Tempat Wisata

Tiket Masuk & Atraksi PANTAI ASMARA Februari 2023

Biaya masuk ke Pantai Asmara: Rp 3.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat/Lokasi: Jalan Pelabuhan Tanjung Kalian, Tanjung, Muntok, Bangka Barat, Bangka Belitung, Indonesia, 33351.

pantai asmara memang cocok sebagai tujuan untuk berpetualang. Karena pantai ini masih tergolong pantai yang tidak terlalu ramai. Sehingga wisatawan bisa leluasa menjelajahi pantai tanpa terganggu keramaian. Namun, juga pada hari libur nasional.

Kalaupun masih sepi, sudah ada pengelola dan fasilitas umum yang melengkapi pantai. Ada banyak warung makan dan minum di sekitar pantai. Berbagai kegiatan juga bisa dilakukan. Dan yang jelas, pantai ini sangat bersih dan bebas dari sampah.

Biaya Masuk Pantai Asmara Bangka Barat

Pantai ini memiliki biaya masuk yang sangat terjangkau.

Biaya masuk
tiket masuk Rp3.000
Kendarai mercusuar Rp5.000

Baca: Tiket Masuk Bangka TIKUS EMAS Bangka, Lokasi dan Fasilitas

Jam buka Pantai Asmara Bangka Barat

Pantai ini buka sepanjang hari, juga wisatawan bisa berkemah di kawasan pantai ini.

jam operasi
Setiap hari 24 jam

Pesona indah dan bersihnya Pantai Asmara Bangka Barat

Pantai Asmara yang tenangPantai Asmara yang tenang. Foto: Gmap/supianto sukri

Pantai Asmara, pantai yang tenang dan damai yang begitu pemaaf. Tujuan akhir bagi mereka yang berjiwa petualang dan merindukan pantai pribadi. Meski mudah dikunjungi karena berada di pinggir jalan raya, namun tidak terlalu ramai pengunjung. Ketenangan pantai ini dilengkapi dengan pemandangan pedesaan yang mempesona.

Sejauh mata memandang Anda akan melihat hamparan lautan luas yang jernih. Hingga 5 meter dari bibir pantai, wisatawan masih bisa melihat jernihnya air. Bahkan dasar laut masih terlihat dari permukaan. Ombak yang datang tidak terlalu tinggi sehingga masih aman untuk bermain-main di sekitar pantai.

Kawasan tersebut terlihat cerah karena pasir pantainya berwarna coklat muda. Butirannya sehalus bubuk merica, yang juga terasa nyaman saat disentuh dengan kaki. Tidak ada tumpukan bebatuan di pantai sejauh mata memandang. Pantai ini juga ditumbuhi pepohonan yang membuat pemandangan semakin indah.

Baca: Tiket Masuk & Atraksi PANTAI TANJUNG PESONA Bangka

Berenang di Pantai Asmara

Air di Pantai Asmara sangat jernih sehingga semua orang akan tergoda untuk menikmatinya. Sayang sekali jika Anda tidak berenang di area pantai saat berada di sini. Pantainya masih cukup dangkal untuk berenang dan dasar lautnya masih terlihat dari permukaan. Wisatawan bisa berenang lebih leluasa karena bebatuan di sekitar pantai lebih teratur.

Agar lebih seru, wisatawan bisa membawa ban renang. Biasanya para remaja yang datang bersama teman-temannya asyik bermain ban renang besar. Di suatu tempat ditarik atau didorong, lalu dibalik seperti fitur air.

Ini juga relatif aman untuk anak-anak. Orang tua bisa menemani anaknya bermain di pantai. Bisa juga menggunakan pelampung anak untuk berenang di pantai.

