Tak Berkategori

Tiket GUNUNG CIWARU dan berbagai wahana Januari 2024

Gunung Ciwaru

  • Biaya masuk: 15.000 hingga 20.000 rupee
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Desa Payung, Pajajar, Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia, 45472

Gunung Ciwaru merupakan sebuah bukit hutan pinus di Kabupaten Majalengka. Situs tersebut masih berada dalam cagar alam Taman Nasional Gunung Ciremai. Menawarkan atraksi yang hampir mirip dengan Tebing Keraton di Bandung. Wisatawan bisa menikmati panorama pegunungan, hutan, perbukitan, dan dataran rendah dari ketinggian. Suasananya yang sejuk dan sejuk sangat cocok untuk refreshing di akhir pekan.

Biaya masuk ke Gunung Ciwaru

Pengunjung yang berwisata ke Gunung Ciwaru harus membayar tiket masuk. Harga tiketnya hanya Rp 15.000 per orang. Tarifnya pun berbeda-beda bagi pengunjung yang ingin berkemah di sini. Selain itu, pengelola juga menawarkan jasa fotografi di setiap lokasi.

Jenis tiket Harga
Tiket masuk Rp.15.000
Tiket berkemah Rp20.000

Biaya masuk ke Gunung Ciwaru

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Majalengka

Jam buka Gunung Ciwaru

Kawasan wisata Gunung Ciwaru dibuka untuk umum setiap hari. Buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Jika berkunjung pada siang hari, tak perlu khawatir kepanasan karena suasananya selalu rindang. Jika ingin menikmati panorama terbaik, hindari berkunjung saat musim hujan.

Objek wisata Gunung Ciwaru

Menikmati pemandangan hutanMenikmati pemandangan hutanMenikmati pemandangan perbukitan sekitar Gunung Ciwaru dari viewpoint – Foto: Gmap/Aef Syaiful Anwar

Akhir pekan tidak harus dihabiskan untuk kegiatan rekreasi yang mahal atau jauh dari rumah. Dengan kegiatan sederhana seperti piknik dan Trekking saja sudah cukup menyegarkan pikiran. Ada tempat wisata di Majalengka yang patut dikunjungi saat ini akhir pekan. Objek wisata ini bernama Gunung Ciwaru dan terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Gunung Ciwaru merupakan sebuah bukit yang berada di kawasan Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Puncak tertingginya sekitar 540 meter di atas permukaan laut. Gunung ini menawarkan pesona alam yang bisa dinikmati dari atas. Tentu saja tanpa keharusan kenaikan berat atau dehidrasi.

Daya tarik gunung ini sering disamakan dengan Tebing Keraton di Bandung karena memiliki kemiripan. Terdapat hutan pinus yang indah di puncak dan lerengnya. Panorama Gunung Ciremai yang terlihat dari puncak menjadi yang paling dicari di sini.

Baca : Tiket Masuk dan Aktivitas Majalengka Dinosaur Park

Trekking singkat

Tangga menuju puncak Gunung CiwaruTangga menuju puncak Gunung CiwaruPendakian singkat ke Gunung Ciwaru – Foto: Gmap/Muhammad Najmi Nugraha

Akses menuju Gunung Ciwaru melalui desa Payung di Kecamatan Rajagaluh. Wisatawan harus berjalan melewati pemukiman warga untuk sampai ke loket. Kemudian cukup ikuti petunjuk untuk sampai ke lokasi.

Setelah membeli tiket, perjalanan menanjak sekitar 300 meter. Jalur ini berupa tangga yang lebar dan nyaman. Kondisi jalan juga mulus dan dapat dilalui baik oleh anak-anak maupun orang tua.

Tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai puncak bukit melalui jalan setapak Trekking Itu.
Di sepanjang tangga tersebut, pengunjung dapat menikmati panorama pegunungan dan perbukitan di kejauhan. Jalur ini membawa pengunjung memasuki kawasan hutan pinus yang sejuk. Suasananya rindang karena pepohonan di sepanjang jalan memberikan keteduhan.

Terdapat kios dan warung sederhana di beberapa tempat. Terdapat juga paviliun kecil untuk istirahat dan duduk. Paviliun-paviliun ini menyuguhkan pemandangan alam indah yang memanjakan mata. Cocok sebagai tempat piknik dimana Anda bisa berteman dengan angin sepoi-sepoi.

