Tempat Wisata

Tiket LOKANANTA BLOC dan berbagai koleksinya

Blok Lokananta

  • Biaya masuk: Rp.30.000
  • Jam buka: 10.00 – 18.00 WIB
  • Nomor telepon: 082141510691
  • Alamat Lokasi : Jalan Ahmad Yani Nomor 389, Desa Kerten, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57143

Blok Lokananta merupakan salah satu objek wisata baru di Solo. Tempat wisata ini memadukan sejarah, budaya dan seni untuk menghidupkan kembali studio rekaman tertua di Indonesia.

Dalam suasana bangunan bergaya klasik, pengunjung dapat mempelajari sejarah musik Indonesia dalam berbagai bentuk dan media. Jika Anda sedang mencari tempat wisata lain di Surakarta atau Solo, Anda bisa mencoba Blog Lokananta.

Biaya masuk

Berapa biaya yang Anda keluarkan untuk mengunjungi blok Lokananta? Hanya dengan 30.000 rupiah, pengunjung sudah bisa menikmati galeri dan museum musik legendaris Indonesia ini. Semua pengunjung dapat membelinya melalui reservasi atau langsung di lokasi.

Baca: Tiket dan Objek Wisata THE HERITAGE PALACE

Jam operasional

Destinasi wisata Blok Lokananta dibuka pada hari Rabu hingga Senin. Pengunjung dapat memilih untuk mengikuti tur museum berpemandu atau mengikuti sesi Walk-in atau kunjungan mandiri. Waktu masuk khusus berlaku bagi pengunjung Walk-in.

Hari/jenis kunjungan Jam operasional
Rabu – Minggu 10.00 – 18.00 WIB
Selasa Liburan
Sesi walk-in 11.00, 13.00, 15.00, 17.00 WIB

jam buka

daya tarik

Museum Musik Blok LokanantaMuseum Musik Blok LokanantaAlat produksi musik pada zaman dahulu – Foto: Gmaps/Dimas Hayyu

Blok Lokananta merupakan objek wisata baru di Solo hasil revitalisasi Sanggar Lokananta. Studio ini merupakan studio rekaman legendaris karena merupakan yang tertua di antara rumah produksi lainnya di Indonesia. Selanjutnya tempat ini direnovasi besar-besaran oleh M Bloc Group.

Kawasan wisata Blok Lokananta akan dibuka pada bulan Juni 2023 dengan konsep baru yang lebih fresh. Tak hanya sebagai studio rekaman, tapi juga sebagai museum, galeri seni, dan tempat pertemuan anak muda.

Di sini pengunjung bisa mendapatkan wawasan tentang perkembangan musik di Indonesia. Jangan lupa untuk menikmati berbagai instalasi seni unik yang dibuat dari alat perekam musik.

Baca: Tiket dan Objek Wisata BALEKAMBANG PARK Solo

Merevitalisasi studio rekaman ikonik Indonesia

Koleksi gamelanKoleksi gamelanKoleksi Alat Musik Gamelan Tradisional Lokananta – Foto: Gmaps/Hendro Kusumo BSN

“Lokananta” adalah nama yang pasti familiar di telinga warga Solo atau Surakarta. Namun belum banyak yang mengetahui kalau inilah nama warisan budaya penting Indonesia. Lokananta menjadi titik tolak penciptaan dan perkembangan musik tanah air.

Gedung Lokananta dibangun pada tahun 1956 oleh Kepala Departemen Radio Republik Indonesia (RRI) saat itu, yaitu Raden Maladi. Tepat pada tanggal 29 Oktober, rumah produksi musik pertama didirikan di Surakarta. Puluhan ribu rekaman dan ribuan rekaman sejarah berharga Indonesia lahir di sini.

Lokananta didirikan sebagai studio rekaman selama puluhan tahun dan lama kelamaan mengalami kerusakan. Setelah “Putri Tidur yang panjang”, warisan budaya ini mendapat perhatian dari Grup M Bloc.

Perusahaan yang merevitalisasi dan memperkuat berbagai bangunan cagar budaya. Selanjutnya perusahaan ini mentransformasi dan mengelola Lokananta menjadi ruang kreatif dan destinasi wisata di Solo.

Blok Lokananta kemudian resmi diluncurkan sebagai reinkarnasi dari studio rekaman Lokananta. Tempat ini kini menjadi galeri seni, museum musik Indonesia dan ruang publik untuk kreativitas dan penentuan nasib sendiri.

Tak hanya menarik minat anak muda, berbagai kalangan juga datang ke sini. Tujuannya tak lain untuk menikmati suasana wisata edukasi dan seni yang berbeda dari biasanya.

