Tempat Wisata

Tiket Masuk & Atraksi Wisata Waduk Sermo

Tiket Masuk Waduk Sermo: Rp 6.000 – Rp 15.000 Jam: 07:00 – 17:00 No Telp: -Alamat: Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Indonesia, 55653

Tak ayal, Yogyakarta memang kaya akan wisata alam. Potensi keindahan alamnya sedang dikembangkan menjadi tempat wisata yang indah. Sebagai Waduk Sermo ini di Kulon Progo, Yogyakarta.

Jogja tidak hanya memiliki pantai tetapi juga gunung dan danau yang begitu indah. Nama waduk ini mungkin masih asing di telinga wisatawan. Namun pesonanya sangat patut diacungi jempol. Bahkan pesona keindahannya seperti Ranu Kumbolo di lereng Gunung Semeru.

Baca: LOKASI WISATA DI JOGJA: 49 destinasi anti mainstream

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo Kulon Progo

Pengunjung yang ingin berkemah hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000.

Biaya masuk
Tiket masuk Waduk Sermo Rp 6.000
tiket berkemah Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk PANTAI BUGEL Kulon Progo dan Berbagai Kegiatan

jam operasional

Tempat wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Namun, bagi pengunjung yang berkemah, wisata buka 24 jam sehari.

jam operasional
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Objek wisata Waduk Sermo

Keindahan Waduk SermoKeindahan Waduk Sermo. Foto: Gmap/Rizal Bahriawan

Baca: Eksotisnya Sunset Dam Kamijoro di Sungai Progo

Seperti Ranukumbolo, Waduk Sermo juga dimiliki oleh Kulon Progo. Tempat ini memiliki danau yang begitu jernih dan berwarna hijau. Daerah sekitarnya penuh dengan pepohonan yang rimbun dan begitu hijau. Tak hanya itu, rerumputan yang menutupi seluruh permukaan tanah menambah keindahannya.

Langit biru dengan awan menambah keindahan pesona kawasan ini. Selain itu, air waduk yang jernih menunjukkan pantulan awan dan pepohonan di sekitarnya. Dari waktu ke waktu ia tampak terganggu oleh air laut yang tenang oleh ikan atau hewan yang menyentuh permukaannya.

Udara waduk ini sangat sejuk sehingga pengunjung tidak kepanasan meski di siang hari. Padahal matahari bersinar sangat terik. Menikmati keindahan waduk semakin lengkap saat angin berhembus pelan dan lembut membelai kulit tubuh.

Baca: 7 Tempat Wisata Menarik di Kulon Progo

Makam di Waduk Sermo

Waduk Sermo diresmikan oleh Presiden Suharto pada tahun 1989. Pembangunan tempat wisata ini terbilang sangat cepat yaitu 2 tahun 8 bulan. Luas waduk sekitar 7.000 hektar, sehingga masa pembangunan dua tahun dianggap cepat. Dan sistem irigasi di sini merupakan kelanjutan dari beberapa sistem irigasi dari berbagai daerah.

Waduk Sermo dibangun di tengah Pegunungan Menoreh. Agar pemandangannya begitu indah, selain pemandangan waduk, wisatawan juga disuguhi pemandangan pegunungan yang indah. Dan selain tempat wisata, waduk ini juga digunakan sebagai sumber air bersih PDAM.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Mudal River Park

Selain keindahan dan fungsinya, mengembangkan kepercayaan di masyarakat. Dimana Sermo merupakan nama leluhur masyarakat setempat yang disebut Mbah Sermo. Menurut laporan, di tengah danau adalah makam Mbah Sermo, yang meninggal puluhan tahun lalu. Meski dikabarkan telah dipindahkan, beberapa orang meyakini makam tersebut masih berada di lokasi aslinya.