Baca: CURUG MUARA JAYA Keindahan Lereng Gunung Cereme

Panorama Ciremai

Pemandangan Gunung CiremaiPemandangan Gunung CiremaiSpot foto yang menampilkan pemandangan Gunung Ciremai yang sempurna – Foto: Gmap/sandy Ramadhan

Begitu sampai di puncak, sejuknya suasana hutan pinus belum hilang. Sekilas warna hijau menyembul dari sela-sela deretan pepohonan. Kawasan perbukitan ini juga memiliki beberapa sudut terbuka. Di setiap sudut terdapat balkon kayu tempat Anda bisa menikmati panorama sekitar.

Melihat ke utara terletak dataran rendah Majalengka. Anda bisa menyaksikan hamparan sawah Nangklak yang membentuk lengkungan bertingkat. Bukit pertambangan putih menjulang di kejauhan. Di sebelahnya terhampar Pegunungan Komeng yang hijau.

Berbelok ke arah selatan kita disuguhkan panorama alam yang menjadi daya tarik utama Gunung Ciwaru. Kemegahan Gunung Ciremai terlihat jelas dari puncak bukit ini. Dataran Tinggi Sadarehe yang indah terbentang di bawahnya.

Keindahan panorama alam dari puncak Ciwaru terlihat jelas di hari cerah. Saat cuaca mendung, hutan pinus di lerengnya diselimuti kabut. Memancarkan pesona mempesona dan misterius yang menyegarkan mata.

Baca: GUNUNG CIREMAI: Tiket Masuk dan 4 Jalur Pendakian

Taman Selfie

Bergaya di tempat fotoBergaya di tempat fotoSpot foto dengan latar belakang lereng Gunung Ciwaru dan dataran rendah Majalengka – Foto: Gmap/Ratna Arumnasari

Tak hanya pesona alamnya saja, ada juga area spot foto. Terdapat lebih dari 5 titik foto dengan bentuk dan bentuk yang berbeda-beda. Sudut-sudut foto ini menyerupai balkon dan sudut pandang dengan instalasi kreatif. Fasilitas ini tentunya mendukung para pecinta fotografi dan selfie.

Pengunjung selanjutnya dapat berfoto di spot Langit-Langit dengan latar belakang kawasan hutan yang dibingkai oleh instalasi berbentuk jendela. Lokasi lainnya dengan pemandangan Pegunungan Komeng dan bentuk lingkaran yang unik. Ada pula tempat berbentuk sarang burung dengan latar belakang Gunung Ciremai.

Lokasi foto mana pun bisa dicoba tanpa dikenakan biaya tambahan. Pengunjung bebas mengambil foto dengan kamera ponsel atau kamera profesional. Bagi yang menginginkan foto terbaik, tersedia juga layanan fotografi dari pihak pengelola. Pengunjung bisa mendapatkan rekaman profesional dengan harga terjangkau.

Selamat berkemah

Saung untuk beristirahatSaung untuk beristirahatGunung Ciwaru bisa jadi alternatif tempat piknik atau camping seru – Foto: Gmap/Syarif MD

Kawasan sekitar Gunung Ciwaru tak hanya sekedar tempat yang bagus untuk berswafoto. Objek wisata ini juga dibuka sebagai arena camping yang membahagiakan bagi wisatawan.

Kegiatan camping di sini tidak perlu repot membawa perlengkapan camping sendiri. Untuk menunjang kenyamanan, tersedia persewaan tenda dan kasur lengkap. Fasilitas pendukung seperti toilet bersih dan musala juga tersedia. Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai kesempatan mengenalkan anak pada kegiatan berkemah.

Area untuk berkemah di sini tidak terlalu luas. Terdapat beberapa petak miring yang mampu menampung hingga tiga tenda. Pemandangan Gunung Ciremai tepat di depan tenda. Hutan pinus di sekitarnya tidak terlalu lebat sehingga tidak menakutkan.

Fasilitas Gunung Ciwaru

Fasilitas penunjang di Gunung Ciwaru lengkap dan memadai. Terdapat tempat parkir mobil, jalan setapak dan tangga, toilet, kios, musala, dan sejumlah pendopo. Fasilitas rekreasi yang tersedia antara lain berbagai spot foto dan penyewaan peralatan berkemah.

Lokasi Gunung Ciwaru

Lokasi Gunung Ciwaru dapat dicapai dari Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Karena akses jalannya agak sempit, disarankan untuk datang menggunakan sepeda motor atau sepeda. Tidak ada angkutan umum yang melintasi tempat wisata ini.

Dari arah kota Majalengka, arahkan kendaraan ke arah timur menuju Desa Payung. Lanjutkan melalui Blok Cimerang hingga pertigaan sebelum Warung Nangklak. Belok kanan dan ikuti jalan menuju tempat parkir.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button