Baca: Biaya Masuk Kebun Binatang Jurug Solo dan Pengambilan Hewan

Cara memesan Galeri Blok Lokananta

Sejarah Musik IndonesiaSejarah Musik IndonesiaPelajari lebih lanjut tentang asal usul produksi musik Indonesia – Foto: Gmaps/Michael Rahmadita

Untuk mengunjungi Galeri Blok Lokananta, pengunjung harus melakukan reservasi on line. Reservasi ini dapat dilakukan melalui link yang tersemat pada profil akun Instagram resmi Lokananta Bloc (@lokanantabloc).

Harap diingat bahwa reservasi sebaiknya dilakukan di lokasi agar tidak menghabiskan kuota kunjungan. Calon pengunjung dapat melakukan reservasi mulai pukul 7 pagi saat formulir dibuka.

Pengunjung dapat memilih antara empat waktu kunjungan dan dua jenis tiket: memandu atau Walk-in. Tiket berlaku untuk pengunjung berusia 3 tahun ke atas. Pengunjung juga harus tiba tidak lebih dari 10 menit sebelum waktu kunjungan yang diinginkan untuk mendaftar ulang. Tiket hanya berlaku untuk satu kali kunjungan dengan durasi maksimal 2 jam.

Bicara soal berapa biaya mengunjungi blok Lokananta, wisatawan tak perlu khawatir. Tiket masuk area Lokananta Studio sangat terjangkau yaitu 30.000 rupiah. Harga tiket ini berlaku Apartemen Setiap hari, baiklah akhir pekan tetap hari kerja. Pembayaran tiket hanya dapat dilakukan secara cashless melalui mesin QRIS atau EDC yang tersedia.

Tiket masuk hanya berlaku untuk mengunjungi Galeri Lokananta. Pengunjung yang ingin berkeliling kawasan sekitar dan taman tidak perlu membeli tiket.

Galeri Lokananta

Koleksi vinilKoleksi vinilSelain melihat koleksi piringan hitam, pengunjung juga bisa membeli piringan hitam di Blok Lokananta – Foto: Gmaps/Asma Tsabitah

Usai revitalisasi, wisatawan mungkin penasaran ingin tahu apa saja yang ada di Lokananta Solo? Jawabannya adalah beragamnya tempat wisata yang unik. Namun daya tarik utamanya tentu saja adalah Galeri Lokananta, yang merupakan galeri seni sekaligus museum.

Di gedung yang bergaya sekolah tua Pengunjung saat ini dapat mengunjungi sembilan kawasan. Kesembilan kawasan tersebut adalah Linimasa, Gamelan, Diskografi, Bengawansolo, Anekanada, Proklamasi, Showroom, Perpustakaan dan Toko Lokananta.

Dengan menjelajahi seluruh kawasan ini, pengunjung akan mendapatkan wawasan tentang sejarah perkembangan musik Indonesia. Mulai dari alat musik tradisional, lagu-lagu populer dulu, hingga band-band musik dulu. Ada juga ruangan dengan rekaman musik, radio tua, dan pameran desain Meliputi Album musik.

Selain belajar, pengunjung juga akan disuguhi desain interior yang indah. Struktur bangunan Galeri Lokananta tidak terlalu banyak mengalami perubahan. Beberapa sudut sebenarnya sudah direstorasi agar lebih stabil tanpa menghilangkan nuansa klasiknya. Alhasil, Galeri Lokananta memiliki banyak sudut estetis Dan Instagramable, Kamu tahu.

Kawasan blok Lokananta

ampiteaterampiteaterPasca revitalisasi, Lokananta punya banyak ruang publik – Foto: Gmaps/Dhani Prasetyo

Di luar area galeri, pengunjung akan menemukan area outlet dan Ring Park. Terdapat beragam pilihan tempat makan dan toko pernak pernik menarik yang layak untuk dikunjungi.

Pengunjung bisa bersantai sejenak sambil mengisi perut dengan berbagai menu. Ada juga tempat minum kopi yang nyaman ketika Anda menghabiskan waktu lama untuk menyelesaikan tugas atau bekerja.

Ada juga amfiteater fungsi ganda. Area ini bisa menjadi tempat duduk bersantai, tempat bertemu dan berdiskusi, atau tempat berfoto. Kawasan ini juga menjadi tempat diadakannya berbagai acara seni atau festival musik.

Perabot

Fasilitas yang ada di Blok Lokananta antara lain tempat parkir mobil, toilet, musala, ruang pertemuan, cafe dan toko oleh-oleh. Objek wisata ini juga menyediakan pemandu wisata galeri.

Lokasi

Blok Lokananta terletak di Jalan Ahmad Yani Nomor 389, Kelurahan Kerten, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Untuk pemesanan dan informasi, kunjungi akun Instagram resmi Blok Lokananta atau hubungi 082141510691.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button