Tempat Wisata

Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul dan Lokasinya

Air Terjun Sri Gethuk adalah salah satu tempat wisata di Jogja yang paling populer bersama dengan Pantai Gunung Kidul. Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun dan alam sekitarnya dengan menggunakan rakit yang disediakan oleh pengelola.

Jam buka: 08.00-16.00 WIB
harga tiket: Rp 10.000/orang
Kontak:
Alamat: Mungguran II, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta
Fasilitas umum: Toilet, musala, istal
Akses jalan: Baik (Menggunakan kendaraan pribadi)
Bisnis: Ada
Peta Daring: tunjukkan peta

Air Terjun Sri GethukGambar (c) Alodiatour.com

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Kidul, kawasan ini merupakan jantung wisata Kota Yogyakarta. Dikenal sebagai Bali ke-2, kawasan ini memang indah dan memiliki tempat yang pas untuk semua kalangan. Tidak hanya yang muda, tetapi juga yang tua mendapat bagiannya.

Salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk. Dan air terjun ini mampu menghilangkan segala penat dan beban berat selama bekerja. Pesonanya yang unik menawarkan pengalaman berbeda mengunjungi air terjun.

Air Terjun Sri Gethuk

Jika melihat di berbagai media sosial, bentuk air terjun ini memang sangat sempurna. Dimana air yang jatuh dari atas jatuh langsung ke sungai yang berwarna kehijauan. Selain itu, sungai ini sangat bersih dan jernih.

Nuansa yang dihadirkan juga berbeda dengan air terjun lainnya. Tenang dan tentram karena sobat traveller tidak akan mendengar gemuruh Grojogan yang jatuh dari atas. Karena Sri Gethuk memiliki struktur batuan yang berkelok-kelok.

Jadi air dari atas hanya akan mengalir mengikuti lekukan bebatuan. Aliran air tidak berubah, selalu seperti itu di musim kemarau atau musim hujan. Keunikan kawasan ini berasal dari jalan menuju titik lokasi.

Ada dua pilihan yang bisa diambil. Berjalan menuruni bukit terlebih dahulu atau naik perahu yang disediakan. Wisatawan bisa memilih sendiri dengan harga yang tentunya akan berbeda.

Disarankan untuk memilih perahu. Pemandangan pagi hari dari tebing dan Sungai Oyo yang jernih menjadi daya tarik yang tidak ada duanya. Kapal ini membawa wisatawan dan membawa wisatawan kembali ke pintu masuk.

Rasanya seperti berjalan menyusuri Amazon atau berada di Sungai Maron di Pacitan. Hanya saja jarak tempuhnya tidak lebih dari 15 menit, wisatawan akan sampai di lokasi Air Terjun Sri Gethuk.

Bagi yang memilih jalur tracking, wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 450 meter. Rute ini tidak kalah menyenangkan dari perjalanan perahu. Dimana wisatawan perlu menyeberangi sungai-sungai kecil dan menjelajahi alam.

Sungai-sungai kecil inilah yang menjadi sumber Air Terjun Sri Gethuk ini. Tak hanya sungai, wisatawan juga disuguhkan dengan pepohonan yang menjulang tinggi. Sawah terbentang jauh dan menghadirkan kesejukan tersendiri.

Cobalah datang pada saat panen raya, pemandangan hijau nan elegan akan tersaji di depan mata Anda. Melihat sawah ini biasanya menjadi batu sandungan karena suasananya bisa mengalihkan perhatian wisatawan.

Di sini juga, wisatawan bisa berenang di Sungai Oyo yang memiliki kedalaman sekitar 2 hingga 3 meter. Untuk renang pihak pengelola telah menyediakan berbagai jenis alat keselamatan seperti pelampung dan helm serta ban yang mungkin dibutuhkan.

Di air terjun ini terdapat sebuah kolam yang airnya mengalir membasahi kolam ini. Pada saat-saat tertentu, fenomena pelangi akan muncul dengan sendirinya, jadi jangan sampai ketinggalan ya sobat wisata.

Wisatawan tidak hanya bisa menikmati pemandangan Srigethuk, tetapi juga melakukan berbagai aktivitas menarik seperti tracking, cliff jumping, river tubing dan masih banyak lagi, yang dijamin seru dan lupa waktu.

Jangan lupa menikmati menu yang ada di area ini. Rasakan juga menu khas daerah ini yaitu Thiwul yang sangat enak dan gurih. Ada juga masakan khas pedesaan berupa Urap-Urap dan Tempe Sayur Lombok Ijo.

Bagi wisatawan yang hobi memancing, jangan lewatkan area pemancingan yang khusus dibangun untuk wisatawan yang hobi memancing. Di kawasan ini, wisatawan bisa ditemani oleh warga sekitar yang juga memiliki hobi yang sama.

Menariknya, ikan di sini cukup besar dan begitu ramah. Jadi Anda bisa mendapatkan ikan keren dalam waktu singkat. Jangan lewatkan area ini dan rasakan keseruan memancing di area ini.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menuju kawasan ini, Anda bisa berkendara melalui Piyungan, Pathuk hingga pertigaan Ivory T. Dari sini, belok kanan dan ikuti rambu di area tersebut.

Setelah melewati tempat parkir, wisatawan turun beberapa anak tangga dan sampai di pintu masuk. Bagi yang ingin menggunakan perahu, wisatawan bisa langsung menunggu di dermaga.

Mereka yang ingin menikmati pemandangan pedesaan dapat menggunakan jalur yang telah ditentukan. Perlu dicatat bahwa jalan setapak di sini agak licin selama musim hujan dan banyak tanah berlumpur.

Baca juga: Daftar Tempat Wisata di Jogja

Biaya masuk

Harga yang harus dibayar untuk menikmati kawasan ini hanya 10.000 rupiah. Bisa menggunakan perahu wisata tradisional. Nah, bagi yang ingin melakukan perjalanan darat. Anda juga bisa menyewa jaket pelampung atau dengan biaya 5.000 rupiah.

Air Terjun Sri GethukGambar (c) @gitamelinda8

Air Terjun Sri GethukGambar (c) @iis_sarbini

Air Terjun Sri GethukGambar (c) @inainu.id

Air Terjun Sri GethukGambar (c) @kangchepot22

Air Terjun Sri GethukGambar (c) @wahyudwi_lestari

Air Terjun Sri Gethuk merupakan kawasan yang memiliki masa depan Gunung Kidul. Hadir dengan panorama lain dari daerah lain. Dolan Yok, pergilah ke tempat ini dan rasakan nuansa berbeda dari objek wisata unggulan Gunung Kidul ini.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button