Tempat Wisata

Tiket dan Zona Wisata STU BABAKAN KAMPUNG BETAWI September 2023

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan Biaya masuk: Bebas. Jam buka: 09.00 – 16.00. Nomor telepon: 0217862861. Alamat/Lokasi : Jl. rm Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12640

Setu Babakan, Kelurahan Betawi, Jakarta merupakan tempat wisata dengan suasana khas budaya betawi yang otentik. Desa ini diyakini masih menjaga dan melestarikan budaya khas Betawi. Seperti bangunan, dialek bahasa, tari, musik dan teater.

Objek wisata ini telah ditetapkan sebagai tempat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi oleh Pemerintah DKI Jakarta. Luas wilayahnya meliputi daratan dan perairan seluas 32 hektar. Setu Babakan diresmikan sebagai kawasan peninggalan Betawi pada tahun 2004.

Biaya masuk ke desa Betawi Setu Babakan

Wisatawan yang berkunjung ke kawasan Setu Babakan tidak membayar tiket masuk. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir sekitar Rp 2.000 hingga 5.000.

Tiket masuk Setu Babakan ke Desa Betawi
Tiket masuk Bebas

Baca: Tiket Masuk Dufan Ancol dan 12 Wahana Top

Informasi penting sebelum mengunjungi Setu Babakan:

  • Tidak ada batasan umur untuk berkunjung.
  • Tetap menjaga protokol kesehatan seperti: B.penggunaan masker.

Jam buka Setu Babakan

Wisatawan bisa mengunjungi kampung Betawi ini dari pagi hingga sore hari. Baik pada hari kerja maupun akhir pekan.

Durasi
Museum (Selasa-Minggu) Tuan. 09.00 – 15.00
Daerah Setu Babakan pk. 09.00 – 16.00
Senin dan Hari Libur TERTUTUP

Objek wisata Setu Babakan di desa Betawi

Pemandangan udara Setu Babakan Jakarta – PrasdanzkarenPemandangan udara kawasan Setu Babakan Jakarta.
Foto: Instagram/prasdanzkaren

Pusat Kebudayaan Betawi mempunyai potensi seni dan budaya yang masih dilestarikan. Suku Betawi ngotot untuk ikut melestarikan budaya khususnya di tanah air.

Revitalisasi kawasan Setu Babakan menjadi kampung Betawi telah dilakukan Pemprov DKI Jakarta. Pengelolanya bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan.

Kawasan wisata Setu Babakan terbagi menjadi tiga zona regional:

Zona A: Pelestarian budaya Betawi

Pranikah sepasang suami istri di rumah adat desa Betawi Setu Babakan Jakarta menjadi latar prewedding ala Betawi. Foto: Instagram/Cerita Rekaman

Kawasan ini dikembangkan menjadi pusat pelestarian budaya Betawi. Luasnya sekitar 3,2 ha, berbagai rumah adat Betawi banyak dikembangkan di zona ini. Contohnya rumah adat Gudang, Kebaya, Joglo, Bapang, Pesisir dan Pulau Seribu. Zona ini juga diberkahi dengan museum sejarah dan arkeologi. Selain itu juga terdapat gedung teater dan gedung modern bernuansa Betawi.

Gedung serba guna di zona ini telah dibuka pada Januari 2018 dan dapat digunakan. Bangunan ini berbentuk lingkaran, dicat putih dan dihiasi motif kayu. Tempat ini biasanya digunakan sebagai teater tertutup, perpustakaan dan galeri khas Betawi. Di tempat ini wisatawan bisa melihat Teater Lenong Betawi yang sering diselenggarakan oleh sanggar budaya.

Baca : Tiket dan Objek Wisata Jakarta Aquarium

Zona B: Pusat Kuliner Betawi

Penjual es selendang di Setu Babakan, Desa BetawiDi zona kuliner ini, deretan penjual makanan Betawi berjejer di pinggir Setu. Foto: Google Maps/Mayangdiah Diah

Zona ini dikembangkan sebagai pusat kuliner khas Indonesia dengan tema Betawi untuk Indonesia. Zona ini mencakup area seluas 3.700 meter persegi.

Ada sekitar 250 pengecer katering di zona ini. Makanan yang disajikan di sini meliputi makanan khas Betawi dan budaya Indonesia lainnya.

Zona C: Studi Budaya

Pulau buatan dengan rumah tradisional Betawi Pulau buatan dengan rumah tradisional Betawi di Setu Babakan Jakarta.
Foto: Instagram/Bayu Kris

Kawasan Zona C seluas 2,8 hektare, kawasan ini telah dikembangkan menjadi kawasan industri dan kawasan studi alam. Replika kampung Betawi dibangun di zona ini. Replika tersebut dihiasi dengan rumah adat, sawah, dan kolam (danau kecil).

Di zona ini, di tengah Setu Babakan, terdapat pulau buatan yang meniru kampung Betawi. Total ada 16 rumah adat Betawi yang dibangun di sini. Pulau buatan ini menceritakan tentang aktivitas masyarakat Betawi dalam kesehariannya.

