burung yang mengikuti kompetisi ini bisa dari jenis apa saja, mulai dari perkutut hingga sejoli.

Terkadang tempat ini juga menjadi tempat latihan. Tempat beratap seng ini menjadi tempat latihan para sejoli. Selain itu, pengunjung juga dapat menjumpai penjual hewan seperti kelinci, ayam, dan burung di sekitar lokasi Gantagan. Di sini juga terdapat penjual binatang seperti burung.

Perabot

Pasar Seni Gabusan menawarkan fasilitas umum seperti toilet, ATM center, area tempat duduk, tempat sampah, dan musala. Masyarakat dapat menggunakan fasilitas tersebut sesuai dengan kebutuhannya.

Alamat Pasar Seni Gabusan

Sebagai destinasi wisata keluarga terpopuler, Pasar Seni Gabusan tentunya memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya terletak pada lokasi tempatnya sendiri, Pasar ini terletak di lokasi yang cukup strategis. Karena lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan antara Pantai Parangtritis dan Kota Jogja, tempat ini mudah ditemukan. Apalagi dengan hadirnya gong berukuran besar di depan pasar.

Selain itu letaknya yang strategis menjadikan tempat ini cocok sebagai tempat peristirahatan sebelum atau sesudah berwisata ke Pantai Parangtritis. Alamat tepatnya Jalan Parangtritis KM 9.5, Desa Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55185.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button