Tempat Wisata

Tiket & Lintasan MOUNT PATUHA Bandung Desember 2022

Biaya masuk ke Gunung Patuha: Rp 28.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat : Sugih Mukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, -.

Gunung Patuha merupakan salah satu gunung berapi di Kabupaten Bandung. Destinasi wisata populer Kawah Putih merupakan bagian dari gunung ini. Lebih banyak orang yang mengetahui kawah daripada gunung sebagai tujuan pendakian. Padahal, gunung ini menyimpan banyak pesona alam tersembunyi yang menarik saat dijelajahi.

Harga tiket masuk Gunung Patuha

Tiket pendakian Kawah Putih dan Cipanganten memiliki harga yang berbeda. Namun keduanya cukup terjangkau dan sebanding dengan fasilitas yang tersedia.

Biaya masuk
Tiket masuk melalui Kawah Putih Rp 28.000
Tempat parkir motor Kawah Putih Rp 8.000
area parkir Rp 15.000

Baca Juga: 10+ Destinasi Wisata Gunung Terbaik di Jawa Barat

jam buka

Pendakian Gunung Patuha terbuka untuk umum 24 jam sehari. Hindari pendakian di musim hujan agar tidak terjebak badai dan menghadapi jalan akses yang licin dan berbahaya.

jam operasi
Setiap hari 24 jam

Wisata Pendakian Gunung Patuha

Panorama matahari terbit Gunung PatuhaMenikmati sunrise dari Sunan Rama – Foto: Google Maps/Stevanus

Bagi pendaki pemula, tujuan pendakian biasanya berkisar pada perbukitan. Namun, ada juga beberapa gunung dengan jalur yang layak untuk dicoba oleh pemula. Gunung Patuha misalnya dengan ketinggian 2.434 mdpl.

Situs tersebut berada di Kabupaten Bandung, tepatnya di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu. Gunung ini merupakan “ibu” dari Kawah Putih. Destinasi wisata yang sudah terkenal di kalangan wisatawan di Bandung dan sekitarnya.

Ternyata selain Kawah Putih, gunung ini juga menawarkan jalur pendakian yang menarik. Kondisi geografis yang menggoda dengan hutan cantigi dan puncak kembar. Tak butuh waktu lama untuk mencapai klimaks. Namun bukan berarti jalurnya tidak menantang sama sekali.

Tiga jalur

Jalur pendakian di sisi tebing Kawah PutihPemandangan Kawah Putih menemani perjalanan menuju Sunan Rama – Foto: Google Maps/Ngacir Adventure

Ada tiga jalur pendakian di Gunung Patuha. Ketiga jalur tersebut adalah Kawah Putih, Cipanganten dan Punching. Jalur Kawah Putih merupakan jalur resmi yang dibuka untuk umum. Sedangkan jalur lain yang tak kalah ramai adalah Cipanganten.

Jika memilih jalur Kawah Putih, pendaki bisa menggunakan kendaraan atau berkendara menuju puncak pertama. Transportasi ini cocok untuk pendaki yang sangat pemula atau ingin menghemat waktu. Rute Cipanganten memiliki rute yang lebih panjang dan menawarkan lebih banyak tantangan.

Jalur Kawah Putih

Kawah Putih dilihat dari Sunan IbuPanorama Kawah Putih dari Spot Sunan Ibu – Foto: Google Maps/Ryan Suryadi

Titik awal pendakian melalui jalur Kawah Putih adalah pintu masuk. Dari sini pendaki bisa mencapai puncak pertama yaitu Sunan Ibu dengan mobil atau motor. Perjalanan dimulai langsung dari ketinggian 2.300 mdpl.

Sebelum start, pendaki bisa menikmati panorama Kawah Putih. Kawah ini terbentuk dari letusan kedua Gunung Patuha. Pemandangan dari spot ini dijamin akan membuat Anda terkagum-kagum.

