Tempat Wisata

Tiket KERAJINAN YOGYAKARTA & Area Wisata Januari 2023

Biaya masuk ke Keraton Hadiningrat Ngayogyakarta: Rp 8.000 hingga Rp 15.000. Jam buka: 08.30-13.00 WIB. Nomor telepon : -. Alamat: Jalan Rotowijayan Blok #1, Panembahan, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55132.

Keraton Yogyakarta menjadi salah satu ikon wisata sejarah di Yogyakarta selain Candi Borobudur. Istana itu istana Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat Itu masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan. Kompleks istana sebagian telah mengubah fungsinya sebagai museum koleksi kekaisaran.

Keraton Yogyakarta masih menyimpan warisan budaya seperti kegiatan upacara adat dan barang antik lainnya. Nilai filosofis dan mitologis masih menyelimuti kehidupan di Keraton Yogyakarta.

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti Mainstream

Biaya masuk Keraton Yogyakarta

Wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini membayar tiket masuk yang cukup murah. Biaya masuk sama untuk kunjungan hari kerja dan akhir pekan.

Biaya masuk Keraton Yogyakarta
Tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp 8.000
Tiket Masuk Turis Internasional Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana TAMAN PINTAR Yogyakarta

Untuk wisatawan mancanegara, Anda dapat membaca semua tentang Keraton Yogyakarta (Keraton) di artikel ini.

Jam buka Keraton Yogyakarta

Sejak Keraton Yogyakarta dibuka untuk umum, banyak wisatawan yang mengunjunginya. Dari wisatawan lokal hingga mancanegara, mengenal isi seluruh Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta buka setiap hari dari pagi hingga siang hari.

jam operasi
jam buka 08.30 – 13.00 WIB

Kawasan Keraton Yogyakarta merupakan aib yang sayang untuk dilewatkan

Kraton Ngayogyakarta HadininggratKraton Ngayogyakarta Hadininggrat

Keraton Yogyakarta merupakan hasil karya Sultan Hamengkubuwana I, kepala arsitek dan pendiri Kesultanan Ngayogyakarta. Kepiawaiannya dalam bidang arsitektur telah diakui oleh para sarjana dari Belanda. Kompleks ini adalah salah satu contoh terbaik dari arsitektur keraton Jawa. Dilengkapi dengan halaman dan paviliun mewah, istana ini juga memiliki tujuh aula mewah.

Hal pertama yang terlintas di pikiran saat berkunjung ke sini adalah menjelajahi seluruh bagian keraton. Bagi wisatawan, mengunjungi situs sejarah yang masih berfungsi seperti dulu merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Meski beberapa di antaranya telah beralih fungsi menjadi museum, lembaga publik, dan permukiman.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Sari

Gapura Glatag-Pangurakan Gerbang Masuk Keraton Yogyakarta

gerbang masuk Keraton YogyakartaGerbang masuk ke kawasan Kraton.

Ini adalah gerbang utama memasuki kompleks keraton Yogyakarta dari utara. Gerbang ini dulunya berfungsi sebagai titik penurunan daftar jaga dan tempat pengusiran.

Kompleks Alun-alun Utara

Terletak di bagian utara Kraton Yogyakarta yang kini semakin menyempit. Tempat ini digunakan untuk acara-acara rakyat dan kerajaan yang melibatkan masyarakat setempat. Pada hari-hari biasa, digunakan oleh warga setempat sebagai tempat parkir dan lapangan sepak bola.

Baca: Tiket Masuk & Aktivitas Taman Pelangi Yogya

Masjid Agung

Masjid Agung Kesultanan ini terletak di sebelah barat kompleks Alun-alun Utara. Kompleks yang lebih dikenal dengan Masjid Gedhe Kauman ini dikelilingi tembok tinggi. Bangunan utama berupa kanopi persegi tertutup dengan atap tiga sisi.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Candi Prambanan

kompleks kinerja

Kompleks ini merupakan bangunan utama yang dahulu bernama Tratag Rambat. Kini berfungsi sebagai tempat wisata, religi dan upacara adat keraton lainnya.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Candi Borobudur

Kompleks Siti-Hinggil-Ler

Kompleks ini digunakan untuk mengadakan upacara resmi kerajaan. Kompleks ini lebih tinggi dari tanah sekitarnya dan terdapat deretan pohon Gayam.