Berkemah di Waduk Sermo

Berkemah di sekitar Waduk SermoPengunjung dapat menikmati kegiatan berkemah di sekitar waduk. Foto: Google Maps/Maulida Farahanita

Baca: Tiket & Aktivitas Wisata Mangrove Kulon Progo

Waduk Sermo adalah tempat yang indah untuk bersantai dan menikmati alam. Keindahannya membuat Anda betah berlama-lama di sana. Pengunjung juga bisa berkemah di sekitar waduk. Di sini adalah tempat untuk semua orang yang akan berkemah di danau.

Serunya camping, pengunjung bisa menikmati sejuknya pemandangan pagi. Pada pagi hari, area waduk akan diselimuti kabut putih. Terkesan mistis, namun penuh pesona keindahan. Kesegaran dan kesejukan udara akan menyambut pagi dengan lembut.

Matahari pagi perlahan muncul dari balik pegunungan Menoreh. Memamerkan cahaya kuningnya yang mempesona. Kabut tampak tersapu oleh cahayanya dan danau memantulkan cahayanya. Begitu indahnya pemandangan pagi di sini.

Kunjungi waduk dengan perahu motor

Pengunjung dapat mengambil foto di area ini saat air surutPengunjung bisa berfoto di kawasan ini saat air surut. Foto: Gmap/VBY GAMBAR

Baca: Tiket Masuk PULE PAYUNG Kulon Progo & Spot Foto

Tidak cukup hanya melihat waduk dari daratan. Untungnya, Waduk Sermo memiliki semuanya. Pengunjung dapat mengelilingi waduk dengan perahu motor dengan harga yang terjangkau.

Terletak di antara danau, pengunjung disuguhi pemandangan yang menakjubkan. Pegunungan Menoreh begitu dekat. Seolah-olah Anda dikelilingi oleh hutan dan pegunungan yang indah.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen menarik ini. Berfoto di atas kapal dengan latar belakang yang indah. Pengunjung bisa meminta pramugari untuk mengambil foto. Biasanya petugas mengarahkan gaya untuk mendapatkan background yang pas.

Gethek spesial

Air danau yang jernihAir danau yang jernih di Waduk Sermo. Foto: Gmap/SS Sobat

Baca: Tiket Masuk KALIBIRU TOURISM Jogja dan Pesona Alam

“Gethek” mungkin masih asing bagi sebagian orang. Getek adalah transportasi air seperti perahu. Namun, hanya terbuat dari bambu yang dirangkai dengan luas sekitar 2 x 2 meter. Gethek juga menggunakan bambu panjang untuk bergerak, fungsinya sama dengan dayung.

Mengendarai Gethek bisa sangat memacu adrenalin, tapi itu tidak berbahaya. Pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil merasa seperti sedang mengendarai Gethek. Pergerakan gethek cukup tak terduga dan tanpa pegangan, pengunjung harus tetap waspada. Bahkan, pengunjung juga harus bersiap basah karena permukaan getthek mudah tergenang air.

Namun, sangat menyenangkan mencoba wahana Gethek. Ini akan menjadi pengalaman yang berharga untuk naik moda transportasi tradisional di tempat yang mempesona.

Kegiatan di Waduk Sermo

kawasan waduk yang hijau dan asriWaduk Sermo Kulon Progo. Foto: Gmap/Yon Adigonel

Waduk ini tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga sering menjadi ajang berbagai kegiatan. Misalnya, melatih Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk operasi penyelamatan. Hal ini juga digunakan sebagai perlombaan perahu naga atau kompetisi dayung. Ditambah berbagai kegiatan outdoor mulai dari sekolah, kampus, organisasi, perusahaan hingga pemerintahan.

Rumah bagi 14 jenis burung, tempat ini begitu indah sehingga digunakan untuk berbagai kegiatan. Kicauan burung seakan menjadi musik latar selama kegiatan berlangsung.

Lokasi Waduk Sermo

Tempat wisata ini terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Waduk ini berjarak 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Untuk mencapai tempat wisata ini, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button