Baca: Tiket dan Aktivitas SEAWORLD Ancol

Pertunjukan Seni Budaya Betawi

Pertunjukan tari Betawi di Setu Babakan, Desa BetawiPertunjukan tari Betawi di Setu Babakan Jakarta.
Foto: Instagram/yulidyna

Masyarakat Setu Babakan masih mempertahankan budaya dan cara hidup khas Betawi. Perikanan, bertani, berdagang, kerajinan tangan dan pembuatan masakan khas Betawi. Melalui cara hidup ini, mereka secara aktif melindungi lingkungan dan meningkatkan taraf hidup mereka.

Acara rutin berlangsung setiap hari Minggu mulai pukul 13.00 hingga 16.00. Berbagai kesenian Betawi akan ditampilkan antara lain tari, musik tanjidor, ondel-ondel, dan lenong. Ada juga pertunjukan Gambang Kromong dan Pencak Silat. Ada juga sesi latihan tari dan musik setiap Rabu dan Minggu sore. Serta ilmu bela diri Betawi yaitu Beksi Silat.

Baca: Tiket Masuk Mini Park TMII dan 10 Wahana

Festival budaya di desa Betavi

Pengelola Setu Babakan kerap mengadakan festival dalam kerangka tertentu. Misalnya saja untuk menyamai hari raya Idul Fitri. Berbagai acara budaya dihadirkan.

Mulai dari Gambang Kromong, Lenong Betawi, Silat Betawi, Gambus, Rebana Biang dan Keroncong. Tari Samrah, Palang Pintu, Sohibul Hikayat, Prosesi Hantaran, Qosidah dan Marawis juga ditampilkan. Kuliner khas Betawi, fashion dan gambar lukisan turut meramaikan acara tersebut.

Museum Kebudayaan Betawi

Museum Kebudayaan BetawiWisatawan juga dapat mengunjungi Museum Kebudayaan Betawi untuk melihat berbagai koleksi benda-benda khas Betawi. Foto: Instagram/matajkt

Museum Kebudayaan Betawi menghadirkan beragam produk budaya di sini. Lukisan, barang antik, bir Pletok, alat musik klasik, batik, sepeda Onthel dan kebudayaan Betawi lainnya dipamerkan. Lukisan yang dipamerkan antara lain aktor Betawi Benyamin Sueb, komposer Ismail Marzuki dan tokoh kenamaan Betawi lainnya. Ada juga lukisan gubernur DKI Jakarta dari berbagai era, seperti Sutiyoso dan Fauzi Bowo.

Wisatawan juga bisa menyaksikan keberagaman busana Betawi yang menggambarkan hubungan mereka dengan beberapa negara. Misalnya saja gaun pengantin Betawi yang didesain dengan pengaruh Cina dan Arab.

Di museum ini, Anda juga bisa melihat delapan ikon budaya Betawi yang disahkan pada awal tahun 2017: Ondel Ondel, Bunga Kelapa, Ornamen Ballenzahn, Baju Sadariah, Baju Kebaya Kerancang, Batik Betawi, Kerak Telur, dan Bir Pletok.

Baca : Tiket dan Objek Wisata Monas

Porsi kuliner dari Betawi

Roti Buaya BetawiSalah satu kuliner khas Betawi adalah roti buaya yang sering dihidangkan pada acara pernikahan dalam budaya Betawi. Foto: Instagram/rotibuayajkt

Aktivitas yang paling digemari di Kampung Budaya Betawi adalah menyantap kuliner khas Betawi. Beragam makanan dan minuman tradisional disajikan di sepanjang jalan utama dan di tepi danau. Di kawasan ini juga terdapat banyak restoran di mana Anda bisa menikmati kesejukan kawasan Setu.

Terdapat banyak kios dan deretan gerobak yang menjual makanan khas Betawi. Seperti Ketoprak, Ketupat Nyiksa, Kerak Telor, Ketupat Sayur, Bakso, Laksa dan Soto Betawi. Ada juga roti buaya, bir pletok, toge goreng, dan nasi uduk. Tak lupa kue apem, arum manis, permen kapas betawi, es batu pelangi, dan tahu gejrot.

Baca: Tiket Masuk dan Zona Taman Margasatwa Ragunan

Wisata air di desa Setu Babakan Betawi

Desa budaya ini juga menawarkan wisata bahari. Ada dua danau di sini yaitu Mangga Bolong dan Babakan. Wisatawan memanfaatkan danau ini untuk memancing dan menikmati sejuknya suasana di tepi danau.

Wisata air menjadi daya tarik lain dari Setu Babakan. Wisatawan dapat menyewa perahu untuk berlayar menyusuri dan mengelilingi danau, serta melakukan beberapa perjalanan. Pengelola juga menyediakan sepeda air untuk disewakan kepada wisatawan.

Ada juga perahu naga. Dihiasi ukiran naga, perahu ini mampu menampung sekitar 20 penumpang. Wisatawan bisa mengelilingi Setu (danau) dengan perahu naga. Untuk mengelilingi Setu, wisatawan diminta mengenakan jaket pelampung demi alasan keamanan.

Lokasi desa Betawi Setu Babakan

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan terletak di Jl. moch Kahfi II RT 009/RW 008, Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Telp 021-7862861.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button