Kompleks Sri Manganti

Kumpulan gamelan alat musik tradisional jawaBeberapa koleksi alat musik tradisional Jawa seperti gamelan dapat dilihat di Keraton Kesultanan Yogyakarta.

Terletak di selatan kompleks kamandungan ler melekat regol sri manganti. Kompleks ini berfungsi sebagai gudang pusaka keraton dan alat musik gamelan. Terkadang juga berfungsi sebagai tempat acara wisata kastil.

kompleks konten ler

Lebih dikenal sebagai Keken karena ada pohon Keken di situs web. Ada bangunan di tengahnya bangsal ponkonit yang merupakan bangunan utama. Stasiun ini sekarang difungsikan sebagai tempat acara adat seperti garbeg dan memisahkan.

Kompleks Siti Hinggil Kidul (Sasana Hinggil)

Siti Hinggil atau lebih dikenal dengan Hinggil Dwi Abad Gym berada di utara Alun-alun Selatan. Sekarang digunakan untuk pertunjukan seni pertunjukan seperti wayang kulit, pameran dan sebagainya.

kompleks kamar

Kompleks ini memiliki gapura dengan patung dua ekor ular yang merupakan simbol tahun berdirinya keraton. Di kompleks ini ada departemen magang yang ada di tengah halaman. Berfungsi sebagai tempat upacara lagu bedhol dan pertunjukan wayang kulit.

Kompleks Kedhaton

Gedung Keraton Yogyakartabangunan istana

Kompleks ini merupakan pusat dari keseluruhan keraton yang terdiri dari tiga bagian, yaitu bagian pertama pelataran Kedhaton yang merupakan bagian Sultan. Bagian kedua adalah bagian istri dan anak perempuan Sultan dan terakhir bagian anak laki-laki Sultan. Tidak semua kompleks ini terbuka untuk umum, khususnya dari Kencono Ward ke arah barat.

Komplek Kamandhungan Kidul

Kompleks ini memiliki satu bangunan utama Kecamatan Kamandhungan. Ada gerbang di sisi selatan Komandan Kamandhunganini adalah pintu paling selatan.

alun-alun selatan

Hotel ini terletak di selatan kawasan yang merupakan pusat hiburan rakyat. Pada malam hari tempat ini dipadati pengunjung yang menikmati hidangan di Angkringan. Di tengah alun-alun terdapat dua buah beringin besar yang menjadi mitos masyarakat.

Plengkung Nirbaya (Plengkung Gading)

Ini adalah ujung selatan dari sumbu utama daerah keratonic. Gerbang ini berfungsi sebagai pintu keluar prosesi pemakaman panjang Sultan ke Imogiri. Tempat ini tidak terbuka untuk umum.

Jadwal Kegiatan Menarik di Keraton Yogyakarta

Selain melihat-lihat bangunan yang ada di keraton, pengunjung juga bisa melihat beberapa pertunjukan di keraton. Pertunjukan ini diadakan secara rutin di keraton pada jam dan hari yang telah ditentukan. Ada juga pertunjukan berupa upacara adat yang digelar untuk memperingati hari-hari tertentu.

  • Pertunjukan gamelan pada hari Senin dan Selasa pukul 10.00-12.00 WIB
  • Pertunjukan Wayang Kulit pada hari Sabtu pukul 09.00-13.00 WIB
  • Pertunjukan tari pada hari Minggu dan Kamis pukul 19.00-12.00 WIB
  • Pembacaan puisi pada hari Jumat pukul 10.00-11.30 WIB
  • Pertunjukan Wayang Golek pada hari Rabu pukul 09.00-12.00 WIB

Lokasi Kraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta terletak di Jalan Rotowijayan Blok No.1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya yang berada di pusat Kota Yogyakarta akan memudahkan wisatawan untuk menuju keraton ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button