Pendakian ke puncak tidak jauh. Namun, medannya adalah hutan dengan vegetasi yang lebat. Pendaki akan menemukan banyak lumut, jamur, pakis dan pohon buah ceremai. Pemandangan dari atas Kawah Putih menemani Anda di awal Kenaikan.

Selain jalur yang sempit, perjalanan juga akan melewati tanjakan yang terjal. Jalan menjadi licin, terutama setelah hujan. Akan ada banyak penyeberangan, sehingga bagi pemula wajib menggunakan jasa guide. Ini untuk menghindari tersesat.

Jalur Cipanganten

Perkebunan Teh PatuahwatteePerjalanan dimulai di Perkebunan Teh Patuahwattee yang sejuk dan mempesona – Foto: Google Maps/APRAX Community

Jalur Cipanganten dimulai sedikit lebih jauh dari Kawah Putih. Tentu saja, itu membutuhkan lebih banyak waktu dan lebih banyak usaha. Di awal perjalanan, pendaki melintasi perkebunan.

Kebun sayur dan kebun teh adalah pemandangan yang patut dilihat. Jalannya cukup lebar karena juga merupakan akses jalan pertanian. Butuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke Sunan Ibu.

Pendaki tiba di sebuah danau sebelum Sunan Ibu. Danau yang indah ini terletak di dalam Kebun Teh Patuahwattee. Banyak juga yang menyebut danau ini Ranu Kumbolo kecil. Tempat ini merupakan base camp tidak resmi yang bisa dijadikan tempat beristirahat atau berkemah.

Tidak butuh waktu lama kami pun sampai di tempat selanjutnya yaitu Sunan Ibu. Dari sini perjalanannya kurang lebih sama dengan mendaki melalui Kawah Putih. Pendaki harus melewati hutan lebat dan jalan setapak yang terjal. Puncak tertingginya adalah Sunan Rama yang berdiri di ketinggian 2.434 mdpl.

Jalan Sunan Rama

Puncak Sunan Rama di ketinggian 2.434.  m.a.s.lAda dua puncak Gunung Patuha yaitu Sunan Ibu di ketinggian 2.300 mdpl dan Sunan Rama di ketinggian 2.434 mdpl – Foto: Google Maps/Dyah Lestari

Puncak Sunan Rama merupakan tempat Kawah Benih berada. Kawah ini merupakan kawah pertama yang terbentuk saat Gunung Patuha meletus. Sesuai dengan namanya, kawah ini merupakan kawah kering atau “kapan”.

Dari atas, pendaki bisa melihat keberadaan batu Petilasan di dasar kawah. Sunan Rama memang merupakan kawasan suci dan tujuan ziarah. Untuk itu, pendaki tidak boleh sembarangan berjalan di sini.

Kawasan ini juga menjadi tempat terjadinya kebakaran hutan pada tahun 2019. Karena itu, dilarang membuat api di sekitar sini. Ini termasuk kegiatan seperti merokok atau membakar sampah.

Pemandangan dari puncak kedua tak kalah menawan dari Sunan Ibu. Tempat ini sering menjadi tempat menonton matahari terbit. Matahari terbit terlihat lebih menawan karena muncul dari balik tebing Kawah Saat.

Fasilitas Basecamp Gunung Patuha

Fasilitas di Basecamp Pendakian Gunung Patuha terbilang cukup lengkap. Di Base Camp Kawah Putih terdapat tempat parkir yang luas, toilet, mushola dan pusat informasi. Basecamp Cipanganten juga menyediakan fasilitas parkir, mushola, toilet dan stand. Ada juga paviliun untuk istirahat di sepanjang jalan setapak.

Lokasi Gunung Patuha

Gunung Patuha terletak di Desa Sugih Mukti, Kecamatan Pasir Jambu, Kabupaten Bandung. Dari Bandung, Anda bisa mengambil rute Soreang – Ciwidey – Rancabali untuk menuju Kawah Putih. Rute Cipanganten dimulai dari Desa Cipanganten, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali. Titik acuan adalah kebun teh PT. Agri Wangi Sentosa.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button