Baca: PANTAI RAMBAK, Tiket & Atraksi Bangka

Mengunjungi Mercusuar Tanjung Kalian

Ambil foto dari atas mercusuarAmbil foto dari atas mercusuar. Foto: Gmap/Dimas Prakasa

Tidak jauh dari pantai, hanya 3 menit berjalan kaki, terdapat mercusuar. Mercusuar ini dikenal dengan nama Mercusuar Tanjung Kalian yang berwarna putih dengan ujung berwarna merah. Mercusuar ini melegenda karena dibangun oleh pemerintah Belanda sejak tahun 1862. Dulu berguna untuk mengamati aktivitas laut dan mengawasi kapal yang masuk dan keluar.

Sejak tahun 1862 mercusuar ini tidak pernah dipugar, hanya beberapa kali dicat ulang. Meskipun demikian, bangunan tersebut masih sangat terawat dan kondisinya masih bagus. Dalam kondisi yang baik, mercusuar ini masih bisa digunakan sebagai menara pengintai. Dari puncak mercusuar Anda bisa melihat laut hingga jarak 40 mil.

Mercusuar ini memiliki ketinggian 65 meter dan terdiri dari 16 lantai dengan ratusan anak tangga. Untuk menikmati mercusuar ini hanya 10 orang per kunjungan dibatasi dengan waktu 15 menit. Sedangkan harga tiket masuk berbeda dengan harga tiket masuk pantai. Dengan waktu 15 menit, wisatawan bisa memanfaatkannya untuk berfoto dan menikmati pemandangan dari atas mercusuar.

Baca: Tiket, Atraksi, dan Fasilitas Pantai Parai Tenggiri

Bangkai kapal estetika

Ada kapal karam tidak jauh dari area mercusuar. Kapal karam ini adalah kapal Angkatan Darat Australia yang ditenggelamkan oleh Jepang selama Perang Dunia II. Bangkai kapal itu kini menjadi kesempatan berfoto unik bagi wisatawan. Wisatawan bisa berfoto atau menyelam dengan peralatan khusus.

Jika berkesempatan menyelam, wisatawan bisa melihat detail kapal yang tenggelam ratusan tahun lalu. Beberapa ikan dan karang tumbuh di sekitar kapal. Ini sekarang menjadi habitat hidup hewan laut ini.

Piknik di bawah pohon rindang

Berpikniklah untuk menikmati kuliner khas BangkaBerpikniklah untuk menikmati kuliner khas Bangka. Foto: Gmap/eka ardianeka

Siang yang terik tidak mengurangi kenyamanan menghabiskan waktu di pantai ini. Wisatawan masih bisa bersantai dengan piknik di bawah rindangnya pepohonan. Dan sambil menikmati segarnya air kelapa muda yang dijual di sekitar pantai.

Tak sedikit pula wisatawan yang membawa bekal untuk dinikmati di siang hari. Semilir angin sepoi-sepoi yang berhembus juga menemani makan siang di pantai ini.

Bersihkan pantai dari sampah

Pantai ini tidak hanya cantik, tetapi juga tepat disebut pantai yang bersih. Tidak ada sampah yang berserakan di pantai ini. Juga di sudut-sudut pantai tidak ada penumpukan sampah.

Hal ini tak lepas dari partisipasi pengunjung dan penjual makanan. Siapa yang membawa sampah setelah penjualan. Untuk menjaga kebersihan pantai.

Menikmati indahnya senja Pantai Asmara

Senja di pantai AsmaraSenja di pantai Asmara. Foto: Gmap/adib aza

Sore hari adalah waktu yang tepat untuk bersantai. Sambil menikmati pemandangan sunset yang indah. Langit jingga menghadirkan suasana menyenangkan tersendiri. Suara kapal terdengar samar di kejauhan.

Bukan hanya suara, kapal-kapal besar pun berlayar di kejauhan. Sore hari, hadirkan keindahan pemandangan tersendiri di Pantai Asmara.

Lokasi Pantai Asmara, Bangka Barat

Pantai berpasir putih ini terletak di Jalan Pelabuhan Tanjung Kalian, Tanjung, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button